Oleh Oleh Maluku

Kali ini kita akan membahas Oleh Oleh Maluku. Ada banyak pesona wisata yang bisa anda nikmati di Maluku dari mulai wisata budaya, wisata alam, kerajinan tangan sampai wisata kuliner. Ada banyak citarasa kuliner yang bisa anda nikmati ketika berkunjung ke Maluku seperti kudapan ikan laut, camilan ringan, kue dan masih banyak lagi. Bagi anda yang merencanakan trip ke Maluku, berikut beberapa oleh oleh Maluku yang wajib anda beli sebagai buah tangan.

Daftar Nama Oleh Oleh Maluku

  1. Kue Lapis Tidore

oleh oleh Maluku

Kue lapis tidore atau keik lapis kacang ini berbeda dengan kue lainnya karena selai yang digunakan di tiap lapisan kue merupakan selai kenari yang dijual dengan banyak bentuk unik dan tersedia juga beberapa rasa lainnya.

Kue lapis tidore ini juga bisa dijadikan oleh oleh Maluku karena bisa tahan antara 5 hingga 7 hari. Selain itu, anda juga bisa memilih varian rasa lain seperti kacang dan coklat yang menjadi penganan wajib ketika anda berkunjung ke Maluku Utara. Untuk harganya sendiri juga sangat terjangkau yakni sekitar 60 ribu per loyang yang sudah dikemas dengan baik sehingga tidak akan rusak ketika anda bawa pulang.

  • Jl. Kemakmuran Ling, Cobodoe, Tidore.
  1. Ikan Asar Galala

oleh oleh Maluku

Ikan asar juga menjadi oleh oleh khas Maluku yang wajib anda beli karena rasa dari ikan ini yang sangat khas dan nikmat. Oleh oleh incaran para wisatawan ini merupakan ikan asap yang diberi berbagai rempah sehingga juga memberikan kenikmatan yang luar biasa. Anda bisa membeli ikan asar ini di daerah Jembatan merah Putih dengan harga antara 50 ribu hingga 100 ribu.

Ikan asar ini terbuat dari ikan tongkol yang dibelah menjadi dua dan diasap hingga kering. Makanan khas Maluku ini sangat awet karena sudah diasapi dan cocok dijadikan salah satu oleh oleh untuk kerabat.

  1. Rujak Natsepa

oleh oleh Maluku

Pantai Natsepa adalah pantai berpasir putih yang halus dan menjadi salah satu tujuan para wisatawan ketika berkunjung ke Maluku. Ketika anda berkunjung ke Pantai Natsepa, ada banyak warung yang menjual rujak segar dengan harga 10 ribu per porsi.

Baca Juga:   Oleh Oleh Khas Jambi

Rujak Natsepa ini sangat berbeda karena menggunakan gula merah asli dan buah tomi tomi. Gula aren yang berwarna gelap akan dicampur dengan buah tomi tomi yang berwarna merah dan cita rasa asam yang hanya bisa ditemukan di Ambon, Maluku yang harus anda beli sebagai oleh oleh.

  1. Roti Kering Kenari

oleh oleh khas Maluku

Roti kering kenari yang juga cocok dijadikan oleh oleh khas Maluku merupakan penganan dengan bentuk seperti lembaran roti tawar yang ditaburi dengan kacang kenari dan gula. Tekstur roti yang kering, renyah dan ditambah dengan taburan kacang kenari membuat penganan ini cukup awet untuk dijadikan oleh oleh dengan rasa yang nikmat. Anda bisa membeli roti kering kenari ini dengan harga terjangkau sekitar 42 ribu.

  • Istana Roti Ambon: Jl. Sultan Hasanuddin, Kota Ambon.
  1. Ampas Tarigu

oleh oleh khas Maluku

Ampas terigu adalah salah satu oleh oleh makanan khas Maluku sejenis roti yang diproduksi rumahan. Ampas terigu ini biasa dikonsumsi masyarakat Maluku setiap sore hari untuk teman minum teh.

Ampas terigu ini terbuat dari adonan tepung terigu, gula merah, kelapa parut, kayu manis dan beberapa bahan lainnya yang memiliki rasa unik dan harus anda beli sebagai oleh oleh.

  1. Sagu Serut

oleh oleh khas Maluku

Masyarakat Maluku memiliki makanan pokok berupa sagu. Sagu tersebut kemudian diolah menjadi berbagai penganan nikmat dan salah satunya adalah sagu serut yakni sejenis kue seperti roti kecil berbentuk memanjang. Kue sagu serut ini terbuat dari sagu yang dicampur dengan jahe atau kayu manis sehingga memiliki rasa rempah kuat yang pas dijadikan sebagai oleh oleh dari Maluku.

  1. Gogos

oleh oleh dari Maluku

Gosos merupakan jajanan khas Maluku yang terlihat mirip dengan lemper di Pulau Jawa. Hal yang membedakan gogos dengan lemper adalah bagian isinya yang tidak menggunakan ayam suwir namun menggunakan ikan asar khas Maluku sehingga rasanya lebih gurih. Selain itu, gogos ini juga akan dibakar dahulu sebelum disajikan sehingga aroma bakaran dari kue ini semakin menggoda selera yang tepat dijadikan oleh oleh Maluku.

  1. Sagu Lempeng

oleh oleh dari Maluku

Sagu lempeng merupakan makanan khas Maluku yang dibuat dengan cara dibakar dalam cetakan yang terbuat dari batu atau tanah liat bernama forna. Pada awalnya, sagu lempeng ini dibuat berwarna coklat namun sekarang ada banyak variasi lainnya sehingga lebih menarik. Sagu lempeng ini juga sangat awet sehingga cocok dijadikan oleh oleh dari Maluku.

  1. Kue Bagea

oleh oleh dari Maluku

Jika anda berkunjung ke Maluku Utara, jangan lupa untuk membawa oleh oleh makanan Maluku yang terbuat dari sagu yakni bagea. Kue bagea ini bisa anda beli dengan varian rasa kenari atau kacang. Untuk bagea kenari harganya lebih mahal yakni sekitar 20 ribu.

Baca Juga:   Oleh Oleh Nusa Tenggara Timur

Kue dengan tekstur keras ini biasanya dijual dalam bentuk bulat berwarna coklat pucat yang terbuat dari tepung sagu, minyak sayur, gula halus, cincangan kenari dan masih banyak lagi. Tambahan kayu manis bubuk dan cengkeh bubuk menambah kekhasan kue ini sehingga tidak heran jika diburu para wisatawan.

  1. Kue Bobengka

oleh oleh dari Maluku

Selain Manado, Maluku juga memiliki kue khas bernama bobengka. Kue ini terbuat dari kelapa, gula aren kenari, santan, air kelapa, bubuk kayu manis, adas bubuk, margarin dan beberapa bahan lainnya. Kue ini sangat tepat dijadikan sebagai oleh oleh dari Maluku dengan harga terjangkau yang bisa tahan selama beberapa hari.

  1. Halua Kenari

oleh oleh dari Maluku

Halua kenari merupakan camilan khas Maluku Utara yang juga terkenal di Manado. Seperti namanya, camilan ini terbuat dari kenari dan juga gula merah sehingga terasa sangat legit. Kacang kenari yang digunakan untuk membuat halua kenari ini diambil langsung dari Makian, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku. Untuk anda yang ingin membeli oleh oleh Maluku ini bisa dibeli dengan harga sekitar 40 ribu.

  1. Nasi Pulut Srikaya

oleh oleh Maluku

Nasi pulut srikaya atau nasi pulut unti biasanya dijadikan menu sarapan masyarakat Maluku. Oleh oleh dari Maluku ini terbuat dari beras ketan yang dikukus dan dimasak bersama santan. Berbagai bahan lain juga digunakan dalam pembuatan kue ini seperti unti parutan kelapa yang dicampur dengan gula merah dan pandan dengan rasa manis gurih serta berbau harum pandan yang bisa anda dapatkan dengan harga terjangkau di toko oleh oleh Maluku.

  1. Pisang Coe

oleh oleh Maluku

Pisang coe merupakan oleh oleh khas Maluku lebih tepatnya dari ternate. Pisang coe atau biasa disebut dengan talam pisang ini sangat terkenal dan tidak hanya disukai masyarakat Maluku namun juga disukai para wisatawan.

Baca Juga:   Oleh Oleh Sulawesi Selatan

Jika dilihat, kue ini terlihat hampir serupa dengan nagarasari yang biasanya menggunakan pisang ambon atau pisang kepok. Sedangkan bahan bahan lain yang digunakan adalah tepung beras, santan, gula dan beberapa bahan lainnya. Bagi anda yang ingin membeli kue nikmat ini bisa didapatkan dengan mudah di berbagai toko oleh oleh Maluku dengan harga terjangkau.

  1. Kue Namu Namu

oleh oleh Maluku

Jika Manado terkenal dengan panada dan pastel untuk masyarakat Jawa, maka Maluku juga memiliki penganan yang hampir serupa yakni kue namu namu. Kue ini harus masuk dalam daftar oleh oleh Maluku anda karena kue ini diisi dengan ikan cakalang yang sudah diberi berbagai bumbu sehingga sangat nikmat untuk dijadikan oleh oleh. Kue namu namu ini bisa anda beli dalam kemasan satuan atau per kotak dengan harga terjangkau dan bisa awet selama beberapa hari.

Leave a Comment