Oleh Oleh Lampung

Oleh Oleh Lampung – Lampung menjadi salah satu destinasi populer ketika musim liburan datang baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Provinsi penghubung Pulau Jawa dan Sumatera ini tidak hanya memiliki wisata bahari yang sangat memukau, namun juga menyimpan berbagai kuliner khas yang sangat cocok dijadikan oleh oleh Lampung. Sebagai informasi, berikut akan kami berikan beberapa makanan dan cemilan khas Lampung yang cocok untuk dijadikan oleh oleh.

Daftar Nama Oleh Oleh Lampung

  1. Pie Pisang

oleh oleh Lampung

Jika biasanya pie memiliki tekstur garing di luar dan lembut di bagian dalam, maka berbeda dengan oleh oleh khas Lampung yang bisa disebut dengan pie susu pisang ini. Selain bentuknya unik yang menyerupai pisang, namun pie ini juga memang terbuat dari pisang yang sangat berlimpah.

Ada lima varian rasa pie pisang yang bisa anda pilih mulai dari original, oreo, coklat dan juga kacang almond serta keju yang bisa anda pilih sesuai selera. Tidak hanya nikmat dan memiliki bentuk berbeda dengan pie pada umumnya, namun anda bisa membeli penganan ini dengan harga sangat terjangkau yakni sekitar 8 ribu saja untuk pie berukuran kecil.

  • Alamat: Jl. Dahlia Rawa Laut, Jl. ZA Pagar Alam dan Jl, Jenderal Sudirman, Lampung.
  1. Bakso Sony

oleh oleh Lampung

Meski bakso sudah menjadi makanan umum yang bisa dengan mudah ditemukan di seluruh wilayah Indonesia, namun Bakso Sony ini menjadi camilan wajib sebagai oleh oleh khas Lampung. Penganan ini terbuat dari daging sapi urat pilihan dan sudah berlabel halal dari MUI.

Yang membuat bakso ini berbeda adalah bahan utamanya lebih banyak menggunakan daging dibandingkan tepungnya ditambah dengan bumbu yang sangat khas. Bakso juga sudah dikemas kedap udara sehingga lebih awet untuk dibawa sebagai oleh oleh. Anda 17 cabang Bakso Sony di area Lampung dan salah satunya bisa anda kunjungi di Jl. Wolter Monginsidi, Bandar Lampung.

Baca Juga:   Oleh Oleh Kepulauan Riau

Untuk mencicipi langsung Bakso Sony bisa anda beli per mangkok dengan harga 15 ribu isi 7 bakso urat halus ditambah mie bihun dan juga lemak. Sedangkan untuk oleh oleh, anda bisa membeli 1 kemasan seberat 1 kg isi 50 pcs dengan harga 85 ribu dan juga untuk bumbu seharga 10 ribu.

  1. Manisan Lampung

oleh oleh Lampung

Oleh oleh khas Lampung berupa manisan buah sangat terkenal dengan rasa yang sangat pedas dan tentunya manis. Ada begitu banyak jenis manisan Lampung yang sering dicari para wisatawan seperti manisan buah pala, manisan mangga, manisan salak dan berbagai jenis buah lainnya. Untuk harganya sendiri juga sangat terjangkau yakni sekitar 13 ribu per seperempat kilogram.

  • Toko Manisan Lampung 15: Jl. Ikan Kakap No.15.
  • Toko Manisan Sinar Fajar: Jl. P. Antasari No.25C.
  • Oleh Oleh Makanan Khas Lampung: Jl. Bumi Manti II, Kampung Baru, Kedaton.
  1. Lapis Legit

oleh oleh Lampung

Meski lapis legit sudah menjadi kue tradisional seluruh Indonesia, namun lapis legit Lampung ini cukup spesial dan satu loyang kue juga dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Hal ini dikarenakan karena penggunaan bahan bahan berkualitas seperti telur dalam jumlah yang sangat banyak dan beberapa bahan lainnya.

Kue lapis legit premium ini biasanya dihidangkan dalam beberapa acara tertentu seperti pernikahan yang bisa anda beli dari mulai 300 ribu hingga 800 ribu untuk setiap satu loyang atau seberat 350 gram yang memang 10 kali lipat dari harga lapis legit Surabaya.

  • Selera Rasa Lapis Legit: Kota Bandar Lampung, Lampung.
  • Lapis Legit 144: Kabupaten Pringsewu, Lampung.
  1. Dodol Pandan

oleh oleh khas Lampung

Oleh oleh dari Lampung ini cukup khas karena bahan bahan pembuat dodol ditambahkan dengan bahan lain yakni pandan sehingga warna dodol akan terlihat hijau namun tanpa pewarna makanan tambahan.

Baca Juga:   Oleh Oleh Sulawesi Tenggara

Selain itu, ukuran dodol ini juga berbeda dengan dodol pada umumnya karena lebih besar sekitar 2 hingga 3 kali lipat dari ukuran dodol pada umumnya. Sementara untuk harganya sendiri berkisar antara 20 ribu hingga 27 ribu. Jika anda ingin rasa lain, anda juga bisa membeli dodol coklat, dodol duren, dodol klasik dan juga beberapa rasa dodol lain sesuai selera.

  • Alamat: Jl. Bumi Manti 11, Kampung Baru, Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung.
  1. Kerupuk Cumi

oleh oleh khas Lampung

Salah satu toko oleh oleh khas Lampung yakni PD Kiki Bangka Food Bandar Lampung menjual salah satu oleh oleh khas Lampung yakni kerupuk cumi. Kerupuk ini terbuat dari bahan cumi segar asli sehingga rasanya akan berbeda dengan kerupuk cumi lainnya. Untuk kemasan 150 gram, anda bisa beli dengan harga sekitar 26 ribu yang sudah dikemas dengan baik sehingga cocok dijadikan buah tangan kerabat anda.

  1. Kopi Ulubelu

oleh oleh khas Lampung

Sebagai daerah penghasil kopi robusta populer, tentunya tidak pas rasanya jika anda tidak membeli oleh oleh khas Lampung Kopi Ulubelu. Kopi Ulubelu ini diambil dari daerah penghasil kopi yang terkenal dengan rasa asamnya yaki Kabupaten Tanggamus dan sudah sering diekspor ke luar negeri.

Beda kopi ini dengan kopi robusta lainnya adalah bentuk biji kopi yang lebih bulat dan aromanya seperti aroma coklat. Kopi ini juga sudah dikemas dengan sangat cantik sehingga cocok untuk dijadikan oleh oleh. Untuk kemasan 150 gram Kopi Ulubelu bisa anda beli dengan harga 25 ribu. Sedangkan untuk yang gold bisa anda beli dengan harga sekitar 40 ribu.

  • Alamat: Jl. W. R. Supratman No.42, kupang Teba, Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Lampung.
  1. Kopi Luwak

oleh oleh khas Lampung

Selain membeli kopi Ulubelu, oleh oleh khas Lampung lain yang bisa anda bawa pulang adalah kopi luwak. Untuk harga setiap 1 ons kopi premium arabica bisa anda beli dengan harga 250 ribu. Sedangkan untuk premium robusta bisa anda beli dengan harga lebih terjangkau yakni 25 ribu. Sementara untuk satu kilo bisa dibeli dengan harga mulai 500 ribu hingga 800 ribu.

  1. Kopi Durian Lampung

oleh oleh dari Lampung

Seperti namanya, kopi ini dibuat dengan penambahan ekstrak durian sehingga bisa menambah rasa dari kopi tersebut. Kopi Lampung asli dicampur dengan ekstrak durian asli ini sangat cocok dijadikan oleh oleh Lampung yang sudah dikemas foodgrade dan bisa anda dapatkan dengan harga 30 ribu berisi 5 sachet kemasan 1 gram. Sedangkan salah satu produsen kopi durian lampung asli yang bisa anda beli adalah kopi dari CV. Asnafala, Bandarjaya.

  1. Pempek Nori

oleh oleh dari Lampung

Selain Palembang yang terkenal dengan makanan khas pempek, Lampung juga terkenal dengan penganan pempek yakni salah satunya pempek Nori yang sangat berbeda sebab memiliki rasa keju. Pempek ini juga dibuat dari ikan tenggiri asli yang kemudian diisi dengan keju. Untuk harganya sendiri bisa anda beli sekitar 110 ribu untuk berbagai varian pempek. Sedangkan jika ingin lebih hemat, maka anda bisa membeli kemasan paket dengan isi 40 pcs dalam 1 kardus berisi 4 varian rasa pempek seperti keju, telur, adaan dan juga lenjer dengan harga 175 ribu.

  • Alamat: Jl. Ikan Kakap No.46, Pesawahan, Betung Selatan, Kota Bandar Lampung, Lampung.
Baca Juga:   Oleh Oleh Kalimantan Utara

Leave a Comment