Oleh Oleh Sumatera Selatan

Oleh Oleh Sumatera Selatan – Sumatera Selatan yang merupakan provinsi dengan ibukota Palembang ini sangat terkenal dengan wisata alam seperti Sungai Musi, Jembatan Ampera dan masih banyak lagi. Daerah Sumatera Selatan juga memiliki berbagai makanan khas yang sangat nikmat dan masih dilestarikan hingga sekarang. Dari sekian banyak makanan khas ini, ada beberapa penganan yang sangat direkomendasikan untuk dijadikan oleh oleh khas yang bisa anda lihat dalam daftar dibawah ini.

Daftar Nama Oleh Oleh Sumatera Selatan

  1. Lempok

Oleh Oleh Sumatera Selatan

Lempok memiliki tampilan seperti dodol dengan warna coklat dan tekstur yang kenyal. Meski dari bentuknya terlihat seperti dodol, namun oleh oleh Sumatera Selatan ini terbuat dari durian asli tanpa tambahan perasa durian sedangkan dodol rasa durian terbuat dari tepung beras yang ditambahkan dengan perasa durian. Selain durian, lempok ini juga terbuat dari beberapa bahan lain seperti gula dan garam agar rasanya semakin nikmat.

Untuk proses pembuatannya sendiri hampir sama dengan dodol. Semua bahan nantinya akan dicampur menjadi satu dalam kuali kemudian diaduk aduk tanpa henti sampai teksturnya berubah menjadi kenyal dengan waktu pembuatan sekitar 4 jam. Sesudah matang, lempok akan dipotong kecil kecil dan dikemas untuk anda bawa pulang sebagai oleh oleh.

  1. Lenggang

Oleh Oleh Sumatera Selatan

Hampir serupa dengan pempek, oleh oleh khas Sumatera Selatan yang harus anda beli selanjutnya adalah lenggang. Penganan ini terbuat dari campuran terigu dan ikan namun ditambahkan juga dengan penyedap rasa dan dimasak dengan menggunakan daun pisang berbentuk kotak.

Penggunaan daun pisang ketika membuat lenggang ini semakin menambah aroma sedap dan ciri khas yang berbeda sesudah dipanggang. Aromanya sendiri terasa lebih enak dan lebih padat jika dibandingkan dengan pempek karena adonan memang dibuat lebih padat dan lebih kental yang nantinya akan disantap bersama dengan kuah cuko udang ebi yang gurih.

  1. Martabak HAR

Oleh Oleh Sumatera Selatan

Martabak HAR adalah penganan khas Sumatera Selatan lebih tepatnya dari Palembang yang terbuat dari telur ayam atau telur bebek akan tetapi disantap dengan kuah kari berisi potongan kentang. Oleh oleh dari Sumatera Selatan ini pada awalnya dibuat seperti martabak lain yaitu adonan yang digoreng dengan bentuk bulat dan diisi dengan adonan telur.

Baca Juga:   Oleh Oleh Kalimantan Utara

Martabak ini nantinya akan digulung dan disantap dengan kuah kari beserta tambahan kentang. Martabak HAR ini sudah sangat terkenal di Palembang yang diciptakan Haji Abdul Rozak seorang keturunan India. Untuk mendapatkan martabak ini, anda bisa berkunjung ke toko kopi HAR di Jl. Jendral Sudirman No.2269.

  1. Malbi

Oleh Oleh Sumatera Selatan

Oleh oleh makanan Sumatera Selatan selanjutnya adalah malbi yang sangat terkenal di Palembang terbuat dari rempah asli Indonesia dan berbahan dasar utama daging sapi. Jika dilihat, makanan ini terlihat seperti semur namun dengan bumbu lebih bervariasi dari mulai pala, lada, air asam jawa dan sebagainya.

Bumbu halus akan ditumis bersama potongan daging sapi dalam waktu lama hingga airnya kering yang sangat cocok dijadikan oleh oleh karena bisa awet selama beberapa hari dengan cita rasa nikmat dan tekstur daging yang sangat empuk.

  1. Kemplang

Oleh Oleh Khas Sumatera Selatan

Selain terkenal dengan pempek, kudapan yang sangat terkenal lainnya adalah kemplang yang terbuat dari ikan tenggiri atau ikan gabus. Ada enam jenis kemplang yang bisa dijadikan oleh oleh Sumatera Selatan dengan bentuk bulat bercita rasa gurih ikan.

Kemplang ini dibuat dengan cara dipanggang yang kemudian dikonsumsi bersama sausnya. Beberapa kemplang terkenal yang bisa dijadikan oleh oleh diantaranya adalah kemplang keriting, kemplang koin dan juga kemplang mangkok dengan harga bervariasi mulai dari 15 ribu hingga 40 ribu per kilogram yang bisa ditemukan di Pasar Cinde Palembang.

  1. Kue Delapan Jam

Oleh Oleh Khas Sumatera Selatan

Kue delapan jam menjadi oleh oleh khas Sumatera Selatan yang wajib anda beli. Seperti namanya, kue ini memang dibuat selama delapan jam dengan rasa legit dan aroma yang sangat wangi. Bentuk kue ini berlapis lapis dengan warna coklat dan tekstur yang sangat lembut.

Baca Juga:   Oleh Oleh Kalimantan Barat

Penggunaan telur bebek yang cukup banyak dalam kue ini membuat kue delapan jam memiliki rasa berbeda dengan kue lain sehingga tidak heran jika harganya pun terbilang lebih mahal dibandingkan dengan jenis kue lainnya.

  1. Kue Lapis Kojo

Oleh Oleh Khas Sumatera Selatan

Seperti jenis kue lapis lainnya, kue lapis kojo juga berbentuk beberapa lapisan warna namun yang paling dominan adalah warna hijau. Oleh oleh dari Sumatera Selatan ini terbuat dari campuran tepung terigu, telur bebek, santan, daun pandan, daun suji, susu kental manis dan juga gula pasir.

Telur bebek yang digunakan untuk membuat kue ini juga sangat banyak yakni mencapai 20 butir untuk satu loyang kue sehingga rasanya juga sudah dijamin lezat. Bagi anda yang ingin membeli kue lapis kojo ini bisa dibeli dengan harga sekitar 165 ribu per loyang.

  1. Kue Engkak Ketan

Oleh Oleh Khas Sumatera Selatan

Masih seputar kue lapis, kue engkak ketan juga sangat cocok dijadikan oleh oleh Sumatera Selatan dengan bahan dasar sama yakni telur bebek, susu kental manis, mentega, gula pasir dan beberapa bahan lain yang kemudian ditambahkan dengan santan khusus bernama santan glondo yakni santan yang dimasak hingga keluar minyaknya.

Bentuk kue ini terlihat seperti kue lapis pada umumnya dengan garis coklat agak kehitaman di sekelilingnya yang tidak beraturan. Kue ini bisa didapatkan di Bangau Pastry, Jl. Mayor Rusian yang juga sudah mendapatkan sertifikat halal dari LPPOM MUI.

  1. Kue Maksuba

Oleh Oleh Dari Sumatera Selatan

Masih ada kue tradisional khas Sumatera Selatan yang masih tergolong kue lapis bernama maksuba. Kue berwarna kuning kecoklatan ini juga berlapis lapis yang memiliki rasa manis dan legit. Dalam pembuatannya, kue ini membutuhkan antara 24 sampai 28 butir telur bebek yang bisa anda dapatkan di toko kue sekitar Palembang sebagai oleh oleh khas Sumatera Selatan.

  1. Bolu Suri

Oleh Oleh Dari Sumatera Selatan

Bolu suri hampir serupa dengan bika ambon asli Medan. Yang membuat bolu suri berbeda dengan bika ambon adalah bahan bahannya terbilang lebih sederhana yang biasanya disajikan pada hari besar seperti Lebaran. Kue ini sangat cocok dijadikan oleh oleh makanan Sumatera Selatan yang bisa anda beli di Jl. Jenderal Sudirman No. A15 dengan harga sekitar 100 ribu per kotak.

  1. Kue Lumpang

Oleh Oleh Dari Sumatera Selatan

Kue lumpang adalah jenis kue basah yang biasanya dibuat dengan banyak variasi warna seperti hijau, merah dan juga putih. Oleh oleh Sumatera Selatan ini memiliki bentuk seperti lesung atau lumpang dengan cekungan di bagian atasnya yang sudah terkenal sejak tahun 80-an.

Baca Juga:   Oleh Oleh Sulawesi Tenggara

Kue ini bisa anda temukan dengan mudah di toko oleh oleh Palembang yakni lumpang putih yang memakai bahan gula pasir, lumpang hijau yang ditambahkan dengan daun pandan dan lumpang merah yang menggunakan gula jawa.

  1. Gulo Puan

Oleh Oleh Dari Sumatera Selatan

Gulo puan atau gula susu terbuat dari campuran gula dan susu yang sangat tepat dijadikan oleh oleh khas Sumatera Selatan. Susu kerbau rawa dan gula pasir nantinya akan dipanaskan sekitar 5 jam dan sesudah matang akan berwarna kecoklatan sedikit berpasir yang bisa digunakan sebagai selai roti atau untuk pisang goreng.

Penganan ini memiliki harga yang cukup tinggi sebab untuk susu hanya didapatkan dari daerah Pulo Layang, Pampangan, Ogan Komering Ilir. Makanan ini dikatakan menjadi makanan para bangsawan yang bisa anda beli dengan harga 100 ribu per kilogram dan juga bisa dibeli dalam satuan ons.

Leave a Comment