Oleh Oleh Khas Bengkulu

Oleh Oleh Khas Bengkulu – Provinsi Bengkulu yang terletak di Pulau Sumatera sangat terkenal dengan bunga bangkai dan juga bunga kibut. Bagi anda yang berencana untuk mengunjungi Bengkulu dan bingung oleh oleh apa saja yang khas dari Bengkulu untuk dibawa kembali sesudah liburan, berikut ini akan kami berikan berbagai oleh oleh khas Bengkulu yang sangat nikmat dan unik sebagai tambahan referensi anda.

Daftar Nama, Toko dan Harga Oleh Oleh Khas Bengkulu

  1. Manisan Terong

oleh oleh khas bengkulu

Manisan terong menjadi salah satu oleh oleh khas Bengkulu yang banyak diburu para wisatawan. Makanan ini dianggap sangat unik sebab seperti yang kita ketahui, manisan umumnya terbuat dari buah seperti salah, nanas, kedondong dan buah lainnya. Akan tetapi, masyarakat Bengkulu lebih memilih terong ini sebagai bahan dasar membuat manisan.

Dari segi rasa, manisan terong ini tentunya manis dan teksturnya sangat legit. Selain unik, oleh oleh Bengkulu ini juga sangat terjangkau yakni sekitar 15 ribu saja sehingga semakin disukai para wisatawan untuk dijadikan buah tangan ketika berkunjung ke daerah ini.

  1. Lemang Tapai

oleh oleh khas bengkulu

Lemang tapai adalah makanan Bengkulu yang juga sering dijadikan oleh oleh khas dari Bengkulu para wisatawan yang sedang berkunjung. Kudapan nikmat ini terbuat dari beras ketan yang dimasak bersama santan dan garam. Sesudah itu, adonan akan dimasukkan dalam bambu dalam keadaan terbungkus daun pisang sehingga akan menghasilkan aroma yang sangat khas.

Ketika lemang ini matang, maka biasanya akan dikonsumsi masyarakat Bengkulu bersama dengan tapai ketan hitam yang sangat cocok dijadikan oleh oleh.

  1. Sirup Kalamansi

oleh oleh bengkulu

Tidak hanya menjadi oleh oleh dari Bengkulu, namun sirup kalamansi ini juga sudah terkenal hingga ke mancanegara. Jeruk kalamansi atau citrus microcarpa sendiri merupakan tanaman suku jeruk yang sudah dikembangkan hingga ke wilayah Asia Tenggara khususnya Filipina.

Baca Juga:   Oleh Oleh Kalimantan Barat

Minuman nikmat ini sangat segar, bisa dikonsumsi kapan saja dan kaya akan nutrisi sehingga bisa melancarkan sirkulasi darah dan menguatkan tulang sekaligus cocok dijadikan oleh oleh.

  1. Kue Tat

oleh oleh bengkulu

Kue tat yang juga sering disebut dengan juada bay tat ini juga menjadi salah satu oleh oleh khas Bengkulu. Anda bisa membeli kue ini dalam berbagai bentuk seperti bulat, bentuk daun dan juga petak. Meski kue ini seperti tart, akan tetapi dilihat dari bentuknya terlihat seperti pie dengan topping nanas yang semakin melengkapi kenikmatan kue yang satu ini. Kue tat khas Bengkulu ini terbuat dari campuran tepung terigu, santan dan juga telur yang konon dikatakan sebagai makanan khas Raja Bengkulu.

  1. Lempuk Durian

oleh oleh khas dari bengkulu

Oleh oleh Bengkulu selanjutnya adalah lempuk durian yakni penganan sejenis dodol dengan bahan dasar tepung gandum dan durian yang sangat legit untuk dinikmati. Lempuk durian ini memang sangat terkenal di Bengkulu mengingat Bengkulu sendiri merupakan daerah penghasil durian yang berlimpah.

Masyarakat Bengkulu awalnya membuat lempuk durian untuk mengawetkan buah durian supaya tidak busuk dan tetap bisa dikonsumsi jangka panjang. Namun sekarang, makanan ini sudah menjadi favorit banyak orang yang bisa anda dapatkan di Jalan Soekarno Hatta, Bengkulu.

  1. Perut Punai

oleh oleh khas dari bengkulu

Perut punai menjadi oleh oleh Bengkulu lainnya yang sangat unik. Kue ini dinamakan perut punai karena bentuknya menyerupai perut burung punai yang melilit dan melingkar.

Kue khas Bengkulu ini terbuat dari tepung terigu yang disangrai kemudian dicampur dengan bahan bahan lain untuk membentuk adonan. Oleh oleh dari Bengkulu ini bisa anda dapatkan dengan harga yang terjangkau yakni sekitar 10 ribu per bungkus di sepanjang toko oleh oleh jalan Soekarno Hatta, Bengkulu.

  1. Kerupuk Gurita

oleh oleh khas dari bengkulu

Kerupuk gurita juga menjadi oleh oleh Bengkulu yang unik dan tentunya sangat nikmat. Kerupuk ini diproduksi di Kabupaten Kaur, Bengkulu ini terbuat memang dari gurita yang berukuran kecil dan bisa anda beli dalam dua varian rasa yakni original dan juga pedas. Bagi anda yang ingin membeli kerupuk gurita ini, bisa datang ke pusat oleh oleh Bengkulu atau datang langsung ke Desa Jembatan Dua, Kecamatan Kaur Selatan yang menjadi tempat kerupuk gurita ini diproduksi.

  1. Ikan Kering JN

oleh oleh khas dari bengkulu

Selain kerupuk gurita, Bengkulu juga memiliki oleh oleh berbahan dasar hasil laut lainnya yakni Ikan Kering JN. Oleh oleh dari Bengkulu ini diproduksi di Kabupaten Bengkulu Tengah yang lokasinya hanya beberapa menit saja dari kota pusat Bengkulu.

Baca Juga:   Oleh Oleh Sumatera Selatan

Anda bisa berkunjung ke Jl. Sungai Hitam RT 12 No.23, Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah untuk mendapatkan Ikan Kering JN tersebut. Anda bisa memiliki variasi ikan kering seperti ikan teri Bengkulu dengan harga sekitar 15 ribu dan ikan teri putih dengan harga 20 ribu dalam kemasan 250 gram.

  1. Keripik Ikan Beledang

oleh oleh dari bengkulu

Keripik ikan beledang juga sangat cocok dijadikan oleh oleh Bengkulu yakni keripik yang terbuat dari ikan layur berbentuk panjang dan ramping. Olahan dari ikan ini merupakan kreasi Pelangi Food Bengkulu yang sangat renyah sekaligus gurih.

Untuk mendapatkan keripik ikan beledang ini, anda bisa mengunjungi gerai oleh oleh Kota Bengkulu atau bisa datang langsung ke tempat produksi di Jl. Nuri RT 5 No. 5, Kelurahan Kebun Gerand, Bengkulu.

  1. Kopi Naga Rantai

oleh oleh dari bengkulu

Jika anda penikmat kopi, jangan lewatkan oleh oleh khas Bengkulu Kopi Naga Rantai yang diproduksi di Kabupaten Kaur lebih tepatnya Desa Naga Rantai, Kecamatan Padang Guci Hulu.

Kopi ini terbuat dari biji kopi pilihan dengan aroma khas yang merupakan produksi Koperasi Produsen Cahaya Sejahtera Lestari dan menjadi salah satu oleh oleh wajib ketika anda berkunjung ke Bengkulu.

  1. Gula Semut Aren

oleh oleh khas bengkulu

Gula semut aren menjadi oleh oleh dari Bengkulu berikutnya yang harus anda beli. Gula herbal yang bisa dikonsumsi penderita gula darah ini sering juga digunakan sebagai bahan baku membuat kue, dodol dan juga minuman yang bisa anda beli dalam berbagai ukuran termasuk kemasan sachet.

Gula semut aren ini diproses dengan dua cara yakni manual dan juga menggunakan mesin. Untuk harganya sendiri hanya 6 ribu untuk kemasan 100 gram hingga 35 ribu untuk kemasan 1 kilogram. Untuk mendapatkan gula semut aren ini, anda bisa mengunjungi pusat oleh oleh Bengkulu atau datang langsung ke Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong tempat produksi gula semut aren tersebut.

  1. Pisang Salai

oleh oleh bengkulu

Pisang Salai menjadi oleh oleh khas Bengkulu selanjutnya yang diproduksi oleh Koperasi Sahabat Kita, Desa Pondok Kubang, Kecamatan Pondok Kubang, Bengkulu Tengah. Pisang salai rasa coklat ini juga banyak diburu wisatawan karena rasanya yang nikmat dan harganya yang terjangkau untuk dijadikan oleh oleh saat datang ke Bengkulu.

  1. Kue Lepek Biniti

oleh oleh bengkulu

Kue Lepek Biniti menjadi oleh oleh Bengkulu yang juga harus anda bawa pulang. Kue yang memiliki rasa manis dan legit ini terbuat dari tepung ketan, santan, lengkuas dan juga daun salam yang kemudian dibentuk menjadi adonan dan dibungkus dengan daun pisang. Selain nikmat, kue tradisional Bengkulu ini juga bisa anda dapatkan dengan mudah di pedagang keliling daerah Bengkulu.

  1. Jagung Marning

oleh oleh bengkulu

Makanan dan kudapan khas Bengkulu memang sangat beragam dan masing masingnya memiliki keistimewaan tersendiri seperti jagung marning yang juga harus masuk ke daftar oleh oleh khas Bengkulu anda. Jagung marning adalah jagung pipil yang direbus kemudian dijemur dan digoreng ketika sudah kering. Anda bisa memilih banyak varian rasa jagung marning dari mulai asin hingga manis.

Baca Juga:   Oleh Oleh Kalimantan Timur

Leave a Comment