Oleh Oleh Kepulauan Bangka Belitung

Oleh Oleh Kepulauan Bangka Belitung – Kepulauan Bangka Belitung atau biasa disingkat dengan sebutan Babel ini sangat kaya dengan kuliner khas yang masih populer hingga sekarang. Umumnya, makanan dari Kepulauan Bangka Belitung ini terbuat dari bahan baku ikan dan juga produk laut lainnya sebab Kepulauan Bangka Belitung posisinya memang sangat dekat dengan laut. Namun meski begitu, tidak hanya produk laut saja yang menjadi makanan khas Kepulauan Bangka Belitung, namun ada hasil perkebunan yang semuanya sangat cocok dijadikan oleh oleh Kepulauan Bangka Belitung seperti beberapa yang paling kami rekomendasikan berikut ini.

Daftar Nama Oleh Oleh Kepulauan Bangka Belitung

  1. Pletek

oleh oleh Kepulauan Bangka Belitung

Oleh oleh khas Kepulauan Bangka Belitung pertama adalah pletek sejenis makanan ringan. Cemilan pletek ini sejenis dengan kerupuk yang memiliki tekstur renyah, berwarna putih, memiliki rasa gurih dan bentuk lonjong kecil kecil yang terbuat dari bahan baku ikan tenggiri asli ditambah dengan berbagai bahan lain serta bumbu seperti garam dan merica.

  1. Getas

oleh oleh Kepulauan Bangka Belitung

Hampir mirip dengan pletek, oleh oleh khas Kepulauan Bangka Belitung bernama getas ini berasal dari Pulau Bangka yang juga menjadi oleh oleh wajib para wisatawan berbahan dasar ikan tenggiri.

Getas atau biasa disebut masyarakat Bangka dengan kretek ini memiliki rasa yang sangat gurih meski tidak diberi tambahan penyedap rasa. Tekstur renyah dari makanan ini bisa disantap langsung sebagai jajanan atau juga bisa dijadikan teman makan hidangan berkuah atau ketika makan nasi bahkan cocok disantap bersama pempek. Sebagai tips tambahan, sebaiknya anda membeli getas dari daerah Belinyu karena sudah terkenal berkualitas dan lebih nikmat agar anda tidak menyesal.

  1. Kue Rintak

oleh oleh Kepulauan Bangka Belitung

Kue ini yang terbuat dari bahan dasar tepung sagu juga tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjung ke Kepulauan Bangka Belitung. Karena terbuat dari tepung sagu, kue ini juga biasa disebut dengan kue sagu yang cocok dijadikan oleh oleh dari Kepulauan Bangka Belitung.

Baca Juga:   Oleh Oleh Nusa Tenggara Timur

Kue rintak memiliki rasa yang manis dan tekstur lembut namun renyah yang bisa anda beli dengan mudah di pusat oleh oleh daerah Bangka dan Belitung dengan harga yang sangat terjangkau sekaligus awet.

  1. Teri Krispi

oleh oleh Kepulauan Bangka Belitung

Seperti yang kita ketahui, Kepulauan Bangka Belitung sangat kaya dengan penganan terbuat dari makanan laut seperti salah satunya ikan teri yang diolah masyarakat Desa Sijuk menjadi teri krispi. Camilan ini sudah menjadi makanan sehari hari masyarakat disana sehingga sangat mudah anda temukan untuk dijadikan oleh oleh makanan Kepulauan Bangka Belitung.

Anda bisa memilih beberapa varian rasa teri krispi untuk oleh oleh seperti rasa original, keju, balado dan beberapa rasa lainnya.

  1. Kemplang

oleh oleh khas Kepulauan Bangka Belitung

Kemplang yang merupakan camilan khas ini juga cocok dijadikan oleh oleh Kepulauan Bangka Belitung yang selalu laris manis diborong para pelancong. Kemplang merupakan cemilan sejenis kerupuk dengan bahan dasar ikan tenggiri asli yang tentu berbeda dengan kerupuk lainnya.

Bahkan, aroma kerupuk kemplang ini bisa tercium langsung ketika kemasannya dibuka. Anda bisa memilih varian rasa lain selain ikan tenggiri yakni udang atau cumi cumi. kerupuk berbentuk bulat pipih ini sangat cocok dikonsumsi langsung atau bersama sambal terasi pedas manis khas Bangka yang juga bisa anda dapatkan dalam satu plastik kemasan kemplang.

  1. Kecalo

oleh oleh khas Kepulauan Bangka Belitung

Kecalo merupakan makanan yang terbuat dari udang rebon fermentasi. Kepulauan Bangka Belitung memang juga terkenal dengan berbagai hasil fermentasi seperti sambal rusip, belacan dan juga kecalo ini.

Kecalo atau biasa disebut dengan calo ini hampir sama dengan belacan sebab biasa dijadikan bumbu tambahan dalam sambal atau sebagai cocolan lalapan dengan aroma menyengat yang sangat khas. Makanan yang terbuat dari udang rebon pilihan dan garam sehingga memiliki rasa asin ini juga sangat cocok dijadikan oleh oleh khas Kepulauan Bangka Belitung yang bisa awet cukup lama.

  1. Siput Gong Gong

oleh oleh khas Kepulauan Bangka Belitung

Siput gong gong merupakan makanan khas Kepulauan Bangka Belitung yang berbeda dengan siput lainnya. Siput ini merupakan siput laut yang bisa anda temukan dengan mudah ketika berkunjung ke Tanjungpinang.

Baca Juga:   Oleh Oleh Khas Aceh

Makanan ini biasa diolah masyarakat sekitar dengan cara direbus dan dihidangkan bersama saus sambal. Untuk menemukan oleh oleh ini, anda bisa berkunjung ke sekitar laut Bintan, Tanjungpinang dengan harga yang tentunya terjangkau.

  1. Kericu

oleh oleh khas Kepulauan Bangka Belitung

Satu lagi camilan khas yang sangat cocok dijadikan oleh oleh khas Kepulauan Bangka Belitung bernama kericu. Jika dilihat, makanan ringan ini mirip dengan telur gabus yang sering disebut masyarakat sekitar dengan nama telur cumi cumi.

Yang membuat penganan ini nikmat, unik dan cocok dijadikan oleh oleh adalah karena memang terbuat dari telur cumi cumi akan telur sotong yang diproduksi masyarakat sekitar secara tradisional dan skala rumahan. Jika anda ingin membeli kericu sebagai oleh oleh, maka anda bisa berkunjung ke Belinyu, Pangkalpinang atau Sungailiat yang memang sering memproduksi cemilan khas tersebut.

  1. Bong Li Piang

oleh oleh dari Kepulauan Bangka Belitung

Meski terdengar seperti makanan khas Tiongkok, namun penganan ini sebenarnya merupakan makanan asli dari Pulau Bangka. Bong li piang merupakan kue yang dibuat pertama kali oleh Suku Hakka yang dulunya berasal dari Tiongkok dan bermigrasi secara besar ke wilayah selatan termasuk ke Pulau Bangka.

Oleh oleh Kepulauan Bangka Belitung ini merupakan perpaduan dua budaya yakni Tiongkok dan Indonesia yang terbuat dari tepung terigu, gula aren, santan dan juga nanas. Untuk teksturnya sendiri menyerupai kue bantal namun memiliki isi yakni selai nanas. Ada banyak variasi rasa lain kue ini yang semuanya sangat cocok dijadikan oleh oleh.

  1. Sambal Lingkung

oleh oleh dari Kepulauan Bangka Belitung

Sambal lingkung merupakan sambal khas Kepulauan Bangka Belitung yang sangat unik karena bentuknya tidak basah seperti tekstur sambal lainnya. Jika dilihat, sambal ini lebih menyerupai abon sehingga rasa dan cara pembuatannya tentu berbeda dengan sambal pada umumnya.

Baca Juga:   Oleh Oleh Nusa Tenggara Barat

Sambal ini terbuat dari bahan dasar ikan atau udang segar seperti ikan tenggiri dengan rasa yang sangat khas sehingga cocok dijadikan teman makan nasi dan lauk utama berwarna coklat agak kekuningan.

  1. Pempek Panggang

oleh oleh dari Kepulauan Bangka Belitung

Selain Palembang, Kepulauan Bangka Belitung juga memiliki kuliner serupa yakni pempek. Meski begitu, namun cara pengolahan oleh oleh dari Kepulauan Bangka Belitung ini tidak direbus atau digoreng seperti pempek Palembang akan tetapi dibakar atau dipanggang sehingga lebih unik.

Pempek panggang ini memiliki bentuk bulat agak berantakan dan ukurannya kecil. Pempek ini dimasak dengan cara dipanggang di atas bara api langsung kemudian bagian tengahnya akan dibelah dan diisi dengan baon ikan, kecap dan juga cabai hijau dan disajikan bersama dengan kuah cuka. Jika ingin dibawa sebagai oleh oleh, maka bisa dikemas secara terpisah dari kuahnya yang bisa anda temukan dengan mudah di pinggir jalan atau sekitar kota Pangkalpinang dan Sungailiat.

 

  1. Buah Asinan Kelubi

 

Asinan kelubi terbuat dari buah yang hanya ada di hutan Pulau Bangka dengan bentuk kecil seperti salak yang biasa disebut masyarakat setempat dengan buah kelubi yang juga cocok dijadikan oleh oleh khas Kepulauan Bangka Belitung.

 

Buah asinan kelubi ini bisa anda temukan dengan mudah di Kepulauan Bangka Belitung dengan harga sangat terjangkau antara 10 hingga 20 ribu untuk setiap kilogram-nya. Sedangkan untuk harga satuan bisa anda dapatkan dengan harga 250 Rupiah saja.

Leave a Comment