Oleh Oleh Sulawesi Utara

Oleh Oleh Sulawesi Utara – Sulawesi Utara merupakan provinsi yang ada di ujung utara Pulau Sulawesi dengan ibu kota Manado. Sulawesi Utara dihuni oleh banyak suku seperti Suku Minahasa, Suku Bolaang Mongondow, Suku Sangihe, Suku Talaud, Suku Siau dan beberapa suku lainnya. Sulawesi Utara memiliki sumber daya alam yang sangat berlimpah seperti kayu, kopi, kelapa, cengkeh, durian, ikan, rempah rempah dan lain sebagainya. Karena kekayaan alam inilah, maka ada juga begitu banyak kuliner khas Sulawesi Utara yang cocok untuk lidah orang Indonesia dan beberapa diantaranya bisa dijadikan oleh oleh seperti yang akan kami ulas berikut ini.

Daftar Nama Oleh Oleh Sulawesi Utara

  1. Klappertaart

Oleh Oleh Sulawesi Utara

Klappertaart sebenarnya merupakan kue khas dari Belanda yang kemudian diberikan sentuhan Indonesia. Cake kelapa ini terbuat dari campuran tepung, kelapa muda, susu, gula, margarin, air kelapa dan beberapa bahan lainnya yang biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Tidak hanya masyarakat Sulawesi Utara yang sangat menyukai kue ini, namun banyak wisatawan yang selalu memburu kue ini untuk dijadikan oleh oleh Sulawesi Utara.

Meski menggunakan bahan dasar kelapa, namun klappertaart ini bisa bertahan hingga 12 jam asal dibungkus dengan wadah yang rapat dan disimpan untuk suhu dingin. Sedangkan jika ingin dibawa pulang, maka ketika sampai di rumah, segera masukkan ke lemari es agar lebih awet. Untuk harganya sendiri juga sangat bervariasi tergantung dari ukuran dan bahan yang digunakan yakni dari mulai 15 ribu hingga 60 ribu.

  1. Halua Kenari

Oleh Oleh Sulawesi Utara

Halua kenari juga menjadi oleh oleh khas Sulawesi Utara. Kacang kenari nantinya akan dilapisi dengan gula merah yang sudah dicairkan yang bisa ditemukan dengan mudah di toko oleh oleh dengan harga dari mulai 10 ribu hingga 15 ribu tergantung dari ukuran. Halua kenari ini juga sangat awet sehingga bisa anda bawa pulang ke rumah sebagai oleh oleh.

  1. Panada

Oleh Oleh Sulawesi Utara

Panada menjadi makanan populer kedua sesudah klappertaart yang sering dijadikan oleh oleh dari Sulawesi Utara. Kue ini sebetulnya bukan berasal dari Indonesia namun menjadi makanan peninggalan bangsa Portugis ketika datang ke Minahasa beberapa abad yang lalu. Panada sendiri memiliki arti empanada yakni isian makanan berupa ikan yang kemudian dibungkus roti.

Baca Juga:   Oleh Oleh Sulawesi Selatan

Panada memiliki bentuk seperti pastel namun tekstur kulitnya seperti roti dan diisi dengan ikan cakalang bumbu panpis. Bumbu panpis adalah ikan cakalang yang dimasak dengan beberapa bumbu seperti daun jeruk, kemangi, cabe merah dan beberapa bahan lain yang bisa anda beli dengan harga terjangkau sekitar 3 ribu per buah.

  1. Pala Manis

Oleh Oleh Sulawesi Utara

Penganan khas Sulawesi Utara selanjutnya adalah pala manis yang bahkan sudah diekspor ke Malaysia. Pala manis ini memiliki tampilan yang berbeda dengan manisan pala. Buah pala nantinya akan dicampur dengan cairan gula sehingga teksturnya terlihat lebih bersih dan mengkilap.

Anda bisa membawa pala manis ini sebagai oleh oleh Sulawesi Utara dengan harga sekitar 40 ribu per bungkus di berbagai toko oleh oleh dan juga di Bandara Sam Ratulangi atau Pelabuhan Bitung.

  1. Kacang Goyang

Oleh Oleh khas Sulawesi Utara

Camilan kacang goyang ini biasanya selalu ada di berbagai acara Sulawesi Utara. Kacang goyang ini merupakan kacang atom yang dilumuri dengan lapisan gula warna warni dan prosesnya dibuat dengan cara digoyang goyang.

Kacang goyang ini bisa anda temukan dengan mudah di Kotamobagu dengan varian rasa berbeda seperti coklat van houten dan beberapa rasa lainnya dengan harga antara 10 ribu hingga 25 ribu.

  1. Dodol Amurang

Oleh Oleh khas Sulawesi Utara

Tidak hanya Garut yang terkenal dengan dodol, namun Sulawesi Utara juga memiliki dodol yang sangat khas bernama dodol amurang. Oleh oleh dari Sulawesi Utara ini terbuat dari campuran gula aren, beras ketan, minyak kelapa murni, kacang dan juga kayu manis. Semua bahan nantinya akan dicampur menjadi satu dan dibungkus dengan daun kelapa kemudian dikukus dengan panas 120 derajat celcius. Untuk mendapatkan dodol amurang ini bisa anda beli dengan harga antara 500 hingga 5 ribu tergantung dari ukuran.

  1. Cakalang Fufu

Oleh Oleh khas Sulawesi Utara

Cakalang fufu terbuat dari ikan cakalang yang kemudian diasapi. Proses pengasapan tersebut disebut dengan fufu sehingga penganan ini diberi nama cakalang fufu. Ikan cakalang ini bisa banyak ditemui di Pelabuhan Nelayan Bitung yang kemudian diawetkan oleh warga menjadi cakalang fufu.

Baca Juga:   Oleh Oleh Yogyakarta

Sebelum diasapi, oleh oleh makanan Sulawesi Utara ini akan dibersihkan dan dibuang sisiknya kemudian dibelah menjadi dua dan diberi bumbu. Proses pengasapan ikan dilakukan sekitar 4 jam dan harganya sendiri bervariasi tergantung dari ukuran ikan. Biasanya, cakalang fufu dijual dengan harga antara 35 ribu hingga 65 ribu.

  1. Sambal Roa

Oleh Oleh khas Sulawesi Utara

Sambal roa yang sangat nikmat ini sudah terkenal di seluruh wilayah Indonesia sehingga harus masuk dalam daftar oleh oleh Sulawesi Utara. Sambal roa ini terbuat dari ikan roa yang sudah diasapi lalu dihaluskan dan dimasak bersama bumbu dan minyak yang sangat cocok jika disantap bersama nasi.

Selain itu, masyarakat biasa menyantap sambal roa ini bersama dengan bubur manado yang bisa awet hingga 6 bulan dalam suhu ruangan dan bisa tahan hingga 1 tahun jika disimpan dalam lemari es. Untuk harganya sendiri juga bervariasi dari 55 ribu hingga 65 ribu.

  1. Payangka

Oleh Oleh dari Sulawesi Utara

Oleh oleh dari Sulawesi Utara berikutnya yang bisa anda bawa pulang adalah payangka. Payangka ini hanya bisa anda temukan di Danau Tondano yang sangat nikmat jika digoreng. Ikan ini memiliki rasa gurih dan manis yang biasanya diolah dengan bumbu woku.

  1. Kue Gulung

Oleh Oleh dari Sulawesi Utara

Kue gulung merupakan camilan Sulawesi Utara yang memiliki bentuk seperti kue semprong dari Karawang. Kue gulung ini berasal dari Kepulauan Sangihe dan Talaud dengan rasa gurih dan renyah yang terbuat dari tepung sagu.

Oleh oleh khas Sulawesi Utara ini memiliki warna dominan coklat karena diolah dengan cara dipanggang dalam oven. Proses penggulungan adonan dilakukan sebelum adonan dimasukkan dalam oven ini sangat mudah ditemui di pusat oleh oleh Manado dengan harga yang terjangkau.

  1. Kue Bangket

Oleh Oleh dari Sulawesi Utara

Kue bangket berasal dari Kepulauan Talaud yang terbuat dari tepung sagu. Kue ini pertama kali dibuat di Desa Rainis, Kecamatan Rainis, Kabupaten Kepulauan Talaud yang juga cocok dijadikan oleh oleh dari Sulawesi Utara.

Baca Juga:   Oleh Oleh Jawa Timur

Kue ini sudah dikonsumsi secara luas di Sulawesi Utara hingga ke Manado sehingga sangat mudah ditemukan di toko oleh oleh dengan harga mulai dari 15 hingga 25 ribu.

  1. Pisang Goroho

Oleh Oleh dari Sulawesi Utara

Mungkin, nama pisang goroho ini tidak begitu populer jika dibandingkan dengan pisang ambon atau pisang raja. Akan tetapi, buah yang tumbuh di daerah Sulawesi Utara ini memiliki rasa unik yang harus anda cicipi. Dari hasil penelitian dikatakan jika pisang goroho mengandung indeks glikemik yang rendah sehingga bisa dikonsumsi penderita diabetes sehingga banyak diburu para wisatawan.

Biasanya, pisang goroho ini akan dipotong tipis tipis dan digoreng kemudian dikonsumsi bersama sambal roa. Pisang ini bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah, namun rasanya akan bertambah unik ketika sudah digoreng yang cocok dijadikan oleh oleh khas Sulawesi Utara.

  1. Kue Lampu Lampu

Oleh Oleh dari Sulawesi Utara

Pada awalnya, kue lampu lampu ini biasa disajikan masyarakat Manado sebagai takjil ketika bulan puasa karena dipercaya bisa menambah daya tahan tubuh selama berpuasa yang juga sangat nikmat jika disajikan bersama dengan kolak kacang hijau.

Kue lampu lampu terbuat dari campuran tepung terigu, tepung beras, gula merah dan santan kemudian dikukus dengan cita rasa yang khas berbeda dengan kue basah pada umumnya.

Leave a Comment