Oleh Oleh Yogyakarta

Oleh Oleh Yogyakarta – Daerah Istimewa Yogyakarta  yang ada di Pulau Jawa ini menyimpan begitu banyak pesona wisata dari mulai candi seperti Candi Prambanan, Candi Kalasan dan sebagainya, wisata pantai seperti Parangtritis, Ngobaran, Gesing, Samas dan sebagainya, wisata alam seperti air terjun Sri Gethuk, Wanagama, Kaliadem dan berbagai wisata lain seperti Kebun Binatang Gembira Loka, Istana Air Taman Sari dan sebagainya. Yogyakarta juga sangat terkenal dengan berbagai kuliner nikmat dari mulai makanan, kue, minuman sampai cemilan. Bagi anda yang ingin berkunjung ke Yogyakarta dan ingin membeli beberapa oleh oleh khas, berikut kami berikan rekomendasinya untuk anda.

Daftar Nama Oleh Oleh Yogyakarta

  1. Bakpia Pathuk

Oleh Oleh Yogyakarta

Semua orang rasanya sudah mengenal oleh oleh Yogyakarta bernama bakpia berisi kacang hijau dan dibalut dengan tepung kemudian dipanggang. Selain diisi dengan kacang hijau, bakpia sekarang ini juga memiliki banyak macam isi seperti keju, coklat, kumba hitam dan masih banyak lagi.

Bakpia yang paling terkenal di daerah Yogyakarta diantaranya adalah bakpia pathuk 75 dan 25. Selain itu, beberapa tempat populer membeli bakpia lain yang juga sangat enak sekaligus terkenal adalah Bakpia Kurniasari di Jl. Terminal Lama, Umbuharjo, Yogyakarta dan juga Bakpia Pojok Bu Prapti di Jl. Monumen Jogja Kembali No.54, Karang jati, Yogyakarta.

  1. Yangko

Oleh Oleh Yogyakarta

Yangko merupakan penganan berbentuk kecil terbuat dari tepung ketan yang juga cocok dijadikan oleh oleh khas Yogyakarta. Yangko merupakan penganan khas Kotagede, Yogyakarta yang awalnya diisi dengan campuran kacang cincang dan gula. Akan tetapi untuk sekarang, ada banyak rasa baru yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen seperti rasa coklat, nangka, stroberi, durian dan juga melon.

Baca Juga:   Oleh Oleh Sulawesi Selatan

Meski terlihat sederhana, namun ternyata proses pembuatan yangko terbilang sulit dan butuh keterampilan dari mulai mencampur adonan dengan mesin pengaduk, membuat jenang untuk mengentalkan adonan, menipiskan hingga membungkus jenang tersebut. Untuk membeli jenang ini bisa banyak ditemui di Kotagede dan pusat oleh oleh Yogyakarta seperti kawasan Pathuk Jl. Gajahmada, Jl. Mataram dan area lainnya.

  1. Cenil

Oleh Oleh Yogyakarta

Cenil merupakan penganan manis bertabur kelapa yang dibuat dari tepung sagu atau pati singkong. Tekstur cenil umumnya kenyal berwarna warni seperti putih, merah dan hijau yang disajikan dengan gula pasir atau gula jawa cair cocok dijadikan sebagai oleh oleh dari Yogyakarta.

Di Yogyakarta sendiri, cenil sudah dibuat dari puluhan tahun yang lalu dan terkenal sebagai cemilan khas Yogyakarta. Anda bisa membeli cenil ini dengan harga terjangkau yakni sekitar Rp.2.500 yang biasanya dikemas dengan daun pisang.

  • Cenil Mbah Optik Yogya: Jl. Pangeran Diponegoro No.70.
  • Cenil Warna Yogya: Jl. Palagan Tentara Pelajar No.52.
  1. Geplak

Oleh Oleh Yogyakarta

Geplak merupakan makanan khas Yogyakarta yang dibuat dari campuran kelapa, gula, pewarna makanan dan juga aroma yang bervariasi. Oleh oleh dari Yogyakarta ini biasanya dibuat dengan warna cerah seperti pink, kuning dan hijau. Sedangkan untuk rasa juga sangat bervariasi seperti original, vanila, nangka, durian dan juga coklat.

Geplak ini bisa didapatkan dengan mudah di toko oleh oleh Yogyakarta seperti Toko Oleh Oleh Geplak Mbok Tumpuk Bantul yang sudah sangat terkenal di Yogyakarta dengan harga terjangkau.

  1. Coklat Monggo

Oleh Oleh Khas Yogyakarta

Tidak hanya negara negara terkenal seperti Swiss, Belgia, Inggris dan Perancis yang terkenal dengan oleh oleh coklat, namun daerah Yogyakarta juga memiliki coklat terkenal bernama Cokelat Monggo. Cokelat Monggo ini terbuat dari biji coklat pilihan Pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi oleh pria kebangsaan Belgia.

Meski dibuat oleh orang asing, akan tetapi oleh oleh khas Yogyakarta tetap menghadirkan budaya Jawa tidak hanya dari namanya namun juga sudah dikemas dengan unsur Jawa. Untuk membeli Cokelat Monggo ini bisa dibeli di Jl. Dalem KG III/978, Kotagede, Yogyakarta dan anda bisa sekaligus melihat langsung proses pembuatan coklat disana.

  1. Peyek Mbok Tumpuk

Oleh Oleh Khas Yogyakarta

Jika bosan dengan oleh oleh bakpia, peyek mbok tumpuk ini bisa anda beli dengan rasa yang nikmat sekaligus terjangkau. Oleh oleh dari Yogyakarta ini memiliki bentuk bertumpuk tak beraturan yang sangat berbeda dengan peyek pada umumnya dengan bentuk pipih dan tipis. Peyek ini juga menggunakan kacang lebih banyak dibandingkan tepung beras sehingga tidak perlu diragukan lagi kelezatannya.

Baca Juga:   Oleh Oleh Papua

Untuk mendapatkan peyek mbok tumpuk ini bisa langsung datang ke toko oleh oleh Geplak dan Peyek Mbok Tumpuk di Jl. KHA. Wahid Hasyim No.104, Bantul, Yogyakarta dengan harga sekitar 44 ribu per kilogram.

  1. Kue Adrem

Oleh Oleh Khas Yogyakarta

Kue adrem atau disebut juga dengan tholpit merupakan makanan tradisional khas Bantul, Yogyakarta yang terbuat dari tepung beras dan gula jawa kemudian digoreng. Oleh oleh khas Yogyakarta banyak diproduksi di pasar tradisional Bantul dan sekitarnya.

Adonan kue adrem yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut dan gula merah cair kemudian akan ditumbuk dan dicetak bulat lalu dipipihkan di atas daun pisang. Ketika sedang digoreng, kue ini dijepit dengan bambu sehingga terbentuk kue yang menjadi ciri khas dari kue adrem.

  1. Tasuba

Oleh Oleh Khas Yogyakarta

Tidak hanya terkenal sebagai oleh oleh khas Semarang, namun Yogyakarta juga memiliki tahu bakso yang tidak kalah nikmat bernama Tasuba. Tekstur tasuba ini lebih padat jika dibandingkan dengan tahu bakso lain dan bumbu lebih padat sekaligus proses produksi yang bersih dan higienis.

Tasuba juga dibuat tanpa bahan pengawet namun bisa tahan hingga 6 bulan yang cocok dijadikan oleh oleh makanan Yogyakarta dengan harga sekitar 32 ribu per kotak isi 5 hingga 10 buah tahu bakso. Untuk membeli tasuba ini, anda bisa datang langsung ke Jl. Laksda Adisucipto km 7.6, Yogyakarta.

  1. Belalang Goreng

Oleh Oleh Dari Yogyakarta

Oleh oleh Yogyakarta berikutnya khususnya Gunung Kidul memang terbilang unik seperti salah satunya belalang goreng atau walang goreng. Meski terlihat aneh, namun sebenarnya rasa dari belalang goreng ini sangat nikmat dan juga gurih.

Satu toples belalang goreng ini biasanya dijual dengan harga sekitar 12 ribu dan ada juga yang dijual dalam kemasan plastik dengan harga 6 ribu. Anda bisa membeli belalang goreng ini di toko oleh oleh sekitar Gunung Kidul dan juga Yogyakarta.

  1. Keripik Belut

Oleh Oleh Dari Yogyakarta

Oleh oleh khas Yogyakarta berikutnya yang harus anda beli adalah keripik belut yang renyah, gurih sekaligus tahan lama. Belut yang sudah dibuang tulangnya kemudian dibersihkan dan dibumbui dengan banyak bumbu seperti ketumbar, kemiri, bawang putih dan juga garam.

Baca Juga:   Oleh Oleh Khas Aceh

Belut yang sudah diberi bumbu tersebut kemudian dicampur kembali dengan adonan tepung beras, kanji dan santan dan digoreng kemudian dikemas. Untuk harganya sendiri juga beragam dari mulai 50 ribu hingga 60 ribu per kilogram.

  1. Jogja Scrummy

Oleh Oleh Dari Yogyakarta

Jogja Scrummy juga menjadi oleh oleh Yogyakarta yang tidak boleh lupa anda beli. Jogja Scrummy merupakan kue berlapis kombinasi dari puff pastry dengan brownies kukus. Sedangkan bagian bawah kue ini diberikan isian aneka rasa seperti coklat, keju, caramel, mangga, srikaya dan juga taro atau talas dan berbagai varian rasa lainnya. Anda bisa membeli Jogja Scrummy ini di berbagai outlet yang tersebar di daerah Yogyakarta untuk dijadikan oleh oleh.

  • Jl. Laksda Adisucipto 7,5, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Jl. Brigjen Katamso No.198, Keparakan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Leave a Comment