Oleh Oleh Kepulauan Riau

Oleh Oleh Kepulauan Riau – Kepulauan Riau yang merupakan salah satu provinsi di Sumatera ini seringkali dikunjungi para wisatawan karena sangat terkenal dengan batik khas Riau yang memiliki motif Melayu khas. Tidak hanya itu, namun Kepulauan Riau juga memiliki begitu banyak kuliner khas yang unik sekaligus nikmat sehingga semakin membuat daerah ini terkenal dan sering didatangi para pelancong. Bagi anda yang butuh referensi tentang oleh oleh Kepulauan Riau, berikut kami punya daftar lengkapnya untuk anda.

Daftar Nama Oleh Oleh Kepulauan Riau

  1. Selais Asap

oleh oleh Kepulauan Riau

Ikan ini merupakan ikan asli Kepulauan Riau yang menjadi incaran para wisatawan. Selais asap bisa ditemukan dengan mudah ketika anda berkunjung ke Pekanbaru atau beberapa kota lain disekitarnya.

Tekstur ikan selais yang diolah dengan cara diasap ini sangat gurih dan renyah yang semakin sempurna jika disantap bersama sambal merah pedas sehingga cocok dijadikan oleh oleh khas Kepulauan Riau.

  1. Roti Canai

oleh oleh Kepulauan Riau

Jika berkunjung ke daerah ini, jangan lupa juga untuk membeli roti canai sebagai oleh oleh dari Kepulauan Riau. Makanan yang berasal dari India ini memang juga terkenal di Riau dengan pengolahan yang juga sama yakni adonan yang diputar hingga tipis kemudian dilipat dan dipanggang dengan sedikit minyak. Makanan ini cukup awet sehingga pas jika dijadikan sebagai oleh oleh untuk sanak saudara di rumah anda.

  1. Kerupuk Atom

oleh oleh Kepulauan Riau

Kerupuk atom merupakan camilan khas Anambas yang terbuat dari ikan tongkol asli. Jangan khawatir dengan bau amis dari ikan tongkol karena oleh oleh makanan khas Kepulauan Riau ini sudah diolah dengan banyak bumbu sehingga tidak amis sebab sudah tertutup dengan rasa gurih dari ikan beserta bumbunya.

Baca Juga:   Oleh Oleh Sumatera Utara

Penganan kerupuk atom ini juga masih diolah dengan cara tradisional oleh masyarakat setempat sehingga bebas dari bahan pengawet namun bisa bertahan cukup lama.

  1. Lopek Bugi

oleh oleh khas Kepulauan Riau

Lopek bugi merupakan makanan khas Kepulauan Riau yang sudah terkenal sampai ke seluruh wilayah Indonesia. Oleh oleh Kepulauan Riau ini merupakan lepat ketan yang dibungkus dengan daun pisang dengan rasa manis dan gurih yang bisa anda temukan dengan mudah di dekat Jembatan Danau Bingkuang sepanjang jalan lintas Pekanbaru dengan harga yang terjangkau.

Lopek bugi yang merupakan makanan khas dan disajikan untuk para bangsawan ini bisa anda temukan di Desa Bingkuang yang memiliki sekitar 30 kios penjual lopek bugi. Selain dibungkus dengan daun pisang, namun sekarang ini kue lopek bugi juga sudah dikemas dengan kotak plastik sehingga lebih mudah dibawa sebagai oleh oleh dengan harga sekitar 10 ribu per kotak isi 10 bungkus lopek bugi.

  1. Viz Cake

oleh oleh khas Kepulauan Riau

Viz Cake merupakan oleh oleh khas Kepulauan Riau yang berdiri sejak 10 Mei 2011 di Jl. Hangtuah Np. 130, Pekanbaru. Disini, anda bisa menemukan berbagai kue seperti gulung nenas, gulung durian, kek pisang blueberry, kek pisang pandan cheese, roti durian, brownies cheese, soft durian dan masih banyak lagi yang lainnya dengan harga terjangkau sebagai oleh oleh.

  1. Kopi Hawaii

oleh oleh khas Kepulauan Riau

Jika dilihat sepintas, kopi Hawaii ini sama dengan kopi lainnya namun disajikan secara khas dengan warna kopi yang hitam pekat dalam cangkir keramik putih bermotif bunga berwarna hijau giok. Cara penyajian kopi ini juga sangat unik dimana cangkir yang akan digunakan terlebih dulu akan dipanaskan dengan tujuan menambah citarasa kopi dan juga membuat cangkir bisa menahan panas kopi lebih lama.

Selain bisa mencicipi kenikmatan kopi Hawaii langsung ditempat, anda juga bisa membawa Kopi Hawaii Kijang A Sun ini sebagai oleh oleh khas Kepulauan Riau dengan harga sekitar 56 ribu per kilogram yang tentunya sangat terjangkau mengingat rasa khas yang dihasilkan dari kopi ini.

  1. Bilis Gulung

oleh oleh dari Kepulauan Riau

Bilis gulung merupakan camilan khas yang juga sering disebut dengan angko bilis atau bilis berselimut. Kue ini tidak hanya memiliki nama yang unik namun cara pembuatannya juga masih tradisional menggunakan tangan sehingga cocok dijadikan oleh oleh dari Kepulauan Riau.

Baca Juga:   Oleh Oleh Kepulauan Bangka Belitung

Tekstur bilis gulung ini sangat renyah dengan rasa gurih yang bisa tahan hingga beberapa bulan sehingga tidak heran jika cemilan ini menjadi salah satu favorit para traveler yang sedang berkunjung ke Kepulauan Riau.

  1. Luti Gendang

oleh oleh dari Kepulauan Riau

Luti gendang juga menjadi oleh oleh Kepulauan Riau yang banyak diburu para wisatawan. Roti goreng isi ikan tuna ini memiliki perpaduan rasa unik yakni pedas, gurih dan juga manis yang sangat cocok dijadikan buah tangan.

Anda juga bisa membeli penganan khas Kepulauan Riau ini dengan harga terjangkau yakni sekitar 3 ribu per buah di Panbil Mall Food Street Lantai Dasar No.8, Kabil, Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau.

  1. Tepung Gomak

oleh oleh dari Kepulauan Riau

Satu lagi oleh oleh dari Kepulauan Riau yang tidak boleh lupa anda beli untuk kerabat bernama tepung gomak. Jika di Malaysia tepung gomak ini terbuat dari tepung kanji, namun tepung gomak khas Tanjung Pinang, Kepulauan Riau sangat berbeda sebab terbuat dari tepung kacang hijau dan beberapa bahan lain yang juga sangat cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

  1. Batang Buruk

oleh oleh makanan Kepulauan Riau

Batang buruk merupakan kue yang sudah tidak asing bagi masyarakat Tanjung Pinang. Umumnya, kue ini disajikan ketika hari hari besar seperti Idul Fitri dengan tekstur yang mudah hancur dan dikemas dalam potongan kecil siap santap.

Oleh oleh dari Kepulauan Riau memiliki rasa manis susu, gula dan juga kacang hijau yang bisa anda temukan dengan mudah di pusat toko oleh oleh Kepulauan Riau dengan harga terjangkau. Kue ini memiliki ukuran sekitar 4 cm per buah yang menjadi jenis kue kering khas melayu asal Kepulauan Riau. Kue ini menjadi ciri khas dari Kepulauan Riau karena dikatakan sudah ada sejak 4 abad yang lalu dimana menurut cerita kue ini disebut batang buruk karena kisah cinta Wan Sendari yang melegenda.

  1. Otak Otak Khas Tanjung Pinang

oleh oleh makanan Kepulauan Riau

Otak otak khas Tanjung Pinang ini berbeda dengan otak otak lain meski sama sama dibungkus dengan daun pisang. Oleh oleh khas Kepulauan Riau ini memiliki tekstur yang lembut dan akan langsung lumer ketika berada di mulut berwarna kuning dengan aroma rempah yang kuat.

Baca Juga:   Oleh Oleh Jawa Timur

Pada awalnya, penganan ini dibuat oleh masyarakat di sekitar kawasan pesisir Selat Malaka dan Selat Karimata, Kepulauan Riau menggunakan daging ikan tenggiri asli yang dicampur dengan banyak bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, serai, jintan, jahe dan masih banyak lagi sehingga rasanya akan berbeda dengan otak otak lainnya.

  1. Kue Deram Deram

oleh oleh makanan Kepulauan Riau

Kue deram deram merupakan kue khas dari Pulau Penyengat yaitu sebuah pulau kecil di kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Kue ini juga sangat cocok dijadikan oleh oleh makanan Kepulauan Riau sebab bisa tahan dalam waktu cukup lama. Konon dikatakan jika ini merupakan cemilan Kesultanan Melayu sehingga juga banyak diburu para pelancong sebagai buah tangan.

Kue deram deram ini memiliki bentuk mungil, bulat dan bolong di bagian tengahnya seperti donat yang terbuat dari tepung beras dan gula merah. Anda bisa menemukan kue ini dengan mudah di toko oleh oleh Kepulauan Riau secara mudah dan tentunya terjangkau.

Leave a Comment