Oleh Oleh Khas Aceh

Oleh Oleh Khas Aceh – Aceh menjadi provinsi dengan sejuta daya tarik yang membuat banyak wisatawan berkunjung ke daerah ini. Mulai dari adat, kebudayaan, tempat wisata hingga makanan dan minuman khas semuanya bisa ditemukan ketika anda berkunjung ke Aceh. Selain untuk menjelajahi berbagai situs bernuansa Islami yang sarat akan sejarah, anda juga bisa membawa oleh oleh khas Aceh yang cukup bervariasi seperti yang akan kami ulas berikut ini.

Daftar Nama Oleh Oleh Khas Aceh

  1. Kue Bhoi

oleh oleh khas aceh

Kue bhoi merupakan makanan yang sangat terkenal di Aceh yang biasanya akan disajikan ketika Lebaran atau dijadikan sebagai hantaran pernikahan. Kue ini terbilang unik karena bisa dibentuk bervariasi seperti bintang, ikan dan juga bunga.

Menurut cerita, cara membuat kue bhoi ini membutuhkan ketelatenan dan tidak semua orang bisa membuat oleh oleh Aceh ini. Jika anda kebetulan berkunjung ke Aceh dan ingin mendapatkan kue bhoi ini, maka bisa dibeli di toko pusat oleh oleh semua wilayah aceh dengan harga yang sangat terjangkau.

  1. Kue Timpan

oleh oleh aceh

Kue timpan juga menjadi oleh oleh khas Aceh yang terbuat dari tepung ketan serta irisan pisang raja atau labu yang kemudian dibungkus dengan daun pisang. Akan tetapi untuk sekarang, isian kue ini juga sudah divariasikan menjadi durian dan srikaya sehingga semakin banyak pilihan yang tersedia untuk para turis.

Meski masuk dalam kategori kue basah, akan tetapi kue timpan bisa bertahan hingga 3 hari sehingga cocok untuk dijadikan oleh oleh. Salah satu tempat penjualan kue timpan ini ada di Solong Ule Karang yakni sebuah warung yang ada di Banda Aceh yang juga wajib anda beli ketika berkunjung ke Aceh.

  1. Kue Adee Meureudu

oleh oleh khas banda aceh

Ini merupakan jajanan asal Aceh yang terbuat dari tepung terigu dan juga ubi atau singkong. Kue melayu ini memiliki rasa sangat gurih, legit dan aroma bawang goreng yang sangat terasa. Dulu dikatakan jika oleh oleh khas Banda Aceh ini adalah penganan khas dari Serambi Makkah yang sangat nikmat dan membuat ketagihan. Anda bisa menemukan kue adee meureundu ini dengan mudah di berbagai sentra oleh oleh jalan Banda Aceh, lhoknga, Desa Lampisang, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.

Baca Juga:   Oleh Oleh Kalimantan Timur

Untuk harganya sendiri cukup bervariasi dari mulai 20 Ribu untuk ukuran kecil hingga 30 ribu untuk ukuran besar. Kue ini akan dipajang bersama dengan loyangnya agar tidak cepat basi dan baru akan dipindahkan ke kotak ketika akan dibeli. Karena proses pembuatan kue ini tidak memakai bahan pengawet, maka rasanya terasa legit dan teksturnya lembut yang bisa bertahan hingga 4 hari.

  1. Kembang Loyang

oleh-oleh khas aceh

Oleh oleh khas Aceh selanjutnya yang harus anda cicipi adalah kembang loyang yang menjadi jenis camilan berbentuk seperti bunga dengan tekstur renyah. Camilan ini juga sangat terkenal di Aceh karena rasanya yang manis sekaligus gurih sehingga sangat disukai dari mulai anak anak hingga orang dewasa. Anda bisa membeli oleh oleh ini dalam kemasan plastik berbagai ukuran untuk oleh oleh kerabat ketika berkunjung ke Aceh.

  1. Dendeng Aceh

oleh oleh dari aceh

Satu lagi oleh oleh dari Aceh yang tidak boleh ketinggalan yakni dendeng khas Aceh. Dendeng ini terbuat dari daging sapi yang diiris tipis tipis kemudian dikeringkan dan dicampur dengan rempah serta bumbu tradisional. Daging yang sudah diawetkan ini termasuk penganan yang cocok dijadikan lauk sehingga tidak heran selalu lari manis di berbagai pusat oleh oleh Aceh.

Dendeng Aceh ini terbuat dari daging sapi atau rusa yang bisa bertahan hingga 3 bulan. Anda bisa menemukan oleh oleh Aceh ini di Jl. Tgk. Cik Ditiro Simpang Surabaya, Kota Banda Aceh dan Jl. Ratu Safiatudin, Banda Aceh. Untuk harga dendeng sapi khas Aceh adalah 200 ribu per kilogram, sedangkan untuk dendeng rusa khas Aceh adalah 300 ribu per kilogram.

  1. Bakpia Aceh

oleh oleh khas aceh

Selain Yogyakarta, Aceh juga terkenal dengan salah satu camilan nikmat yakni bakpia yang tidak kalah dengan bakpia asal Yogyakarta. Hal menarik untuk anda yang sedang berkunjung ke Aceh adalah anda bisa datang langsung ke pabrik pembuatan bakpia ketika ingin membeli oleh oleh ini.

Baca Juga:   Oleh Oleh Jawa Timur

Salah satu merk bakpia terkenal asal Aceh adalah AG yang berisi kacang hijau nan legit. Pabrik oleh oleh Aceh berupa bakpia ini ada di Kawasan Pantai Kasing, Sabang atau juga bisa dibeli di toko kelontong sekitar Masjid Raya Baiturrahman.

  1. Kue Keukarah

oleh oleh aceh

Kue keukarah juga menjadi oleh oleh khas Banda Aceh yang termasuk jenis makanan ringan dengan tekstur renyah dan rasa yang manis. Bentuknya juga terlihat sangat uni seperti sarang burung yang terbuat dari tepung beras dan gula pasir.

Jika dilihat, kue ini terlihat seperti jaring berwarna putih kecoklatan berlapis lapis atau seperti bihun kering. Aroma karamel dari gula pasir berpadu dengan tepung beras menjadikan penganan ini sangat nikmat untuk dijadikan camilan.

Untuk cara pembuatan keukarah ini terbilang cukup sederhana yakni tepung beras yang diencerkan bersama gula pasir dan adonan dituang dalam cetakan batok kelapa berlubang. Adonan akan keluar dari lubang lubang tersebut dan ditampung pada minyak panas sambil terus di goyang hingga membentuk jaring bertumpuk.

  1. Keripik Saree

oleh oleh aceh

Jika adan berkunjung ke Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, maka anda bisa menemukan deretan penjual aneka keripik termasuk salah satunya keripik saree. Oleh oleh dari aceh ini terbuat dari bahan dasar singkong dengan banyak varian rasa seperti keripik jagung atau keripik sambal.

Keripik saree ini dijual per kilo yang sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh. Harganya juga sangat bervariasi dari mulai 5 ribu per kilo hingga 25 ribu tergantung selera. Sedangkan untuk penjual keripik saree yang sangat terkenal salah satunya adalah Keripik Cak Sam di kawasan Saree.

  1. Socolatte

oleh oleh khas banda aceh

Socolatte merupakan oleh oleh dari Aceh lebih tepatnya dari Kabupaten Pidie Jaya yang dibuat langsung oleh para wanita asal Aceh. Socolatte sendiri merupakan penganan asli Aceh yang mulai diproduksi sejak tahun 2010 dimana proses pengolahannya juga dibantu dengan teknis dan tenaga ahli coklat dari Jepang sehingga berbagai produk Cocolatte ini memiliki rasa dan aroma khas Aceh yang belum hilang.

Baca Juga:   Oleh Oleh Jawa Tengah

Selain Socolatte 3in1, ada banyak variasi lain yang bisa anda beli untuk oleh oleh seperti Socolatte Original dan juga Socolatte Bar W Nut.

  1. Sale Pisang

oleh-oleh khas aceh

Meski ada banyak daerah yang menjual sale pisang, akan tetapi ada yang berbeda dengan sale pisang Aceh yang satu ini. Pisang yang sudah dikupas akan dijemur hingga garing dan akan diasapi lalu dilumuri dengan gula tebu. Sebenarnya, ketika sudah sampai ke proses ini, maka sale pisang sudah bisa dikonsumsi, akan tetapi dilanjutkan kembali dengan menggoreng sale pisang tersebut berbalut tepung sehingga teksturnya lebih renyah. Selain nikmat, kandungan gizi dari oleh oleh khas Aceh ini juga sangat tinggi sehingga cocok dijadikan salah satu oleh oleh wajib ketika berkunjung ke Aceh.

Leave a Comment