Oleh Oleh Kalimantan Barat

Oleh Oleh Kalimantan Barat – Bagi anda yang berkunjung ke Pontianak, Kalimantan Barat yang merupakan industri kreatif ini memiliki begitu banyak produk nan unik yang tidak bisa ditemukan di daerah lainnya. Dari mulai pakaian, alat musik, kerajinan tangan hingga makanan dan cemilan bisa anda temukan di daerah ini yang sangat cocok dijadikan oleh oleh. Bagi anda yang kebetulan traveling ke daerah Kalimantan Barat, jangan lupa untuk membawa berbagai souvenir sekaligus makanan khas seperti beberapa yang akan kami ulas berikut ini.

Daftar Nama Oleh Oleh Kalimantan Barat

  1. Kopi Sepok

oleh oleh Kalimantan Barat

Kalimantan Barat khususnya Pontianak memang dikenal dengan sebutan kota seribu warung kopi. Hampir di sepanjang jalan kota ini bisa ditemukan banyak warung kopi yang selalu buka bahkan hingga 24 jam. Kopi lokal yang juga sering disebut dengan kopi kampong ini memiliki rasa yang sangat khas dan diolah secara tradisional dan manual.

Kopi khas Kalimantan Barat ini juga dikatakan tidak akan menyebabkan sakit perut atau sakit maag karena proses pembuatan kopi yang masih tradisional sehingga cocok dijadikan oleh oleh Kalimantan Barat.

  • Alamat: Gg. Suka Maju Dalam 1 No.24, Sungai Jawi Luar, Pontianak, Kalimantan Barat.
  1. Cabe Kak Lina

oleh oleh Kalimantan Barat

Cabe Kak Lina merupakan sambal khas Pontianak yang memiliki varian rasa, cocok dijadikan oleh oleh khas Kalimantan Barat. Sambal ini sangat disukai baik masyarakat setempat atau wisatawan karena dibuat tanpa bahan pengawet dan MSG sehingga aman untuk kesehatan.

Ada dua macam kemasan yang bisa anda pilih yakni botol plastik untuk cabe siram, cabe tumis ikan asin dan cabe bajak serta botol kaca untuk sambal cocol dan sambal belacan.

  1. Amplang Ikan Tenggiri Liawara

oleh oleh dari kalimantan barat

Apabila anda ingin mencari oleh oleh Kalimantan Barat berupa makanan ringan, maka amplang menjadi makanan ringan tradisional Kalimantan Barat yang harus anda miliki.

Baca Juga:   Oleh Oleh Maluku

Amplang khas Pontianak ini terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung tapioka serta berbagai bumbu dan sudah identik sebagai ikon oleh oleh khas Pontianak. Amplang Liawara sudah dikemas secara modern namun tetap mempertahankan rasa dari amplang yang bisa anda beli sebagai oleh oleh.

  1. Kritem

oleh oleh dari kalimantan barat

Kritem merupakan oleh oleh makanan khas Kalimantan Barat yang terbuat dari tempe. Camilan tradisional berbahan dasar tempe ini sudah sangat terkenal dan sering dijadikan oleh oleh para wisatawan. Meski hanyalah keripik tempe, namun rasa dari kritem ini cukup berbeda ditambah dengan kemasannya yang praktis dan unik sehingga bisa dibawa bepergian kemanapun.

  1. Coklat Cempon

oleh oleh dari kalimantan barat

Kalimantan Barat juga terkenal dengan produk unik bernama Coklat Cempon yang memang terbuat dari coklat khas Pontianak dengan harga terjangkau sekitar 18 ribu saja. Oleh oleh Kalimantan Barat ini memiliki varian rasa seperti dark, white dan juga milk chocolate. Tidak hanya coklat yang menjadi bahan utama produk ini, namun lidah buaya juga ditambahkan dalam coklat untuk memberikan rasa yang nik sekaligus khas. kemasan coklat juga sangat unik dan modern sehingga bisa dibawa kemana saja.

  1. Sirup Jeruk Najah

oleh oleh dari kalimantan barat

Sirup Jeruk najah adalah oleh oleh khas Kalimantan Barat yang dikreasikan oleh Firmansyah Qodiardi dan juga Panca Yudha Praromo yang terbuat dari jeruk sambal. Sirup yang diproduksi oleh Najah Borneo Pontianak, Kalimantan Barat ini terbuat dari jeruk kecil, gula, air dan garam tanpa bahan pengawet yang bisa anda beli dalam kemasan botol 250 gram dan juga 500 gram. Untuk membeli Sirup Najah ini, anda bisa datang langsung ke Jl. Parit H, Husin 1, Pontianak, Kalimantan Barat.

  1. Snovera

 

Baca Juga:   Oleh Oleh Sumatera Barat

 https://borneochannel.com/oleh-oleh-khas-pontianak/

Snovera yang merupakan singkatan dari Snack ikan Aloe Vera ini juga menjadi salah satu oleh oleh khas Kalimantan Barat  terbuat dari lidah buaya. Snack ini terbuat dari lidah buaya, ikan, udang, tepung dan juga bumbu khas pontianak yang juga harus masuk dalam daftar belanja anda sebab tidak hanya nikmat namun juga unik dan kaya akan manfaat.

  1. Stick Rumput Laut

oleh oleh khas kalimantan barat

Selain dikenal dengan kekayaan kuliner yang beragam sekaligus nikmat. Cemilan ini tidak hanya digemari masyarakat setempat namun juga sering diburu para pelancong sebagai oleh oleh khas Kalimantan Barat.

  1. CCHEERS

 

oleh oleh khas kalimantan barat

Cheers menjadi makanan unik asal Kalimantan Barat yang disebut juga dengan calzone yakni penganan Jerman yang disebut juga dengan folded pizza atau pizza lipat. Bentuknya menyerupai pastel berukuran besar yang bisa dipilih isiannya sesuai dengan selera seperti filled tuna, ayam, beef, tuna dan juga sayuran yang pas untuk dijadikan oleh oleh.

CCheers ini sangat unik khususnya dari dough yang memiliki bahan utama seperti pizza namun teksturnya berbeda dan berbentuk setengah lingkaran tidak seperti pizza yang berbentuk lingkaran utuh. Untuk harganya sendiri juga sangat terjangkau mulai dari 25 ribu saja dan untuk 1 pack isi 5 calzone mini berkisar antara 35 ribu hingga 50 ribu.  Untuk membeli CCheers ini, anda bisa berkunjung ke Jl. Urai Bawadi No. 15 A2 dan Gang Walet di Pontianak, Kalimantan Barat.

  1. Gula Durian

 

oleh oleh kalimantan barat

Selain menjadi daerah penghasil rumput laut, Kalimantan Barat juga sangat terkenal dengan durian yakni durian asli Pontianak yang memiliki rasa manis dan khas. Meski bukan musim durian, namun anda tetap bisa menikmati olahan durian seperti Gula Durian khas Pontianak yang sudah dikemas seperti selai dalam botol sehingga praktis untuk dijadikan oleh oleh dari Kalimantan Barat.

Baca Juga:   Oleh Oleh Sulawesi Tengah

Anda bisa membeli oleh oleh khas Kalimantan Barat ini di Delicia Cake Pontianak di Jl. HM Suwignyo No. 15A, Sungai Jawi, Pontianak, Kalimantan Barat dengan harga sekitar 65 ribu per botol kemasan 0.32 kg.

  1. Susu Murni One

oleh oleh khas kalimantan barat

Pontianak, Kalimantan Barat juga menjadi tempat pemerahan susu Australia yang memiliki iklim sama dengan Australia. Oleh oleh dari Kalimantan Barat ini tidak hanya terbuat dari susu murni namun juga berbagai bahan lain untuk melengkapi nutrisi sekaligus menambah rasa. Susu Murni one ini juga sangat aman karena terbuat dari bahan bebas pengawet.

Susu Murni One ini bisa anda dapatkan di Sungai Bangkong, Pontianak Kota, Kalimantan Barat dengan banyak varian rasa dari mulai susu murni, coklat, strawberry, vanilla, yogurt dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Madu Hutan Kalimantan

oleh oleh khas kalimantan barat

Oleh oleh khas Kalimantan Barat ini berasal dari lebah hutan liar atau Apis Dorsata di hutan alami Kalimantan dan produk madu ini tidak diambil dari lebah ternak. Madu yang berasal dari Hutan Tropis Taman Nasional ini merupakan madu murni yang sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh.

Madu Hutan Kalimantan ini dijual dalam 3 kemasan yakni kemasan botol plastik isi 1 kg dengan harga 200 ribu, kemasan botol plastik 1/2 kg dengan harga 120 ribu dan juga kemasan botol plastik 250 ml dengan harga 80 ribu. Untuk mendapatkan madu ini, anda bisa datang langsung ke kantor pemasaran yang ada di Jl. Parit Haji Husin 2, Wanabhakti 2 No. 12, Pontianak Kalimantan Barat.

Leave a Comment