Oleh Oleh Kalimantan Utara

Oleh Oleh Kalimantan Utara – Indonesia memang menyimpan berbagai kekayaan dari mulai seni, budaya, keindahan alam, keanekaragaman hayati dan masih banyak lagi. Selain itu ketika anda berkunjung ke Kalimantan Utara, anda tidak hanya bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan namun juga ada banyak kuliner yang bisa anda nikmati. Masing masing daerah di Indonesia punyai ciri khas tersendiri dalam bidang kuliner termasuk juga Kalimantan Utara yang memiliki makanan tradisional dan cemilan khas yang harus anda cicipi dan beli ketika berkunjung ke daerah ini. Sebagai tambahan informasi, berikut akan kami berikan beberapa oleh oleh Kalimantan Utara paling populer untuk anda.

Daftar Nama Oleh Oleh Kalimantan Utara

  1. Kaltara Fried Crab

oleh oleh kalimantan utara

Kaltara fried crab merupakan oleh oleh Kalimantan Utara yang terbuat dari kepiting soka yakni jenis kepiting lunak yang bisa dikonsumsi bersama dengan cangkangnya. Untuk harga 1 pori kaltara fried chicken sebanyak 8 kepiting soka goreng tepung bercampur wijen ini bisa anda dapatkan dengan harga 90 ribu. Harga ini terbilang murah mengingat harga 1 kepiting soka mentah sendiri sudah sangat mahal.

Sebagai oleh oleh, umumnya kepiting soka ini akan digoreng setengah matang dan bisa digoreng kembali saat akan dikonsumsi sehingga tetap renyah. Kepiting setengah matang tersebut bisa tahan selama 24 jam dan anda bisa menyimpannya dalam freezer agar bisa lebih tahan lama sesudah sampai di rumah.

  1. Abon Kepiting Soka

oleh oleh kalimantan utara

Selain kaltara fried crab, oleh oleh dari Kalimantan Utara selanjutnya yang bisa anda bawa pulang adalah abon kepiting soka. Abon kepiting soka ini memiliki rasa yang berbeda dengan abon sapi, abon ayam atau abon ikan. Abon kepiting soka ini menjadi oleh oleh khas Tarakan yang sudah sangat terkenal karena rasanya yang nikmat dan tentunya gurih sehingga cocok dijadikan oleh oleh.

  1. Amplang Bandeng

oleh oleh kalimantan utara

Oleh oleh khas Kalimantan Utara selanjutnya adalah amplang bandeng yang masih menjadi makanan khas dari hasil laut. Kalimantan Utara khususnya tarakan memang sangat terkenal sebagai penghasil ikan terbesar salah satunya jenis ikan bandeng. Ikan bandeng tersebut kemudian diolah menjadi amplang bandeng yang sangat diminati para wisatawan ketika berkunjung ke Kalimantan Utara.

  1. Ikan Asin Pipih

oleh oleh khas kalimantan utara

Ikan asin pipih yang merupakan oleh oleh makanan Kalimantan Utara ini terbuat dari ikan pepija yakni jenis ikan duri lunak dan tidak keras seperti jenis ikan lainnya. Para wisatawan yang datang ke Kalimantan Utara biasanya membeli ikan asin pipih ini untuk dijadikan oleh oleh yang tidak hanya nikmat namun juga bisa menambah nafsu makan yang bisa anda dapatkan dengan harga terjangkau sekitar 25 ribu.

  1. Udang Kering

oleh oleh khas kalimantan utara

Kalimantan Utara khususnya tarakan juga memiliki oleh oleh Kalimantan Utara yang sangat khas berupa udang kering. Kenikmatan udang kering ini bahkan sudah diekspor ke luar negeri sehingga wajib anda beli ketika berkunjung ke Kalimantan Utara.

  1. Dodol Rumput Laut

oleh oleh khas kalimantan utara

Rumput laut yang merupakan jenis ganggang laut ini diolah menjadi dodol yang nikmat oleh masyarakat Kalimantan Utara khususnya Tarakan. Selain memiliki rasa yang nikmat, cemilan yang cocok dijadikan oleh oleh khas Kalimantan Utara ini juga tinggi akan nutrisi sehingga harus anda beli untuk dibagikan ketika pulang ke rumah.

  1. Sate Temburung

oleh oleh khas kalimantan utara

Temburung merupakan jenis hewan laut sejenis kerang namun memiliki perbedaan dengan kerang biasa karena cangkangnya berbentuk melingkar seperti terompet yang juga cocok dijadikan oleh oleh dari Kalimantan Utara. Makanan khas ini biasa diolah masyarakat menjadi sate dan biasa dinikmati ketika malam pergantian tahun baru. Ketika anda berkunjung ke Kalimantan Utara, jangan lupa untuk mencicipi kenikmatan sate temburung sekaligus juga dibawa pulang sebagai oleh oleh.

  1. Sate Ikan Pari

oleh oleh dari kalimantan utara

Selain sate temburung, sate ikan pari juga harus masuk dalam daftar oleh oleh Kalimantan Utara. Ikan pari ini banyak ditemukan di Sungai Sesayap yakni sungai induk bagian utara Kalimantan Timur.

Baca Juga:   Oleh Oleh Jawa Tengah

Sate ikan pari ini terbuat dari daging ikan pari tanpa kulit yang diberi bumbu rempah rempah khas dan dibakar. Menu sate ikan pari ini juga menjadi menu favorit para pelancong ketika berkunjung ke Kalimantan Utara sehingga harus anda coba.

  1. Lawa Mentimun

oleh oleh dari kalimantan utara

Jalan jalan di Kalimantan Utara juga tidak lengkap jika tidak mencicipi salah satu kuliner khas bernama lawa mentimun. Lawa mentimun ini merupakan makanan khas Kerajaan Bulungan salah satu Kerajaan daerah Kalimantan Utara yang terbuat dari timun atau rumput laut dan beberapa bahan lain seperti udang galah dan kelapa sangrai.

Makanan unik, sehat sekaligus nikmat ini sangat cocok dibawa sebagai oleh oleh dari Kalimantan Utara karena dikatakan bisa menurunkan kadar kolesterol dan juga tekanan darah tinggi.

  1. Kepah

oleh oleh dari kalimantan utara

Selain terkenal dengan hidangan kepiting soka, Kalimantan Utara juga terkenal dengan kuliner laut bernama kepah yang juga tepat dijadikan oleh oleh makanan Kalimantan Utara. Kapah menjadi makanan favorit masyarakat Tarakan yakni sejenis kerang laut yang banyak ditemukan di Tarakan khususnya area pantai berlumpur.

Kepah merupakan makanan yang tinggi akan protein dan biasanya dimasak masyarakat Kalimantan Utara dengan cara ditumis memakai rempah rempah dan jeruk nipis. Makanan ini bisa tahan selama beberapa hari sehingga bisa anda bawa pulang sebagai oleh oleh.

  1. Tudai

oleh oleh dari kalimantan utara

Selain kepah, ada satu lagi makanan khas Kalimantan Utara khususnya Tanjung Selor bernama tudai yang juga cocok dijadikan oleh oleh Kalimantan Utara. Tudai sendiri merupakan kerang yang memiliki daging tebal dan cangkang berwarna hitam serta jingga yang bisa banyak ditemukan di daerah Bulungan.

Tudai ini biasa disajikan dengan cara direbus dan juga dijadikan sambal goreng. Makanan tersebut biasa disajikan di acara pesta pernikahan dan bisa anda temukan di Tanjung Selor, Kalimantan Utara. Bagi anda yang ingin membawa oleh oleh tudai, sebaiknya pilih tudai yang dimasak sambal goreng agar lebih awet untuk dibawa pulang ke daerah asal anda. Sedangkan untuk yang direbus bisa anda nikmati langsung di tempat.

  1. Dodol Cempedak

oleh oleh dari kalimantan utara

Selain dodol rumput laut dan juga dodol lain, Kalimantan Utara juga terkenal dengan dodol cempedak dengan rasa manis seperti nangka. Dodol cempedak ini bisa anda temukan dengan mudah di toko oleh oleh di Kalimantan Utara.

  1. Nasi Subut

oleh oleh makanan kalimantan utara

Oleh oleh khas Kalimantan Utara selanjutnya yang bisa anda beli adalah nasi subut. Ini merupakan makanan khas Tana Tidung tradisional yang memiliki ciri ciri unik sebab tidak berwarna putih seperti nasi pada umumnya.

Baca Juga:   Oleh Oleh Lampung

Nasi subut ini memiliki warna ungu yang terbuat dari campuran nasi, jagung dan juga ubi jalar warna ungu sehingga warna ungu akan mendominasi hidangan ini. Dalam proses pembuatannya, beras akan ditanak seperti biasa dan ubi jalar yang sudah dipotong dadu kemudian dikukus atau direbus bersama pipilan jagung dan dicampur menjadi satu dan ditambahkan dengan berbagai bumbu.

Leave a Comment