Oleh Oleh Sumatera Barat

Oleh Oleh Sumatera Barat – Jika berbicara tentang Sumatera Barat, maka pasti langsung terbayang makanan yang sudah dinobatkan menjadi salah satu makanan terenak di dunia yakni rendang. Namun ternyata, tidak hanya rendang, nasi padang dan sate padang saja yang menjadi makanan nikmat sekaligus terkenal dari daerah ini, namun cemilan juga menjadi salah satu keistimewaan Sumatera Barat khususnya yang bercita rasa manis, pedas dan juga gurih. Untuk anda yang ingin berkunjung ke provinsi ini, maka sempatkan juga untuk membeli oleh oleh Sumatera Barat yang kami rekomendasikan di bawah ini.

Daftar Nama Sumatera Barat

  1. Karupuak Sanjai

Oleh Oleh Sumatera Barat

Karupuak sanjai khas Sumatera Barat terbagi menjadi tiga jenis yakni tawar tanpa bumbu berwarna putih, asin dengan warna kuning dan yang berbumbu pedas disebut dengan karupuak sanjai. Cemilan ini dinamakan sanjai karena warga yang tinggal di sekitar jalan Sanjai rata rata memang berprofesi sebagai penghasil keripik singkong dan menjadi asal muasal terciptanya penganan ini.

Oleh oleh Sumatera Barat ini sudah ada sekitar tahun 1970-an yang kemudian semakin berkembang sekarang ini sehingga menghasilkan banyak bentuk lain seperti stik dan kerupuk bumbu cabai kering.

  1. Karak Kaliang

Oleh Oleh Sumatera Barat

Oleh oleh khas Sumatera Barat berbentuk angka delapan, berwarna gurih dan memiliki rasa gurih dan tekstur renyah ini juga sangat cocok dijadikan buah tangan ketika anda berkunjung ke provinsi ini. Karak kaliang adalah makanan dari Minangkabau jenis kerupuk tradisional berbahan ubi yang sangat mudah ditemukan ketika anda berkunjung ke Sumatera Barat. Untuk harganya sendiri juga bervariasi tergantung dari ukuran dan kemasan.

  • Alamat: Kabupaten Agam, Sumatera Barat.
  1. Sala Lauak

Oleh Oleh Sumatera Barat

Sala lauak adalah sejenis goreng khas Pariaman yang juga cocok dijadikan sebagai oleh oleh dari Sumatera Barat. Makanan ini berbentuk bulat yang sekilas juga mirip dengan comro dari Jawa Barat. Sala lauak ini tidak diisi oncom seperti comro namun diisi dengan teri dan juga udang yang sudah dihaluskan dengan tekstur luar yang sangat renyah namun lembut di bagian dalam.

Baca Juga:   Oleh Oleh Nusa Tenggara Timur

Meski sala lauak ini berbentuk bulat, namun ada juga masyarakat yang membuat bentuk sala lauak tidak beraturan namun tetap dengan rasa yang sama. Sala lauak ini bisa anda temukan dengan mudah di gerobak pinggir jalan di Sumatera Barat sampai di rumah makan dengan harga sangat terjangkau dari mulai Rp.500 hingga seribu.

  1. Galamai

Oleh Oleh Sumatera Barat

Galamai merupakan makanan khas Payakumbuh yang terbuat dari tepung beras ketan dicampur dengan beberapa bahan lain seperti gula aren dan juga santan. Oleh oleh makanan Sumatera Barat ini serupa dengan dodol atau jenang.

Galamai ini biasanya hadir dalam acara pesta pernikahan dan pesta adat namun juga bisa anda dapatkan di toko oleh oleh yang sudah dikemas dengan rapi seharga 100 ribu per kilogram atau juga bisa dibeli dalam kemasan kecil kecil.

  1. Kipang Kacang

Oleh Oleh khas Sumatera Barat

Kipang kacang merupakan cemilan nikmat yang bisa ditemukan di daerah Bukittinggi. Kipang kacang ini terbuat dari kacang tanah dan gula merah yang hampir serupa dengan noga atau ampang. Masyarakat Tanah Datar dan Balingka juga sering mengkonsumsi penganan ini untuk teman minum kopi atau teh yang cocok dijadikan oleh oleh Sumatera Barat.

Jika dulu, kipang kacang ini dikemas dalam bungkus plastik yang dilapisi kembali dengan daun pisan kering serta kertas putih. Namun untuk sekarang, kipang kacang hanya dibungkus dengan plastik dan dikemas dalam kotak dengan cita rasa manis, renyah sekaligus gurih.

  1. Bika

Oleh Oleh khas Sumatera Barat

Bika panggang merupakan kuliner khas Padang dan Sumatera Barat pada umumnya yang terbuat dari adonan tepung beras, air, kelapa parut dan gula pasir yang kemudian dicetak berbentuk bulat dan dilapisi dengan daun baru. Adonan bika tersebut nantinya akan dipanggang dalam oven sekitar 15 hingga 30 menit dengan rasa dominan manis sekaligus gurih dari parutan kelapa.

Baca Juga:   Oleh Oleh Sulawesi Tengah

Bika ini sangat cocok dijadikan oleh oleh khas Sumatera Barat yang bisa dibeli dengan harga terjangkau yakni Rp.1.500 per buah yang juga awet untuk dibawa bepergian.

  1. Arai Pinang

Oleh Oleh khas Sumatera Barat

Arai pinang merupakan makanan khas Sumatera Barat yang dulunya masih dibuat memakai cetakan alami dari bunga pohon pinang sehingga bentuknya akan terlihat bulat pipih dengan tekstur permukaan yang bergaris. Arai pinang ini terbuat dari campuran beras sangrai dengan santan, garam dan juga sedikit kapur sirih untuk menambah tekstur renyah. Ketika dicetak, nantinya adonan akan diolesi dengan minyak kelapa sehingga akan menambah keharuman khas dari oleh oleh khas Sumatera Barat. Cemilan ini juga bisa didapatkan dengan harga terjangkau yakni hanya sekitar 20 ribu per kemasan.

  1. Bareh Rendang

Oleh Oleh dari Sumatera Barat

Kabu Gadang, Payakumbuh, Sumatera Barat menjadi penghasil bareh randang terbesar yang merupakan penganan terbuat dari beras ketan putih yang dicampur dengan gula dan santan kental. Santan dan gula nantinya akan dibuat menjadi karamel. Perpaduan dari gula karamel dan tepung beras ketan putih membuat oleh oleh dari Sumatera Barat terasa sangat manis, lembut sekaligus gurih.

  1. Rakik Maco

Oleh Oleh dari Sumatera Barat

Rakik maco adalah penganan sejenis peyek namun tidak menggunakan kacang melainkan ikan maco yakni sejenis ikan laut kecil yang membuat rakik maco ini terasa lebih nikmat dibandingkan dengan rempeyek biasa.

Oleh oleh khas Sumatera Barat ini terbuat dari campuran tepung beras, telur, ikan maco serta berbagai bumbu lain yang biasanya banyak dijual di tempat wisata Sumatera Barat khususnya pinggir pantai yang dijual dengan harga seribu per buah. Sedangkan untuk satu bungkus rakik maco bisa dibeli sebagai oleh oleh dengan harga sekitar 15 ribu.

  1. Pinyaram

Oleh Oleh dari Sumatera Barat

Pinyaram merupakan penganan khas Sumatera Barat yang terbuat dari campuran gula aren, tepung beras putih atau hitam dan juga santan kelapa yang digoreng memakai kuali sekaligus cetakan. Pinyaram ini sangat cocok dijadikan oleh oleh khas Sumatera Barat yang bisa dipilih yakni pinyaram beras putih dan juga pinyaram beras hitam dengan rasa durian, pisang dan original.

Baca Juga:   Oleh Oleh Jawa Tengah

Kue ini biasanya disuguhkan untuk acara Maulid Nabi Muhammad SAW, lebaran dan hari hari penting lainnya seperti pernikahan. Penganan khas Sumatera Barat ini memiliki tekstur agak liat di bagian tepi namun lembut di bagian tengahnya dengan rasa manis gurih yang sangat tepat dijadikan oleh oleh.

  1. Pensi

Oleh Oleh dari Sumatera Barat

Pensi adalah sejenis kerang air tawar seperti danau yang berukuran sangat kecil dengan cangkang berwarna hitam agak kekuningan. Pensi yang ditangkap para nelayan menggunakan tangguak ini kemudian diolah dengan berbagai bumbu pedas gurih yang sangat cocok dijadikan oleh oleh makanan Sumatera Barat.

Pensi yang sudah matang kemudian akan diberi bumbu seperti lengkuas, cabai, seledri, bawang merah goreng dan berbagai bumbu lain kemudian dikemas dalam plastik kecil yang tidak hanya nikmat namun juga padat akan gizi.

  1. Pisang Kapik

Oleh Oleh dari Sumatera Barat

Seperti namanya, pisang kapit merupakan pisang kepok yang dibakar diatas batu arang dari tempurung kelapa dengan cara dikepit dengan alat pengepit sehingga dinamakan dengan pisang kepit. Pisang nantinya akan diberikan parutan kelapa dan gula merah cair sehingga tercipta kombinasi rasa manis asam, sedikit sepat, legit dan aroma bakaran arang yang sangat cocok dijadikan oleh oleh Sumatera Barat dan bisa awet hingga 2 hari.

Leave a Comment