Oleh Oleh Sumatera Utara

Oleh Oleh Sumatera Utara – Sumatera Utara merupakan provinsi yang memiliki banyak kota kota besar seperti salah satunya adalah Medan sekaligus sebagai ibukota Sumatera Utara. Mayoritas penduduk Sumatera Utara sendiri adalah keturunan suku Batak sehingga makanan khas daerah tersebut juga banyak dipengaruhi dengan tradisi Batak. Beragam kuliner khas Sumatera Utara bahkan menjadi favorit para pelancong ketika berkunjung ke daerah tersebut yang beberapa diantaranya akan kami ulas berikut ini sekaligus cocok dijadikan sebagai oleh oleh.

Daftar Nama Oleh Oleh Sumatera Utara

  1. Bika Ambon

Oleh Oleh Sumatera Utara

Meski bernama bika ambon, namun penganan ini berasal dari Sumatera Utara. Bika ambon memperoleh namanya karena pertama kali dijual di jalan Ambon di Medan. Oleh oleh Sumatera Utara ini terbuat dari campuran tepung terigu, kuning telur, santan dan juga gula yang kemudian difermentasikan dengan air nira sehingga membuat kue ini memiliki rasa, aroma dan tekstur yang berbeda dengan kue lainnya.

Menurut pendapat salah satu penjualnya, bika ambon dibuat dengan telur ayam yang baru menetas satu hari agar bisa mengembang dengan sempurna. Selain itu, santan yang digunakan juga harus diambil dari pinggir pantai dan harus melewati proses fermentasi air nira selama 7 jam agar rasanya bisa benar benar enak. Kue bika ambon ini akan dipanggang dalam oven selama 1 jam yang bisa ditemukan dengan mudah di toko oleh oleh khas Sumatera Utara.

  1. Kue Putu Bambu

Oleh Oleh Sumatera Utara

Penganan tradisional dari Medan selanjutnya adalah kue putu bambu. Seperti kue putu lainnya, oleh oleh khas Sumatera Utara terbuat dari tepung beras yang diisi dengan gula merah dan aroma pandan yang sangat khas.

Kue ini terbuat dari cetakan bambu yang diletakkan dalam kukusan kemudian menimbulkan suara tut. Kue ini bisa anda dapatkan dengan harga terjangkau yakni sekitar seribu.

  1. Sate Kerang

Oleh Oleh Sumatera Utara

Jika umumnya sate terbuat dari daging sapi, kambing atau ayam, namun Sumatera Utara memiliki penganan khas yakni sate kerang. Daging kerang nantinya akan disusun dengan tusuk sate dengan beberapa varian rasa seperti original, manis pedas dan juga pedas.

Baca Juga:   Oleh Oleh Nusa Tenggara Timur

Untuk membawa pulang oleh oleh makanan Sumatera Utara ini biasanya sate kerang akan dibungkus dengan kemasan alumunium foil persegi sehingga bisa lebih praktis. Untuk harga juga bervariasi dari mulai 11 ribu hingga 20 ribu per kotak di Jl. Kruing Mo.3D.

  1. Sambal Tuktuk

Oleh Oleh Sumatera Utara

Sambal tuktuk merupakan penganan khas Tapanuli yang terbuat dari ikan aso aso atau ikan kembung kering. Selain ikan aso aso atau ikan teri, ada beberapa bahan lain yang digunakan seperti andaliman, bawang merah, kemiri, bawang putih, cabai merah, cabai merah keriting, jeruk nipis dan juga garam.

Ikan aso aso akan digoreng hingga matang kemudian disuwir suwir. Sedangkan bumbu akan disangrai hingga harum kemudian dicampurkan dengan suwiran ikan dan ditambahkan dengan bahan bahan lain yang cocok dijadikan oleh oleh makanan Sumatera Utara.

  1. Dali Ni Horbo

 

Oleh Oleh Khas Sumatera Utara

Dali ni horbo merupakan penganan tradisional Sumatera Utara yang terbuat dari susu kerbau. Susu nantinya akan dimasak sehingga teksturnya berubah menjadi gumpalan seperti keju. Apabila keju dibuat dengan tambahan bakteri atau enzim tertentu, namun oleh oleh dari Sumatera Utara ini terbuat tanpa tambahan bahan kimia sehingga lebih sehat.

Susu kerbau yang digunakan juga diambil dari induk kerbau yang baru melahirkan anak umur 1 bulan dan proses pemerahan susu dilakukan hanya pagi hari dan sesudah 5 bulan diperah dan selanjutnya tidak lagi diperah. Susu kerbau dan air nanas atau air perasan daun pepaya nantinya akan direbus sampai susu berubah menjadi kental dan terus dimasak menggunakan api kecil. Anda bisa membeli dali ni horbo ini dengan harga terjangkau dari mulai 10 ribu hingga 20 ribu.

  1. Kue Ombus Ombus

 

Baca Juga:   Oleh Oleh Sulawesi Tenggara

Oleh Oleh Khas Sumatera Utara

Ombus ombus merupakan penganan khas Siborong borong, Sumatera Utara yang biasanya disajikan ketika pesta adat untuk teman minum kopi. Penganan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula merah dan dibungkus dengan daun pisang. Nantinya, oleh oleh Sumatera Utara akan dikukus hingga matang dan disantap selagi hangat.

  1. Kue Lappet

Oleh Oleh Khas Sumatera Utara

Selain kue ombus ombus, kue lappet juga sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh Sumatera Utara. Dari segi bahan, kue lappet ini juga mirip dengan kue ombus ombus yakni tepung beras yang dicampur dengan kelapa dan gula merah kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Akan tetapi kue lappet juga ditambahkan dengan santan kelapa sehingga rasanya juga sangat gurih. Sekarang ini, kue lappet juga dibuat dengan beberapa varian rasa yang bisa dipilih untuk dijadikan oleh oleh.

  1. Bolu Meranti

Oleh Oleh Khas Sumatera Utara

Bolu meranti merupakan kue gulung dengan tekstur yang lembut dan rasa nikmat yang juga harus dijadikan oleh oleh khas Sumatera Utara wajib. Kue ini awalnya dibuat oleh Nyonya Ai Ling yang kemudian menjadi laris manis dan semakin terkenal.

Bolu meranti ini juga memiliki banyak varian rasa seperti keju, nanas, stroberi, kacang, mocca dan juga blueberry yang awet sampai 3 hari. Untuk mendapatkan kue bolu meranti ini bisa dibeli di Jalan Kruing No.2K atau di Jalan Sisingamangaraja No. 19B, Medan.

  1. Pancake Medan

Oleh Oleh Dari Sumatera Utara

Jika pancake pada umumnya berbentuk bulat pipih seperti surabi, namun pancake durian ini memiliki kulit yang terbuat dari tepung dan diisi dengan daging buah asli sehingga rasanya sangat lezat. Selain berwarna hijau, oleh oleh khas Sumatera Utara ini juga hadir dengan berbagai warna lain yang sangat cantik seperti kuning, merah muda dan warna lainnya.

Baca Juga:   Oleh Oleh Jawa Barat

Selain hadir dengan berbagai warna, ada varian rasa pancake yang juga bisa dipilih sesuai selera mulai dari original, coklat, mocca dan juga pandang yang semuanya sama sama nikmat dengan daging buah durian yang langsung lumer ketika berada di mulut.

  1. Lupis Medan

 

Oleh Oleh Dari Sumatera Utara

Berbeda dengan kue lupis yang berasal dari Jawa, kue lupis Medan ini terbuat dari beras ketan, sementara untuk kue lupis Jawa terbuat dari tepung beras yang kemudian diisi dengan pisang serta nangka. Kue ini sangat nikmat dan unik sehingga cocok dijadikan oleh oleh dari Sumatera Utara.

Ketan putih nantinya akan dicampur dengan beberapa bahan lain seperti gula, daun pandan, garam dan beberapa bahan lain kemudian dimasukkan ke dalam daun pisang atau plastik yang sudah dibentuk segitiga. Nantinya, kue akan dikukus atau direbus hingga matang.

  1. Sasagun

 

Oleh Oleh Dari Sumatera Utara

Sasagun merupakan makanan ringan tradisional yang berasal dari Batak Sumatera Utara. Cemilan ini terbuat dari campuran tepung beras sangrai dengan kelapa dan gula merah. Selain rasa original, oleh oleh Sumatera Utara ini juga bisa dibeli dengan beberapa pilihan rasa seperti kacang, durian dan sebagainya yang sangat disukai dari mulai muda hingga tua.

  1. Kacang Sihobuk

Oleh Oleh Dari Sumatera Utara

Kacang sihobuk merupakan camilan khas Desa Sihobuk, Tarutung yang memiliki rasa khas, manis dan juga gurih. Kacang ini mulai terkenal sejak bencana longsor yang terjadi pada tahun 1982. Kacang sihobuk ini dibuat untuk mengenang peristiwa bencana alam tersebut.

Pembuatan kacang sihobuk ini harus direndam air selama 3 hingga 5 jam lalu dijemur sebentar kemudian disangrai dengan pasir dan dibakar dengan api. Dalam setiap kemasan, kacang sihobuk ini masih dilengkapi dengan kulit kacangnya. Kacang ini memiliki rasa yang sangat gurih dan sangat cocok dijadikan sebagai cemilan.

Leave a Comment