Oleh Oleh Sulawesi Tenggara

Oleh Oleh Sulawesi Tenggara – Sulawesi Tenggara yang memiliki ibu kota Kendari menyimpan begitu banyak keindahan alam yang eksotis. Salah satu keindahan Sulawesi Tenggara yang sudah terkenal hingga ke mancanegara adalah Wakatobi dengan keindahan pantai dan alam bawah laut yang sangat memukau. Selain itu, Buton dan Kolaka juga menyimpan begitu banyak area wisata dan tentunya makanan yang sangat nikmat. Berbicara tentang makanan khas, Sulawesi Tenggara terkenal dengan keunikan rasa, bentuk dan pengolahan makanan yang banyak dipengaruhi dari Sulawesi Selatan dan Maluku. Agar lebih jelas, berikut kami berikan beberapa referensi makanan yang sangat cocok dijadikan oleh oleh Sulawesi Tenggara ketika anda berkunjung ke provinsi ini.

Daftar Nama Oleh Oleh Sulawesi Tenggara

  1. Lapa Lapa

Oleh Oleh Sulawesi Tenggara

Lapa lapa merupakan makanan khas Sulawesi Tenggara lebih tepatnya dari Buton. Penganan ini memiliki rasa gurih dan menjadi kue tradisional yang biasanya dihidangkan ketika bulan Ramadhan. Masyarakat setempat biasa mengkonsumsi penganan ini bersama dengan ikan asin yakni ikan kaholenarore yang sangat tepat dijadikan oleh oleh Sulawesi Tenggara.

  1. Sate Gogos Pokea

 

Oleh Oleh Sulawesi Tenggara

Tidak seperti sate lain yang terbuat dari daging ayam, kambing atau sapi, oleh oleh makanan Sulawesi Tenggara ini terbuat dari kerang yang bisa anda temui di Pohara, Kabupaten Konawe. Pokea sendiri merupakan nama lokal dari kerang yang biasanya disajikan tanpa bumbu dan sesudah direbus langsung ditusuk bambu atau terkadang juga dibuat menjadi bumbu bacem yang manis dan bumbu yang agak pedas.

  1. Kasoami

Oleh Oleh Sulawesi Tenggara

Kasoami merupakan makanan khas Sultra berbahan dasar singkong atau ubi. Namun, singkong yang digunakan dalam makanan ini bukanlah merupakan singkong yang biasa kita makan namun jika direbus atau digoreng maka bisa beracun. Untuk itu, ubi atau singkong ini melewati beberapa proses pengolahan sebelum dibuat menjadi kasoami.

Baca Juga:   Oleh Oleh Khas Banten

Singkong ini bisa diolah dengan mudah tanpa proses fermentasi yang terlalu lama. Oleh oleh khas Sulawesi Tenggara biasanya dikonsumsi dengan ikan kuah, ikan asin, ikan bakar atau ikan perende tergantung dari selera. Untuk mendapatkan kasoami ini bisa dibeli di pasar tradisional kota Kendari seperti Pasar Korem.

  1. Kabuto

Oleh Oleh Sulawesi Tenggara

Kabuto merupakan makanan dari Kabupaten Muna dan Buton berbahan dasar singkong atau ubi. Sebelum digunakan, ubi tersebut akan dibersihkan dan didiamkan hingga berjamur kemudian didiamkan kembali hingga mengering untuk menambah rasa dan aroma dari makanan ini. Tekstur makanan ini kenyal dan ada juga yang memiliki tekstur seperti kue kering yang juga cocok dijadikan oleh oleh dari Sulawesi Tenggara.

  1. Bagea Kacang Mete

Oleh Oleh khas Sulawesi Tenggara

Bagea kacang mete adalah cemilan dari Sulawesi Tenggara yang terbuat dari tepung sagu berbentuk lonjong. Sulawesi Tenggara yang menjadi penghasil kacang mete ini kemudian dibuat menjadi bahan campuran kue bagea yang membuat oleh oleh Sulawesi Tenggara ini memiliki rasa sangat lezat dan gurih.

  1. Brownte

Oleh Oleh khas Sulawesi Tenggara

Brownte ini juga harus masuk dalam daftar oleh oleh dari Sulawesi Tenggara khususnya Kendari. Seperti yang sudah kami jelaskan jika Sulawesi Tenggara menjadi daerah penghasil kacang mete sehingga ada begitu banyak olahan berbahan dasar kacang mete yang bisa anda nikmati seperti salah satunya adalah brownte atau brownies kacang mete.

Selain rasa original, ada beberapa varian rasa dari Brownte lain yang bisa anda beli untuk dijadikan oleh oleh seperti green tea, vanilla cheese dan juga red velvet. Selain brownies, anda juga bisa membeli berbagai jenis kue lain seperti roti kasur, bolu gulung, bolu tuban coklat, Brownte birthday cake, cup cakes, marble zebra, roti manis dan berbagai kue lain yang semuanya menggunakan bahan dasar kacang mete.

Baca Juga:   Oleh Oleh Jawa Tengah

Meski terlihat mewah dan berbahan dasar berkualitas, namun harga Brownte juga ramah di kantong yakni sekitar 75 ribu untuk Brownte ukuran besar. Sedangkan untuk penganan lain seperti roti manis dihargai 10 ribu dan untuk roti berat seperti bolu atau birthday cake dihargai dari mulai 70 ribu sampai 90 ribu.

  1. Coklat Mete

Oleh Oleh khas Sulawesi Tenggara

Oleh oleh khas Sulawesi Tenggara berikutnya adalah coklat mete yang terbuat dari campuran coklat dan kacang mete dengan cita rasa sangat nikmat. Untuk membeli coklat mete ini bisa anda beli di Athifah dengan banyak varian rasa dan tentunya harga yang terjangkau.

  1. Tombole

Oleh Oleh khas Sulawesi Tenggara

Tombole merupakan merupakan makanan unik dari Sulawesi Tenggara yang diolah dengan cara dibakar di atas batu panas yang disebut dengan hebatu. Proses pembuatan penganan ini juga membutuhkan waktu yang lama. Anda bisa langsung mengunjungi Wakatobi untuk melihat proses pembuatannya sekaligus membeli tombole ini sebagai oleh oleh dari Sulawesi Tenggara.

  1. Kukure

Oleh Oleh khas Sulawesi Tenggara

Kukure merupakan makanan khas Wakatobi, Sulawesi Tenggara yang terbuat dari bulu babi hewan perairan tepi pantai. Selain memiliki kandungan nutrisi tinggi, oleh oleh Sulawesi Tenggara ini juga membutuhkan keahlian khusus ketika akan diolah. Jika dilakukan sembarangan, maka duri yang ada pada bulu babi tersebut bisa menyebabkan luka.

Seluruh isi dan daging dari bulu babi di dalam cangkang akan dibersihkan kemudian dikukus atau dibakar dengan api kecil dan biasanya akan langsung disajikan.

  1. Kambewe

 

Oleh Oleh dari Sulawesi Tenggara

Kambewe menjadi menu utama dari masyarakat Kepulauan Buton, Sulawesi Tenggara yang terbuat dari jagung mudah dicampur dengan gula merah dan juga kelapa. Jagung nantinya akan diparut kemudian dicampur dengan gula merah dan kelapa parut kemudian akan dicetak dengan kulit jagung. Untuk mendapatkan oleh oleh dari Sulawesi Tenggara ini bisa anda beli dengan harga 5 ribu untuk empat buah kambewe yang biasanya disantap dengan sambal dan juga kuah ikan.

  1. Onde Onde

Oleh Oleh dari Sulawesi Tenggara

Meski hampir semua daerah mengenal kue onde onde, namun onde onde Sulawesi Tenggara berbeda dengan yang biasanya. Onde onde yang biasa kita temui biasanya ditaburi dengan wijen, namun onde onde dari Sulawesi Tenggara ini memiliki taburan kelapa parut. Penganan ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan bahan lain dan adonan akan diisi dengan gula merah.

Baca Juga:   Oleh Oleh Sulawesi Selatan

Oleh oleh Sulawesi Tenggara ini bisa anda dapatkan di Jl. Sao Sao No.238, Bende, Kadia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

  1. Pisjo Cake

Oleh Oleh dari Sulawesi Tenggara

Jika anda sedang berkunjung ke Sulawesi Tenggara lebih tepatnya Kendari, maka Pisjo Cake ini sangat direkomendasikan untuk anda beli sebagai oleh oleh Sulawesi Tenggara. Ada banyak pilihan rasa Pisjo Cake yang bisa anda pilih seperti talas, keju, coklat, mente, merah putih dan red velvet yang bisa anda beli dengan harga sekitar 70 ribu.

Pisjo Cake ini menyediakan berbagai macam bentuk kue dan untuk pilihan original adalah sponge cake dengan buah pisang berbalut adonan berwarna hijau di bagian dalam, pastry dan topping pada bagian atasnya. Selain itu, ada varian rasa lain yang bisa anda beli di Pisjo Cake seperti Pisjo Cake Cheese dengan parutan banyak keju di permukaannya, pisjo cake mente yakni sponge cake dengan pisang ijo di bagian dalam dibungkus dengan puff pastry tipis serta topping mente, Pisjo Cake coklat dan masih banyak lagi yang lainya.

Leave a Comment