Makanan Khas Indonesia

Tahukah Anda mengapa makanan khas Indonesia itu sangat beragam? Salah satu penyebabnya karena Indonesia merupakan negara subtropis, yang memiliki tanah di seluruh wilayahnya sangat subur sehingga bisa ditanami dengan berbagai rempah, tanaman dan juga hewan.

Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia ini juga berdampak positif dengan jenis makanan khas yang juga sangat banyak.

Dari 34 provinsi di Indonesia, masing masing memiliki makanan tradisional berbeda-beda baik dari nama, rasa, bentuk, bahan dan juga cara membuatnya.

Untuk memperkaya wawasan Anda, berikut kami berikan berbagai jenis makanan khas di Indonesia dan asalnya yang sangat nikmat dan layak untuk dicoba.

Isi Artikel

Daftar Nama Makanan Khas di Indonesia dan Asalnya

  1. Makanan Khas Aceh

Aceh merupakan daerah yang memiliki tradisi kuliner kuat baik makanan atau makanan kecil.

Aceh tidak hanya terkenal dengan kopi khasnya namun juga memiliki beberapa makanan tradisional yang sangat nikmat, diantaranya:

  • Kue Keukarah

kue tradisional

Kue keukarah memiliki bentuk seperti jaring berwarna putih kecoklatan yang berlapis. Bentuknya terlihat seperti bongkahan bihun kering yang terbuat dari tepung beras dengan aroma karamel yang khas.

Makanan tradisional Indonesia dan cara membuatnya juga terbilang sederhana yakni tepung beras yang diencerkan dengan air dan ditambahkan dengan gula pasir.

Adonan nantinya akan dimasukkan dalam cetakan dari batok kelapa berlubang lubang dan nantinya akan keluar lalu ditampung di minyak panas sambil terus digoyang agar kue bisa berbentuk seperti jaring.

  • Kue Pilek U

kue tradisional

Kue pilek u merupakan makanan dari Aceh yang sangat terkenal terbuat dari campuran berbagai rasa kaya akan vitamin dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Makanan ini juga menjadi lambang kekerabatan dan keanekaragaman masyarakat Aceh yang sangat kuat. Kue pilek u merupakan sejenis sayuran berkuah yang sangat mudah ditemukan di rumah makan provinsi Aceh.

  • Manisan Pala

makanan tradisional jawa

Manisan pala adalah kuliner khas Aceh yang termasuk jenis makanan ringan. Umumnya, usaha pembuatan manisan pala ini dilakukan pengusaha kecil di Kabupaten Aceh Selatan yang merupakan daerah penghasil pala terbesar di Pulau Sumatera.

Manisan pala ini biasanya disajikan pada perayaan hari besar dan juga tahun baru masyarakat setempat sekaligus juga dijadikan buah tangan para wisatawan yang sedang berkunjung.

  1. Makanan Khas Sumatera Utara

Kuliner Sumatera Utara menjadi kuliner yang sangat khas karena penggunaan beberapa bumbu yang sangat khas.

Ada begitu banyak makanan tradisional Sumatera Utara yang harus anda cicipi seperti yang beberapa diantaranya akan kami jelaskan berikut ini.

  • Sambal Tuktuk

makanan tradisional jawa

Makanan khas Sumatera Utara yang pertama adalah sambal tuktuk. Sebetulnya, bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal tuktuk ini sama seperti sambal pada umumnya.

Akan tetapi ada yang berbeda dari sambal tuktuk karena ditambahkan dengan ikan aso aso sejenis ikan kembung yang sudah dikeringkan. Jika ikan aso aso ini sulit ditemukan, maka sambal tuktuk akan ditambahkan dengan ikan teri tawar.

  • Arsik

makanan tradisional jawa

Arsik merupakan makanan tradisional dari Tapanuli yang sering disebut dengan ikan mas bumbu kuning.

Ikan mas yang menjadi bahan utama arsik ini juga tidak dibuang bagian sisiknya yang kemudian ditambahkan dengan bumbu khas pegunungan Sumatera Utara seperti andaliman dan juga asam cikala atau buah kecombrang yang kemudian dimasak dengan sedikit minyak memakai api kecil hingga sedikit mengering.

  • Kue Ombus Ombus

makanan tradisional indonesia dan cara membuatnya

Kue ombus ombus merupakan kue khas Siborongborong, Tapanuli Utara yang terbuat dari tepung beras dan diisi dengan gula merah pada bagian tengahnya kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Nama ombus ombus sendiri diberikan karena konon harus diberikan hembusan atau ditiup selagi masih hangat. Kue ini biasanya akan disajikan ketika masih hangat untuk teman minum teh atau kopi.

  1. Makanan Khas Sumatera Barat

Sumatera Barat memiliki kuliner yang sudah terkenal ke seluruh Indonesia yang bahkan juga dikenal hingga ke mancanegara karena rasanya yang lezat, kaya rempah dan cocok dengan lidah banyak orang.

Beberapa makanan tradisional Sumatera Barat yang sangat terkenal selain rendang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Palai Rinuak

makanan tradisional indonesia dan cara membuatnya

Palai rinuak yang termasuk dalam daftar makanan khas daerah ini berasal dari Maninjau Agam Sumatera Barat yang terbuat dari ikan rinuak yang ditambahkan dengan parutan kelapa dan campuran bumbu.

Ikan tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus sehingga menyerupai pepes khas minang. Rasa makanan ini sangat gurih dan tidak akan bisa anda temukan di daerah lain kecuali di Sumatera Barat.

  • Dendeng Balado

makanan tradisional indonesia dan cara membuatnya

Dendeng balado juga merupakan makanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari daging sapi diiris tipis lebar kemudian dikeringkan dan disiram dengan cabai merah yang diulek kasar.

Selain cabai, ada beberapa bumbu lain yang digunakan untuk membuat dendeng balado adalah bawang merah yang ditumis bersama cabai merah dan garam hingga harum dan menghasilkan jejak minyak berwarna kemerahan.

Makanan ini menjadi kuliner Padang yang sangat terkenal dan hampir selalu ada di rumah makan Padang.

  • Sate Padang

10 makanan khas daerah

Sate padang rasanya sudah menjadi makanan yang sangat disukai semua masyarakat Indonesia. Bahan utama dari sate padang ini adalah lidah, daging sapi atau isi perut sapi yang kemudian dibakar memakai arang dan diberi bumbu kaya rempah yang sedikit pedas.

Sate padang ini biasanya hanya baru akan dibakar ketika akan dikonsumsi sehingga masih hangat. Arang yang digunakan sendiri juga merupakan arang dari tempurung kelapa. Biasanya, sate padang akan dinikmati bersama dengan keripik balado khas minang yang juga tidak kalah nikmat.

  1. Makanan Khas Riau

Ketika berbicara tentang Riau, ada beberapa hal yang paling dicari para wisatawan seperti batik khas Riau karena motif melayu yang sangat terkenal indah, tempat wisata dan juga makanan khas Riau seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

  • Gulai Ikan Patin

10 makanan khas daerah

Makanan tradisional khas Riau yang pertama adalah gulai ikan patin yang menjadi ikon dari provinsi Riau. Begitu banyaknya sungai yang ada di Riau membuat ikan patin juga sangat berlimpah.

Makanan ini memiliki ciri khas kuahnya yang berwarna kuning dan potongan ikan patin yang besar. Daging ikan patin juga dikatakan lembut, gurih dan juga rendah kolesterol sehingga semakin disukai banyak orang.

  • Sup Tunjang

10 makanan khas daerah

Sup tunjang merupakan salah satu dari 200 nama makanan khas Indonesia yakni sup tulang sapi dengan balutan daging yang juga tebal.Aroma dari makanan tradisional ini sangat harum serta kuat akan rempah rempah.

  • Mie Lendir

daftar makanan khas daerah

Meski namanya terdengar aneh, namun rasa dari mie lendir ini sangat terkenal di Batam dan juga Kepulauan Riau dengan rasa yang tidak kalah nikmat dari jenis mie lainnya. Makanan ini terbuat dari mie kuning rebus dan tauge yang biasanya dimakan bersama telur rebus. Kue mie ini kental yang terbuat dari ubi, kacang tanah dan beberapa jenis bumbu lainnya yang membuat mie lendir ini terasa berbeda dengan mie lainnya.

  1. Makanan Khas Kepulauan Riau

Salah satu hal yang paling terkenal dari Kepulauan Riau adalah harga barang elektroniknya yang murah jika dibandingkan dengan daerah lainnya. Selain itu, Kepulauan Riau juga memiliki beberapa makanan khas seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

  • Mie Tarempa

200 nama makanan khas Indonesia

Makanan tradisional dari Kepulauan Riau yang pertama adalah mie tarempa yang memang berasal dari Pulau Tarempa. Mie ini terbuat dari campuran tepung dan telur namun rasanya berbeda dengan mie pada umumnya.

Mie tarempa memiliki rasa yang sangat pedas karena aneka rempah yang digunakan untuk membuat mie tersebut. Mie ini dibagi menjadi beberapa jenis yakni mie tarempa kering, lembab dan juga basah. Untuk mie tarempa yang kering akan disajikan tanpa memakai kuah. Untuk mie tarempa lembab akan disajikan dengan sedikit kuah dan yang basah akan disajikan bersama dengan kuahnya.

  • Luti Gendang

 

200 nama makanan khas Indonesia

Luti gendang merupakan sebutan roti dari masyarakat Melayu. Lebih tepatnya luti gendang merupakan makanan tradisional dari Pulau Tarempa dengan tekstur yang renyah diluar namun sangat lembut pada bagian dalamnya.

Baca Juga:   Oleh Oleh Kepulauan Bangka Belitung

Roti nantinya akan diisi dengan ikan tuna yang sudah dicampur dengan berbagai rempah khas Pulau Tarempa yang sangat pas dijadikan teman minum teh atau kopi saat pagi atau sore hari.

  • Gonggong

200 nama makanan khas Indonesia

Gonggong atau siput laut adalah makanan khas dari masyarakat Kepulauan Riau yang biasanya diolah dengan ccara direbus kemudian dikeluarkan isinya memakai tusuk gigi dan dimakan bersama dengan sambal yang khas. Jika belum terbiasa, mungkin akan sedikit ragu untuk menyantapnya karena bentuknya yang aneh dan tidak biasa. Namun sebenarnya, rasa dari gonggong ini sangat nikmat, asin dan kenyal seperti tekstur ampela ayam.

  1. Makanan Khas Jambi

Masing masing daerah di Indonesia memiliki hidangan kuliner yang beragam dengan cita rasa yang semuanya nikmat tak terkecuali Jambi. Jambi yang merupakan provinsi di Pulau Sumatra dengan ibukota Jambi juga memiliki beberapa makanan khas seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

  • Tempoyak Patin

200 nama makanan khas Indonesia

Tempoyak patin merupakan makanan tradisional yang mudah dibuat. Tempoyak sendiri merupakan durian yang sudah difermentasikan. Nantinya, tempoyak tersebut akan dimasak bersama ikan patin segar dari Sungai Batanghari. Rasa asam dan manis dari tempoyak dikombinasikan dengan ikan patin yang segar membuat makanan ini sangat cocok disajikan bersama dengan nasi panas.

  • Gulai Tepek Ikan

200 nama makanan khas Indonesia

Makanan tradisional dari Jambi selanjutnya adalah gulai tepek ikan. Seperti namanya, cara membuat makanan ini adalah dengan ikan yang ditepek tepek hingga menjadi pipih. Sedangkan untuk jenis ikan yang digunakan adalah ikan gabus karena dagingnya lebih gurih. Namun sayangnya, makanan khas Jambi ini sudah mulai jarang ditemukan karena hanya bisa dinikmati ketika acara acara adat seperti pernikahan dan beberapa acara lainnya.

  • Kue Padamaran

200 nama makanan khas Indonesia

Kue padamaran merupakan penganan khas dari Jambi yang termasuk dalam jenis kue basah. Kue padamaran terbuat dari berbagai campuran bahan seperti tepung beras, gula merah, santan dan juga air perasan daun suji sebagai pewarna alaminya. Kue cantik berwarna hijau ini memiliki rasa yang legit dan manis dari gula merah sehingga cocok dikonsumsi oleh segala usia.

  1. Makanan Khas Bengkulu

Bengkulu adalah provinsi yang terletak di Pulau Sumatera yang juga tidak hanya terkenal dengan pemandangan indah dan destinasi wisata, namun juga memiliki beberapa makanan khas yang hanya bisa ditemukan di Bengkulu.

  • Bagar Hiu

makanan tradisional yang mudah dibuat

Bagar hiu merupakan makanan tradisional Jambi sejenis rendang namun tidak terbuat dari daging sapi melainkan daging ikan hiu yang dimasak tanpa menggunakan santan namun memakai kelapa yang disangrai. Bagar hiu ini bukan termasuk makanan tradisional yang mudah dibuat sebab bau amis dari ikan hiu harus benar benar hilang. Selain itu, daging hiu yang terbilang langka juga membuat makanan ini jarang ditemukan.

  • Pendap

makanan tradisional yang mudah dibuat

Makanan tradisional Bengkulu lain yang harus anda coba adalah pendap. Pendap adalah masakan dengan bahan utama ikan yang dimasak bersama dengan rempah seperti bawang putih, kencur, cabai dan beberapa bumbu lainnya. Yang membuat makanan ini istimewa adalah ikan yang digunakan bukan ikan biasa karena hanya bisa ditemukan di Bengkulu bernama ikan pais.

Ikan dan juga berbagai rempah tersebut kemudian dibungkus memakai daun talas dan dimasak. Aroma ikan yang terbungkus daun talas tersebut nantinya akan sangat harum ditambah dengan rasa gurih pedas membuat makanan ini sangat lezat untuk dijadikan lauk pauk.

  • Kue Tat

makanan tradisional yang mudah dibuat

Selain dikenal dengan berbagai hidangan menggunakan ikan, Bengkulu juga memiliki salah satu jenis kue pie bernama kue tat. Dari tekstur dan juga bentuknya, kue ini memang hampir sama seperti pie yang merupakan hidangan kerajaan dan tidak bisa dinikmati oleh orang sembarangan. Namun untuk sekarang ini, kue tat sudah bisa dinikmati semua orang.

Kue tat terbuat dari beberapa bahan seperti kue pada umumnya seperti tepung gandum, mentega, telur ayam dan juga gula pasir. Rasa manis berpadu dengan tekstur kue yang lembut membuat kue ini menjadi incaran para wisatawan ketika pergi ke Bengkulu.

  1. Makanan Khas Sumatera Selatan

Salah satu wilayah di Sumatera Selatan yakni Palembang sangat terkenal dengan begitu banyak kuliner khas yang sudah digemari masyarakat Indonesia secara luas tidak hanya pempek namun juga beberapa makanan lain seperti berikut ini.

  • Kue Maksuba

makanan tradisional yang mudah dibuat

Kue maksuba merupakan salah satu dari 200 nama makanan khas Indonesia dengan cita rasa nikmat khas dari Palembang. Berbeda dengan kue lain yang biasanya terbuat dari telur ayam, kue maksuba terbuat dari bahan dasar telur bebek dan juga susu kental manis sehingga rasanya lebih gurih.

Telur sebanyak 28 butir dibuat menjadi adonan kemudian dibuat berlapis lapis sehingga terlihat seperti kue lapis dengan rasa dan tekstur yang berbeda.

  • Kue Delapan Jam

makanan tradisional yang mudah dibuat

Kue ini dinamakan dengan delapan jam karena memang proses pembuatannya membutuhkan waktu hingga 8 jam. Sementara untuk bahan bahannya hampir sama dengan kue maksuba dan perbedaannya hanya terletak pada cara pembuatannya. Kue delapan jam dibuat dengan cara dikukus selama delapan jam dan bukan dipanggang seperti maksuba. Umumnya, kue delapan jam ini akan disajikan ketika hari raya di Sumatera Selatan.

  • Lenggang

makanan tradisional yang mudah dibuat

Makanan tradisional Sumatera Selatan selanjutnya adalah lenggang yang terbuat dari campuran ikan dan telur kemudian dimasukkan di dalam daun pisang kemudian dimasak dengan cara dipanggang. Lenggang ini merupakan penganan dengan rasa yang sangat gurih serta aroma daun pisang yang khas ketika dipanggang menambah kenikmatan penganan yang satu ini.

  1. Makanan Khas Kepulauan Bangka Belitung

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terdiri dari dua buah pulau yakni Bangka dan juga Belitung yang memiliki begitu banyak destinasi wisata mengagumkan. Jika anda ingin berwisata ke Kepulauan Bangka Belitung, pastikan juga anda mencicipi berbagai makanan tradisional khas seperti berikut ini.

  • Lakse

kue tradisional

Lakse merupakan makanan tradisional dari Kepulauan Bangka Belitung yang bentuknya menyerupai putu mayang yang terbuat dari tepung beras. Selain itu, rasa lakse juga berbeda dengan putu mayang karena terbuat dari campuran santan, tepung beras dan juga sagu. Sedangkan cara penyajian putu mayang dengan lakse juga berbeda. Putu mayang disajikan dengan menggunakan gula jawa yang sudah dicairkan, sedangkan lakse disajikan dengan sup gangan yaitu kuah santan serta ikan tenggiri sehingga rasanya gurih dan bukan manis.

  • Rusip

kue tradisional

Berbeda dengan sambal pada umumnya, sambal khas Bangka Belitung yang selalu dicari para wisatawan ini terbuat dari ikan teri yang sudah difermentasikan selama 7 hari. Ikan teri akan ditambahkan dengan garam dan gula merah yang kemudian juga dicampur dengan bawang merah, cabai serta jeruk kunci. Cita rasa sambal yang asam dan manis ini sangat tepat dikonsumsi bersama ikan goreng atau lalapan.

  • Pantiauw

makanan tradisional

Jika anda sering mengkonsumsi kwetiauw tentunya sudah tidak asing lagi dengan pantiauw makanan khas Bangka Belitung. Meski rasa dan juga tekstur kedua makanan ini hampir sama, namun yang menjadi pembeda adalah cara penyajiannya sebab pantiauw selalu disajikan dengan taburan ikan dan kwetiauw menggunakan seafood atau daging ayam.

  • Mie Koba

makanan tradisional

Bagi anda pencinta mie, mie koba ini harus anda coba ketika berkunjung ke Bangka Belitung. Tampilan mie ini terlihat seperti lontong mie yang bisa banyak anda temui ketika berkunjung ke Bangka Belitung.

Mie kuning nantinya akan disajikan bersama dengan potongan ikan tenggiri, bawang goreng, seledri dan juga telur serta disiram dengan kuah kaldu yang nikmat. Kuah mie koba ini juga memiliki aroma udang yang kuat sehingga semakin menambah kelezatan makanan yang satu ini.

  1. Makanan Khas Lampung

  • Umbu

makanan tradisional

Umbu merupakan makanan tradisional Lampung dengan rasa sedikit pahit seperti pare. Rotan muda sebagai bahan utamanya akan direbus hingga lunak kemudian ditambahkan dengan berbagai bumbu seperti oseng. Selain itu, umbu juga bisa diolah menjadi makanan lain seperti lalapan atau berbagai makanan lainnya.

  • Kemplang

makanan tradisional

Kemplang merupakan camilan khas Bandar Lampung yang dibuat dengan cara dipanggang sehingga sangat cocok bagi anda yang memang sedang mengurangi makanan berminyak. Kemplang memiliki rasa gurih dengan tekstur renyah yang bisa dinikmati langsung atau dijadikan teman makan nasi.

  • Keripik Nangka

makanan tradisional

Satu lagi makanan khas sekaligus cemilan khas Lampung yakni keripik nangka. Penganan ini sangat cocok dijadikan oleh oleh ketika anda sedang berkunjung ke Lampung. Keripik nangka ini tidak hanya nikmat namun juga terjangkau serta bergizi karena hanya terbuat dari buah nangka asli.

  1. Makanan Khas Banten

  • Pecak Bandeng

makanan tradisional

Selain bisa dijadikan sate, ikan bandeng juga dibuat menjadi pecak bandeng seperti makanan tradisional Sunda yang satu ini. Pecak bandeng disajikan dengan cara dibakar kemudian disiram dengan berbagai bumbu yang sudah dihaluskan. Pecak bandeng menjadi makanan wajib bagi anda yang menyukai pedas.

  • Ketan Bintul

makanan tradisional

Ketan bintul merupakan makanan kesukaan Kesultanan Banten pada abad ke-16 yang dijadikan penganan untuk berbuka puasa. Ketan bintul ini menjadi makanan yang sangat disukai dan diburu para wisatawan. Kombinasi ketan yang diberi taburan serundeng ini memiliki citarasa gurih yang sangat cocok dinikmati pagi atau sore hari.

  1. Makanan Khas Jawa Barat

  • Surabi

makanan tradisional jawa

Surabi merupakan makanan tradisional Sunda yang juga sering disebut dengan serabi. Surabi khas Jawa Barat ini terdiri dari 2 jenis yakni asin dan juga manis. Awalnya, surabi ini disajikan dengan kinca gula merah yang terbuat dari campuran gula merah, gula pasir, santan dan juga daun pandan.

Sedangkan untuk surabi asin tetap menggunakan adonan surabi manis namun pada bagian atasnya akan ditambahkan dengan oncom.

  • Combro

makanan tradisional jawa

Makanan tradisional Jawa Barat selanjutnya adalah combro. Combro ini terbuat dari singkong dan diisi dengan oncom yang sudah diberi bumbu. Singkong parut nantinya akan diisi dengan oncom kemudian digoreng dan dihidangkan selagi masih panas.

  1. Makanan Khas DKI Jakarta

  • Bubur Ase

makanan tradisional

Bubur ase merupakan makanan tradisional yang mudah dibuat dengan rasa yang enak namun sayang sudah semakin sulit ditemukan sekarang ini. Bisa dikatakan, bubur ase ini merupakan makanan yang unik karena berbeda dengan bubur ayam lainnya. Bubur nantinya akan dilengkapi dengan kuah semur dan asinan yang terdiri dari irisan kol, wortel, sawi asin dan sebagainya kemudian ditambahkan dengan kerupuk merah atau emping sebagai pelengkapnya.

  • Kerak Telor

makanan tradisional

Kerak telor menjadi makanan tradisional DKI Jakarta yang sudah banyak dikenal orang. Makanan ini terbuat dari beras ketan putih yang dicampur dengan telur bebek, parutan kelapa yang sudah disangrai kering, ebi, jahe, kencur, merica, gula pasir dan juga garam. Nantinya semua bahan akan dimasak pada sebuah wajan di atas bara api yang sesekali akan dibalik wajannya agar bisa matang merata.

  1. Makanan Khas Jawa Tengah

  • Tempe Mendoan

makanan tradisional jawa

Sebenarnya, tempe mendoan tidak jauh berbeda dengan tempe goreng tepung lainnya. Perbedaannya terletak pada adonan kulit mendoan dan cara menggorengnya yang tidak terlalu matang atau tidak renyah dengan rasa yang sangat nikmat dan sangat populer bagi masyarakat setempat ataupun para wisatawan.

  • Nasi Gandul

makanan tradisional jawa

Nasi gandul adalah makanan tradisional Jawa Tengah yang juga sering disebut dengan nasi uduk sebab cara penyajiannya yang memakai daun pisang. Rasa nasi gandul sangat gurih dan cocok dijadikan sarapan. Sedangkan dalam pembuatannya juga ditambahkan dengan daun pandan sehingga aroma penganan ini semakin kuat.

  1. Makanan Khas DI Yogyakarta

  • Gudeg

makanan tradisional yang mudah dibuat

Gudeg merupakan makanan khas DI Yogyakarta yang sudah sangat terkenal hingga ke seluruh Indonesia meski rasa gudeg DI Yogyakarta yang asli berbeda dengan gudeg di tempat lainnya. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan yang biasanya disajikan bersama dengan ayam, nasi, tahu dan juga telur.

  • Sego Pecel

makanan tradisional yang mudah dibuat

Sego pecel atau biasa disebut dengan nasi pecel merupakan campuran dari berbagai jenis sayur seperti bayam, kangkung, kacang panjang dan tauge kemudian disiram dengan bumbu pecel. Sedangkan untuk pelengkapnya, sego pecel akan disajikan bersama dengan kerupuk, telur ceplok, tempe dan juga tahu.

  1. Makanan Khas Jawa Timur

Jawa Timur tidak hanya memiliki pesona wisata yang sangat indah, namun ada begitu banyak hidangan kuliner khas yang sudah terkenal di seluruh Indonesia. Jawa Timur sendiri terkenal dengan terasi dan petis yang digunakan sebagai penambah rasa dalam masakan. Berikut kami berikan beberapa makanan tradisional Jawa Timur untuk menambah informasi anda seputar kuliner.

  • Pecel

10 makanan khas daerah

Ada beberapa kota di Jawa Timur yang memiliki hidangan nasi pecel nikmat dengan ciri khas berbeda beda seperti Madiun, kediri dan juga Blitar yang dikonsumsi pagi atau malam hari. Salah satu dari 10 makanan khas daerah yang sangat terkenal ini dibuat dari beberapa jenis sayuran rebus seperti kangkung, kacang panjang, irisan mentimun, kol dan juga tauge. Semua bahan ini nantinya akan dicampur bersama sambal kacang dan dinikmati bersama rempeyek sebagai pendampingnya.

  • Rujak Cingur

makanan tradisional jawa timur

Rujak cingur merupakan makanan khas dari Surabaya yang sangat nikmat untuk disantap siang hari. Seperti namanya, makanan tradisional Jawa Timur ini memang terbuat dari irisan daging hidung sapi yang disebut dengan cingur.

Baca Juga:   Oleh Oleh Jawa Timur

Selain terbuat dari cingur, ada beberapa bahan lain yang digunakan dalam rujak cingur seperti irisan bengkuang, mentimun, nanas dan dicampur dengan lontong atau nasi, tahu, tempe dan sayuran kemudian disiram dengan saus yang terbuat dari petis udang dan bumbu lainnya.

  • Rawon

makanan tradisional jawa timur

Rawon memiliki ciri khas kuah yang berwarna hitam pekat dari kluwek. Selain itu, rawon juga dibuat dengan beberapa bumbu lainnya seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, cabai, garam dan beberapa bahan lainnya. Potongan daging sapi nantinya akan diolah bersama bumbu hingga akhirnya menjadi hidangan berkuah kental yang sangat nikmat tidak kalah dengan sate komoh.

  1. Makanan Khas Bali

Sate Lilit

makanan tradisional jawa timur

Sate lilit merupakan salah satu dari 10 makanan khas daerah yang berbeda dengan sate pada umumnya. Sate lilit khas Bali ini terbuat dari daging yang sudah dihaluskan kemudian dililitkan pada batang serai atau juga bisa menggunakan bambu. Untuk jenis daging yang digunakan juga bervariasi seperti daging ikan tenggiri, ayam dan untuk yang non halal juga tersedia daging babi.

  • Tum Ayam

makanan tradisional jawa timur

Tum merupakan jenis pepes yang dibuat dari campuran daging ayam, santan dan banyak bumbu yang kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Selain daging ayam, makanan tradisional Bali ini juga dibuat dengan menggunakan daging bebek yang rasanya lebih gurih dan lebih nikmat.

  • Sate Plecing

makanan tradisional jawa timur

Untuk anda penggemar daging, sate plecing khas Bali ini layak untuk anda coba. Sate plecing terbuat dari daging yang kemudian ditambahkan dengan bumbu plecing dari tomat, cabai rawit, terasi dan juga air jeruk limau. Rasa sate yang gurih, pedas dan sedikit asin ini sangat nikmat disantap baik yang berbahan dasar ayam, ikan atau daging babi.

  1. Makanan Khas Nusa Tenggara Barat

  • Ayam Taliwang

daftar makanan khas daerah

Makanan tradisional Nusa Tenggara Barat adalah ayam taliwang. Makanan ini sangat terkenal di Nusa Tenggara Barat lebih tepatnya di area Lombok. Ayam taliwang biasanya disajikan dalam keadaan utuh dengan bumbu khas Indonesia kaya rempah. Tidak hanya terkenal di Nusa Tenggara Barat, namun ayam taliwang sudah menjadi kegemaran orang di seluruh Indonesia.

  • Sate Bulayak

daftar makanan khas daerah

Makanan khas Nusa Tenggara Barat selanjutnya adalah sate bulayak yang berbeda dengan sate pada umumnya. Jika biasanya sate terbuat dari ayam atau kambing, sate bulayak ini terbuat dari daging sapi. Makanan ini dinamakan sate bulayak sebab cara menghidangkannya juga ditambahkan dengan lontong sehingga masyarakat setempat menyebutnya menjadi sate bulayak.

  1. Makanan Khas Nusa Tenggara Timur

  • Kolo

daftar makanan khas daerah

Kolo atau nasi bakar merupakan salah satu makanan tradisional yang mudah dibuat dari Nusa Tenggara Timur. Nasi dimasak dengan menggunakan bambu yang masih muda sehingga bambu tidak ikut terbakar. Makanan ini juga halal karena hanya terbuat dari beras yang dimasukkan ke dalam bambu muda dan diberi bumbu kemudian dibakar.

  • Muku Loto

200 nama makanan khas Indonesia

Muku loto merupakan makanan tradisional yang unik dari Nusa Tenggara Timur lebih tepatnya dari Nagekeo, Pulau Flores. Makanan ini sudah ada sejak zaman dulu yang biasanya disajikan ketika pesta adat. Mutu merupakan pisang dan loto berarti hancur sehingga jika diartikan pisang yang dihancurkan.

  1. Makanan Khas Kalimantan Barat

  • Kerupuk Pedas

200 nama makanan khas Indonesia

Dari tampilannya, kerupuk pedas terlihat seperti siomay atau pempek. Kerupuk basah merupakan makanan khas Kalimantan Barat di daerah hulu yang menyajikan kerupuk namun teksturnya tidak kering atau garing. Makanan ini disajikan dengan cara dikukus lalu disantap dengan saus kacang. Sedangkan adonan kerupuk basah terbuat dari tepung sagu dan ikan belida sehingga tekstur dan aromanya sangat nikmat.

  • Bubur Pedas

200 nama makanan khas Indonesia

Jika biasanya bubur disajikan dengan campuran kecap manis, kecap asin dan sambal sebagai pelengkap rasa, maka berbeda dengan bubur pedas khas Sambas, Kalimantan Barat yang rasanya sangat pedas sehingga lebih nikmat. Bubur pedas ini terbuat dari beras yang ditumbuk halus dan dioseng lalu ditambahkan dengan berbagai jenis sayur seperti pakis, kangkung, daun kesum dan berbagai jenis sayur lainnya seta ditaburi dengan ikan teri goreng serta kacang diatasnya.

  1. Makanan Khas Kalimantan Tengah

  • Hintalu Karuang

200 nama makanan khas Indonesia

Hinali karuang merupakan makanan tradisional dari Banjarmasin, Kalimantan Tengah. Hinalu dalam bahasa Banjar berarti telur dan karuang berarti kelelawar meski penganan ini sama sekali tidak menggunakan telur kelelawar. Nama ini diberikan karena bentuk hintalu karuang yang bulat bulat kecil seperti telur kelelawar.

Penampilan makanan ini terlihat seperti biji salak khas Jawa yang biasanya disajikan untuk berbuka puasa karena rasanya yang manis disajikan bersama campuran gula merah dan santan.

  • Kalumpe

200 nama makanan khas Indonesia

Kalumpe adalah makanan khas dari suku Dayak Kalimantan Tengah sejenis sayur dengan tampilan yang serupa seperti sayur daun singkong. Meski memang sama sama terbuat dari daun singkong, namun pada kalumpe daun singkongnya ditumbuk halus dan diberikan berbagai bumbu seperti bawang merah, cabai, kayu manis, serai, bawang putih dan lengkuas.

  1. Makanan Khas Kalimantan Selatan

  • Patin Baubar

makanan tradisional yang mudah dibuat

Patin baubar merupakan salah satu dari 200 nama makanan khas Indonesia yakni pepes ikan patin yang diberi bumbu rempah rempah dan dimasak dengan cara dibakar diatas tungku dan bara api hingga rempah rempah meresap ke daging ikan. Dengan berbalut bumbu tersebut, tentunya akan terasa lebih nikmat.

  • Manday

makanan tradisional yang mudah dibuat

Manday juga merupakan makanan tradisional Makanan Tradisional Kalimantan Selatan yang terbuat dari kulit cempedak atau disebut dengan tiwadak oleh masyarakat Makanan Tradisional Kalimantan Selatan. Kulit cempedak tersebut diawetkan dengan garam lalu didiamkan dalam wadah tertutup. Sedangkan untuk lama pengawetan sesuai selera masing masing sehingga jika ingin semakin asam, maka bisa didiamkan lebih lama.

  1. Makanan Khas Kalimantan Timur

  • Ayam Cincane

makanan tradisional yang mudah dibuat

Ayam cincane yang merupakan makanan tradisional Kalimantan Timur ini dulu hanya disajikan pada acara penting seperti pernikahan dan kelahiran anak. Namun sekarang, ayam cincane ini sudah dijual di berbagai warung Kalimantan Timur dengan bahan utama ayam kampung yang diberi bumbu seperti lengkuas, cabai, jahe, kemiri dan beberapa bumbu lainnya. Nantinya ayam akan dibakar diatas api hingga matang atau juga bisa digoreng.

  • Nasi Bekepor

makanan tradisional yang mudah dibuat

Makanan khas Kalimantan Timur selanjutnya adalah nasi bekepor yang terbuat dari nasi putih dengan campuran rempah lalu dimasak memakai alat khas Kalimantan Timur. Nasi nantinya akan disajikan bersama sayur asam khas Kalimantan Timur yakni sayur yang diolah bersama ikan tawar seperti gabus atau patin serta ditambahkan dengan ubi manis.

  • Amplang

makanan tradisional yang mudah dibuat

Amplang merupakan makanan Kalimantan Timur jenis camilan berbentuk kerupuk yang unik karena tampilannya seperti kuku macan. Penganan ini sering dijadikan oleh oleh khas Kalimantan Timur yang terbuat dari ikan dengan rasa gurih namun tidak berbau amis.

  1. Makanan Khas Kalimantan Utara

  • Kepiting Soka

makanan tradisional

Bagi anda yang gemar kuliner berbahan dasar kepiting, maka kepiting soka khas Kalimantan Utara ini sangat wajib untuk anda cicipi. Kepiting soka ini tidak hanya dimasak dengan berbagai bumbu yang nikmat namun juga bisa dikonsumsi dengan mudah karena bagian cangkangnya tidak keras namun sangat lembut sehingga bisa dikonsumsi.

  • Tudai

makanan tradisional

Tudai merupakan kerang seperti kapah yang bisa banyak ditemui di Kalimantan Utara khususnya area Tanjung Selor. Tudai ini memiliki daging yang tebal dengan cangkang berwarna hitam dan jingga yang dimasak dengan cara direbus dan disajikan bersama sambal goreng.

  • Nasi Subut

makanan tradisional

Nasi subut berbeda dengan nasi pada umumnya sebab warna nasinya adalah ungu dan tidak berwarna putih. Penganan ini bisa didapatkan di daerah Kabupaten Tana Tidung. Nasi subut terbuat dari bahan dasar jagung, nasi dan juga ubi jalar ungu. Nasi yang sudah ditanak hingga matang kemudian dicampur dengan rebusan jagung dan ubi ungu dan ditambahkan dengan penyedap rasa.

  1. Makanan Khas Gorontalo

  • Tili Aya

makanan tradisional

Makanan tradisional Gorontalo yang pertama adalah tili aya. Tili aya ini terbuat dari campuran gula merah, telur dan juga santan kelapa yang dicampur menjadi satu lalu dikukus hingga matang. Penganan ini umumnya disajikan sebagai lauk atau pelengkap nasi serta pendamping makanan berat dalam acara adat.

  • Kue Karawo

makanan tradisional

Kue karawo seringkali dijadikan oleh oleh khas Gorontalo dengan bentuk yang sangat unik. Kue ini diberikan hiasan pada bagian atasnya dengan motif kain karawo. Sedangkan kuenya sendiri terbuat dari campuran tepung terigu, susu, telur, gula, vanili dan juga maizena. Semua bahan dijadikan adonan kemudian dicetak sesuai selera dan dipanggang dalam oven.

  • Kue Sabongi

makanan tradisional

Kuliner khas Gorontalo berikutnya adalah kue sabongi. Kue ini sangat populer bagi masyarakat Gorontalo sebab sudah ada sejak zaman nenek moyang mereka sehingga menjadi warisan turun temurun. Kue ini terbuat dari bahan dasar pisang serta singkong yang sangat nikmat dan cocok dengan lidah orang Indonesia dengan bentuk seperti donat.

  1. Makanan Khas Sulawesi Utara

Sulawesi Utara dikatakan sebagai gerbang wisatawan yang ingin menikmati keindahan tempat wisata bernama Taman Nasional Bunaken yang bisa ditempuh dari kota Manado dalam waktu 20 menit. Tidak hanya wisata, namun Sumatera Utara juga terkenal dengan berbagai kuliner sangat lezat yang bahkan menjadi kegemaran masyarakat Indonesia.

  • Tinutuan

makanan tradisional

Tinutuan merupakan makanan yang penuh akan gizi. Tinutuan ini terbuat dari sedikit beras yang dicampur dengan buah labu kuning sebagai bahan utamanya. Selain itu, ada banyak sayuran yang dicampur dalam makanan ini seperti kangkung, bayam, daun gedi, jagung dan juga kemangi. Kelengkapan gizi dalam makanan ini membuat tinutuan sangat cocok dinikmati anak anak hingga orang dewasa.

Baca Juga:   Oleh Oleh Kalimantan Barat

Makanan tradisional yang mudah dibuat ini hanya perlu memasukkan sebuah bahan dan direbus dalam panci hingga kental. Warna labu dan jagung nantinya membuat hidangan berwarna kuning yang siap menggoyang lidah anda. Sedangkan untuk anda yang gemar makanan pedas bisa menambahkan sambal secukupnya tergantung selera.

Makanan ini diciptakan ketika zaman penjajahan yang membuat bahan pokok dan kebutuhan lain menjadi sangat langka. Masyarakat kemudian berkreasi dengan memanfaatkan bahan yang ada dan kemudian dicampur menjadi satu untuk mengisi perut yang lapar.

  • Cakalang Fufu

makanan tradisional indonesia dan cara membuatnya

Seperti namanya, makanan tradisional Sulawesi Utara ini terbuat dari ikan cakalang. Ikan akan diolah dengan cara diasap memakai bumbu khusus. Ikan cakalang kemudian akan dicapit memakai bambu dan diasap hingga matang. Fufu sendiri dalam bahasa Manado berarti asap sehingga bisa diartikan cakalang fufu adalah ikan cakalang yang diolah dengan cara diasap.

  • Klapertart

makanan tradisional indonesia dan cara membuatnya

Klapertart sebenarnya merupakan jenis kue yang diadopsi dari Belanda dengan rasa dan cita rasa khas Sulawesi Utara. Kue ini sudah menjadi oleh oleh khas dari Sulawesi Utara yang banyak diincar para wisatawan. Rasa dan aroma kelapa muda yang sangat khas serta taburan kismis membuat kue ini memang memiliki rasa tiada duanya yang harus anda coba.

  1. Makanan Khas Sulawesi Barat

  • Kue Bolu Paranggi

makanan tradisional yang mudah dibuat

Makanan tradisional dari Sulawesi Barat yang pertama adalah kue bolu paranggi. Kue ini memiliki bentuk seperti kue mangkok berukuran kecil yang merekah. Adonan nantinya akan dimasak dalam cetakan memakai bara yang bisa anda temukan di pasar tradisional Mandar.

  • Kue Cucur Sulawesi Barat

makanan tradisional yang mudah dibuat

Kue cucur merupakan penganan yang berasal dari Sulawesi Barat yang bentuk dan rasanya hampir sama dengan kue cucur pada umumnya. Adonan nantinya akan dimasukkan dalam wajan memakai sendok sayur supaya bentuknya bisa bulat sempurna.

  1. Makanan Khas Sulawesi Tengah

  • Milu Siram

200 nama makanan khas Indonesia

Milu siram adalah makanan tradisional Sulawesi Tengah yang juga sering disebut dengan binte biluhuta dan juga sup jagung. Milu siram ini terbuat dari berbagai bahan dari mulai jagung, ikan dan juga udang dengan rasa manis, pedas dan juga asin. Selain itu, ada juga variasi milu siram lain yang semuanya juga terbukti sama lezatnya.

  • Lalampa

200 nama makanan khas Indonesia

Lalampa juga merupakan salah satu makanan tradisional Sulawesi Tengah yang termasuk dalam jenis makanan ringan. Makanan yang berbentuk seperti lemper dengan isi ikan cakalang ini dimasak dengan cara dibakar sehingga aroma yang dihasilkan lebih nikmat.

  1. Makanan Khas Sulawesi Selatan

  • Jalangkote

200 nama makanan khas Indonesia

Jika dilihat dari bentuknya, makanan tradisional Sulawesi Selatan ini terlihat seperti pastel termasuk juga sama pada isiannya. Jalangkote diisi dengan soun, telur rebus, kentang, wortel dan juga daging yang dimasak dan diberi bumbu. Namun ada perbedaan pastel dan jalangkote yakni kulit dan tekstur jalangkote lebih tebal dibandingkan dengan pastel. Jalangkote ini biasanya akan disantap bersama dengan saus yang terbuat dari cabe dan cuka sehingga rasanya lebih nikmat.

  • Nasu Palekko

200 nama makanan khas Indonesia

Nasu palekko yang merupakan makanan khas Sulawesi Selatan. Nasu palekko ini biasanya disajikan bersama dengan daging bebek atau daging sapi yang sudah dibumbui hampir sama dengan rendang. Bebek yang digunakan juga harus yang masih muda agar dagingnya empuk. Untuk menikmati nasu palekko ini, anda bisa berkunjung ke Pinrap Pangkajene, Pirang dan Kabupaten Wajo.

  1. Makanan Khas Sulawesi Tenggara

  • Lapa Lapa

200 nama makanan khas Indonesia

Lapa lapa merupakan makanan tradisional Sulawesi Tenggara lebih tepatnya dari Buton. Penganan ini memiliki rasa yang gurih dan biasanya bisa ditemukan dengan mudah ketika bulan Ramadhan. Masyarakat setempat biasa mengkonsumsi lapa lapa ini dengan ikan asin atau disebut dengan ikan kaholenarore.

  • Kasoami

10 makanan khas daerah

Makanan khas dari Sulawesi Tenggara selanjutnya adalah kasoami. Penganan ini terbuat dari ubi yang dikonsumsi masyarakat Sulawesi Tenggara dengan penganan khas lainnya. Seperti lapa lapa, kasoami juga biasanya disantap bersama dengan ikan asin.

  • Karasi

10 makanan khas daerah

Karasi merupakan kue khas Sulawesi Tenggara yang juga cukup terkenal di beberapa daerah lain dengan sebutan yang berbeda beda seperti roti jala atau kue rambut. Karasi ini memiliki rasa manis dengan tekstur yang garing. Meski bentuknya terlihat sederhana, namun pembuatan kue karasi ini ternyata juga cukup sulit.

  1. Makanan Khas Maluku Utara

  • Gatang Kenari

10 makanan khas daerah

Gatang kenari merupakan salah satu penganan dalam daftar makanan khas daerah yang berasal dari Maluku Utara. Makanan yang juga biasa disebut dengan ketam kenari ini merupakan kepiting kenari yang merupakan hewan darat pintar memetik dan mengupas kelapa. Kepiting nantinya akan diolah menjadi masakan dengan rasa yang gurih dan manis bahkan lebih nikmat dari kepiting biasa.

  • Sambal Colo Colo

10 makanan khas daerah

Sambal colo colo merupakan makanan khas Maluku Utara selanjutnya yang sangat terkenal dengan cita rasa pedasnya. Sambal ini juga sangat wajib bagi masyarakat Maluku Utara. Sambal ini terbuat dari tomat muda, bawang merah dan juga cabai rawit yang semuanya diiris tipis dan ditambahkan dengan air jeruk nipis dan garam. Sambal ini biasanya juga diberi tambahan daun kemangi, kenari mentah atau rarobang dan juga bisa ditambahkan dengan kecap manis.

  1. Makanan Khas Maluku

  • Kohu Kohu

10 makanan khas daerah

Kohu kohu yang merupakan makanan tradisional dari Maluku ini hampir serupa dengan sayur urap Jawa. Kohu kohu terdiri dari ikan teri basah yang dicampur kacang panjang rebus, tauge dan juga parutan kelapa. Nantinya, semua bahan akan diberi bumbu berupa cabai, air jeruk nipis, irisan bawang merah dan juga bawang putih yang disantap bersama kasbi atau singkong rebus.

  • Sagu Woku Komo Komo

makanan tradisional indonesia dan cara membuatnya

Sagu woku komo komo adalah penganan yang terbuat dari sagu yang sudah direndam dengan air dingin selama 1 jam. Sedangkan bumbu yang digunakan adalah bawang putih, serai dan jahe yang ditumis kemudian ditambahkan dengan jeroan ikan serta air lalu dimasak sampai matang. Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan lauk teman makan nasi.

  1. Makanan Khas Papua Barat

  • Kue Sagu Bagea

makanan tradisional indonesia dan cara membuatnya

Ke sagu bagea adalah makanan tradisional dari Papua Barat dan juga makanan beberapa wilayah di Indonesia lainnya seperti Manado, Bugis, Maluku, Makassar dan beberapa daerah lainnya. Kue sagu ini memiliki tekstur keras dan sedikit susah untuk digigit namun akan terasa lembut ketika di mulut.

  1. Makanan Khas Papua

  • Ikan Bakar Manokwari

makanan tradisional

Sebenarnya, makanan tradisional Papua dengan Papua Barat hampir semuanya sama seperti salah satunya ikan bakar manokwari yang juga menjadi makanan khas Papua Barat. Tidak seperti ikan bakar lainnya, ikan bakar manokwari memiliki tambahan sambal khas Papua yang akan dilumuri pada bagian atas ikan tongkol.

Itulah berbagai macam makanan khas Indonesia dan penjelasannya. Jika Anda memiliki informasi lain tentang makanan tradisional di daerah Anda silahkan kontak atau komentar di artikel ini ya.