Oleh Oleh Kalimantan Selatan

Oleh Oleh Kalimantan Selatan – Jika berbicara tentang Kalimantan Selatan, maka salah satu area yang sangat terkenal dan wajib dikunjungi adalah Banjarmasin yang merupakan ibukota dari Kalimantan Selatan dimana disekitarnya dikelilingi dengan aliran Sungai Barito dan Sungai Martapura. Salah satu hal yang sangat menarik adalah pasang terapung tempat pedagang dan pembeli melakukan transaksi memakai jukung atau perahu. Selain memiliki destinasi wisata yang sangat mengagumkan, Kalimantan Selatan juga memiliki berbagai makanan khas yang cocok dijadikan oleh oleh ketika anda berkunjung ke provinsi ini. Lalu, apa sajakah oleh oleh nikmat yang bisa anda bawa dari Kalimantan Selatan?, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Daftar Nama Oleh Oleh Kalimantan Selatan

  1. Rabuk Ikan

oleh oleh Kalimantan Tengah

Seperti namanya, oleh oleh Kalimantan Selatan ini menggunakan bahan dasar ikan haruan yang sangat terkenal di Banjarmasin. Ikan ini dibentuk menjadi abon yang sudah ditambahkan dengan bumbu khas dan bisa didapatkan di pusat toko oleh oleh Kalimantan Selatan atau juga didapatkan ketika anda berkunjung ke Banjarmasin.

  1. Wadai Banjar

oleh oleh Kalimantan Tengah

Wadai banjar atau sering disebut juga dengan bingka adalah oleh oleh khas Kalimantan Selatan yang memiliki rasa manis dan tekstur legit berbentuk bunga. Kue ini cocok dijadikan oleh oleh karena bisa tahan hingga 3 hari meski tanpa pengawet dalam pembuatannya. Harga wadai banjar ini juga sangat terjangkau yakni sekitar 25 ribu hingga 30 ribu saja dengan rasa original, pandan atau labu ukuran sedang.

  1. Sambal Acan Raja Banjar

oleh oleh khas Kalimantan Tengah

Sambal Acan Raja Banjar atau disingkat dengan ARB juga harus masuk dalam daftar oleh oleh dari Kalimantan Selatan. Sambal ini sudah dikemas botol sehingga sangat praktis untuk anda bawa pulang. Ada banyak pilihan rasa sambal yang bisa anda pilih seperti rasa mangga, rasa terong asam, rasa limau dan juga rasa rimania. Perpaduan pedas dari cabai, buah buahan dan juga bumbu dalam sambal ini bisa anda dapatkan di toko oleh oleh Kalimantan Selatan dengan harga terjangkau yakni sekitar 18 ribu per botol.

  1. Kue Rangai

oleh oleh khas Kalimantan Tengah

Kue rangai merupakan penganan manis gurih yang menjadi kue wajib dalam acara adat Kalimantan Selatan khususnya Banjarmasin. Kue yang terbuat dari tepung sagu bertabur kelapa ini sangat cocok dijadikan oleh oleh Kalimantan Selatan karena bisa tahan hingga 3 bulan dan sudah dikemas sehingga lebih praktis. Anda bisa membeli kue rangai khas Kalimantan Selatan ini dengan harga 35 ribu untuk setiap bungkusnya.

  1. Dodol Kandangan

oleh oleh Kalimantan Tengah dan harganya

Oleh oleh khas Kalimantan Selatan berikutnya adalah dodol kandangan. Untuk bahan dodol ini memang serupa dengan dodol lainnya yakni beras ketan dan gula aren. Dodol kandangan ini bisa anda dapatkan dari mulai 3 ribu hingga 10 ribu tergantung dari ukuran yang bisa tahan hingga beberapa hari.

  1. Kue Lam

oleh oleh Kalimantan Tengah dan harganya

Kue lam merupakan jajan khas Kota Barabai dekat Banjarmasin yang memiliki bentuk berlapis lapis dan memiliki rasa manis. Kue ini terbuat dari 8 butir telur bebek utuh dan 2 kuning telur bebek sehingga tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Kue lam ini terdiri dari 2 jenis yakni dikukus dan juga dipanggang yang sangat cocok dijadikan oleh oleh.

  • Kue Lam Syarifah: Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan
  • Banjar Lam Cake: Banjarmasin Utara, Kalimantan Selatan
  • Toko Kue Lam Farah: Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.
  1. Bingka Barandam

oleh oleh Kalimantan Tengah

Meski banyak kue bingka di berbagai wilayah Indonesia, namun oleh oleh makanan Kalimantan Selatan ini dihidangkan dengan cara yang berbeda yakni air gula sehingga bingka akan terendam dengan kuah yang biasanya dihidangkan ketika Lebaran. Kue ini bisa anda temukan dengan mudah di Kalimantan Selatan seperti Banjarmasin dan Banjarbaru.

Baca Juga:   Oleh Oleh Sumatera Utara

Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur bebek, gula dan campuran bahan lain yang dipanggang dalam oven hingga mengembang dan teksturnya seperti souffle namun padat seperti spongy. Jika anda ingin membeli kue ini sebagai oleh oleh, maka akan dikemas secara terpisah bersama kuahnya agar lebih awet.

  1. Mandai

 

oleh oleh kalimantan tengah

Mandai merupakan makanan khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari kulit cempedak yang disebut dengan tiwadak oleh penduduk setempat. Makanan ini membutuhkan proses pengawetan dengan garam dan ditutup rapat sehingga semakin lama pengawetan, maka rasa asam yang dihasilkan juga semakin nikmat cocok dijadikan oleh oleh Kalimantan Selatan. Manday ini biasanya diolah dengan cara digoreng, digulai atau dibakar yang ditambah dengan rempah rempah sehingga semakin nikmat.

  1. Ipau

oleh oleh khas kalimantan tengah

Ipau merupakan makanan khas Kalimantan Selatan yang biasa disebut sebagai pizza atau lasagna Banjar. Bentuk penganan ini bundar dan ditaburi daging pada bagian atas permukaan kue. Biasanya, kue ini dibuat dalam 2 jenis yakni ipau kering dan ipau siram. Kue ini tidak hanya nikmat namun juga memiliki bentuk yang unik sehingga cocok dijadikan oleh oleh ketika anda berkunjung ke Kalimantan Selatan.

  1. Keripik Kelakai

oleh oleh khas kalimantan tengah

Kelakai adalah tumbuhan khas yang tumbuh di daerah Kalimantan Selatan. Kelakai ini memiliki banyak kandungan gizi seperti alkaloid, flavonoid, fenol dan juga steroid serta zat besi dan mineral. Keripik kelakai ini sangat cocok dijadikan oleh oleh dari Kalimantan Selatan yang bisa anda beli dengan harga terjangkau mulai dari 5 ribu hingga 12 ribu untuk setiap bungkusnya tergantung dari ukuran.

  1. Ikan Seluang

oleh oleh dari kalimantan tengah

Ikan seluang juga menjadi oleh oleh khas Kalimantan Selatan khususnya Banjarbaru yang sangat digemari para wisatawan. Ikan goreng ini memiliki ukuran yang kecil dengan rasa gurih dan renyah sehingga cocok dijadikan buah tangan ketika berkunjung ke Kalimantan Selatan. Ikan seluang sebetulnya sama dengan ikan wader yang dikenal masyarakat Jawa. Akan tetapi, untuk cara penyajiannya berbeda yakni digoreng kering memakai tepung. Anda bisa mendapatkan ikan seluang ini dengan mudah di pusat toko oleh oleh Kalimantan Selatan dengan harga yang terjangkau.

  1. Brownies Labu

oleh oleh dari kalimantan tengah

Brownies labu juga cocok dijadikan oleh oleh Kalimantan Selatan yang sedang populer saat ini. Tekstur brownies yang lembut sekaligus manis namun tidak berlebihan menjadi keistimewaan dari brownies labu khas Kalimantan Selatan lebih tepatnya Banjarmasin. Selain brownies labu, anda juga bisa membeli varian brownies lainnya seperti brownies labu berry, brownies labu chocolate chips, brownies cheese bite dan masih banyak lagi dengan harga 35 ribu per kotak.

  1. Kerupuk Ikan Air Tawar

oleh oleh dari kalimantan tengah

Penganan khas Kalimantan Selatan selanjutnya yang cocok dijadikan oleh oleh adalah kerupuk ikan air tawar. Anda bisa membeli kerupuk ikan air tawar dan beberapa jenis kerupuk lainnya seperti belut, ikan gabus dan juga patin dengan harga 25 ribu per bungkus.

Baca Juga:   Oleh Oleh Khas Bali

Sementara untuk ikan sepat yang berukuran kecil dan besar juga dijual di toko oleh oleh Kalimantan Selatan yang bisa dibeli dengan harga 35 ribu sampai 40 ribu per bungkusnya.

  1. Kue Roko

oleh oleh dari kalimantan tengah

Kue roko atau juga biasa disebut dengan kue gapit memiliki bentuk seperti kue semprong dengan tekstur renyah dan rasa yang gurih. kue ini bisa anda beli sebagai oleh oleh khas Kalimantan Selatan dengan harga yang terjangkau antara 35 ribu hingga 50 ribu saja per bungkusnya yang tentu awet untuk anda bawa pulang.

Leave a Comment