Oleh Oleh Kalimantan Timur

Oleh Oleh Kalimantan Timur – Berbeda dengan daerah lain di Pulau Kalimantan, Kalimantan Timur memiliki berbagai hidangan kuliner yang mendapatkan banyak pengaruh dari daerah lain termasuk juga luar negeri. Dengan ini, maka tercipta berbagai hidangan mulai dari makanan, kue, cemilan dan berbagai kuliner lain yang tidak hanya lezat namun juga unik. Bagi anda yang ingin berkunjung ke Kalimantan Timur, maka jangan lupa untuk membawa oleh oleh seperti yang akan kami ulas berikut ini.

Daftar Nama Oleh Oleh Kalimantan Timur

  1. Mantau

oleh oleh kalimantan timur

Meski mantau adalah makanan khas dari Tiongkok, akan tetapi oleh oleh Kalimantan Timur ini memiliki perbedaan dengan mantau asal Tiongkok. Mantau ini menjadi penganan yang sangat populer khususnya di daerah Balikpapan. Ada dua macam mantau yang bisa anda beli yakni goreng dan kukus dengan harga bervariasi mulai 2 ribu hingga 3 ribu.

Anda bisa menemukan camilan ini di pusat oleh oleh sepanjang Bandara Sepinggan yang berisi 8 buah setiap kotak ditambah dengan lauk pendamping seperti sapi lada hitam atau kepiting lada hitam sehingga lebih praktis dengan harga 60 ribu.

  1. Bontings

oleh oleh kalimantan timur

Bontings merupakan produk olahan dari kepiting seperti abon kepiting, stick kepiting, dolar kepiting da masih banyak lagi yang sangat cocok dijadikan oleh oleh dari Kalimantan Timur khususnya Balikpapan. Untuk membeli aneka produk Bontings, anda bisa datang langsung ke Jl. Cakalang RT 23, No.75, Manggar Baru, Balikpapan, Kalimantan Timur.

  • Abon kepiting rasa original dan rasa bumbu: Rp.25.000
  • Dendeng kepiting: Rp.47.000
  • Stick kepiting: Rp.10.000
  • Snack kepiting: Rp.24.000
  • Peyek kepiting:Rp.13.000
  • Dolar kepiting: Rp.18.500
  • Amplang kepiting: Rp.35.000
  • Paket Bintings campur: Rp.100.000.
  1. Onde Onde Ubi Ungu

oleh oleh kalimantan timur

Onde onde ubi ungu yang merupakan penganan unik asal Kalimantan Timur juga harus anda beli untuk oleh oleh. Salah satu penjual yang terkenal adalah Rumah kue Brownies dengan varian rasa seperti coklat, keju, kacang hijau dan juga ubi ungu. Onde onde bertabur wijen ini memiliki isian yang sangat tebal dan bisa anda beli dengan harga 4 ribu hingga 5 ribu per onde onde tergantung dari ukuran sebagai oleh oleh khas Kalimantan Timur.

  1. Bakpia

oleh oleh kalimantan timur

Tidak hanya Yogyakarta yang terkenal dengan bakpia, namun Kalimantan Timur khususnya Balikpapan juga memiliki penganan wajib sebagai oleh oleh khas Kalimantan Timur bernama bakpia. Ukuran bakpia Kalimantan Timur ini lebih besar dan rasanya tidak terlalu manis namun sedikit asin dan gurih.

Baca Juga:   Oleh Oleh Papua

Anda bisa membeli beberapa varian rasa bakpia seperti coklat, keju dan juga kacang hijau di Jl. Ahmad Yani yang jaraknya tidak terlalu jauh dari bandara.

  1. Ayam Cincane

oleh oleh khas kalimantan timur

Dulunya, makanan khas Kalimantan Timur ini hanya dihidangkan ketika acara penting seperti kelahiran dan pernikahan. Namun untuk sekarang, makanan nikmat ini juga tersedia di warung makan Kalimantan Timur yang bisa anda beli sebagai oleh oleh makanan Kalimantan Timur.

Penggunaan ayam kampung ditambah rempah rempah seperti kemiri, jahe, lengkuas dan lainnya kemudian dibakar atau digoreng membuat ayam ini sangat nikmat dan istimewa untuk dijadikan oleh oleh.

  1. Choco Borneo

oleh oleh khas kalimantan timur

Untuk anda penggemar coklat, Choco Borneo ini harus masuk dalam daftar belanja oleh oleh Kalimantan Timur yang terbuat dari coklat, susu bubuk, lempok durian dan berbagai bahan lainnya. Anda bisa membeli 2 produk Choco Borneo ini yakni coklat susu isi kacang mete dan juga coklat susu isi lempok durian yang bisa anda beli dengan harga terjangkau.

  1. Gula Gait

oleh oleh khas kalimantan timur

Gula gait merupakan permen yang sudah sejak lama ada di Kalimantan Timur khususnya daerah Kutai sebelum berbagai permen hadir di Indonesia. Permen legendaris yang cocok dijadikan oleh oleh khas Kalimantan Timur ini terbuat dari gula aren dan memiliki varian rasa seperti green tea, original, kacang dan juga wijen.

Jika dilihat, permen ini terlihat seperti batang kayu yang memiliki rasa manis khas dengan harga sangat terjangkau mulai dari 5 ribu tergantung dari ukuran dan varian rasa.

  1. Cake Batubara

oleh oleh dari kalimantan timur

Cake Batubara menjadi salah satu oleh oleh khas Kalimantan Timur yang sedang digemari dan paling laris saat ini. Cake Batubara ini dijual dengan harga sekitar 70 ribu. Kemasan cake ini juga terlihat sangat unik dan berbeda dari cake pada umumnya sebab terdapat gambar super dump truck bermuatan batubara.

Baca Juga:   Oleh Oleh Nusa Tenggara Timur

Topping berupa serutan coklat dengan tekstur cake yang sangat lembut dan mudah hancur ini menjadi ciri khas dari Cake Batubara yang jika dilihat sekilas memang tampak seperti batubara.

  1. Roti Durian Panglima

oleh oleh dari kalimantan timur

Untuk anda penggemar roti dan berbagai kue khususnya dengan citarasa durian, maka Roti Durian Panglima menjadi pilihan oleh oleh khas Kalimantan Timur yang harus anda kunjungi. Lokasi Roti Durian Panglima ini berada di Jl. Ir. H. juanda No.55, Sidodadi, Samarinda, Kalimantan Timur yang menjual berbagai kue dan roti nikmat.

Anda bisa membeli begitu banyak varian rasa dari Roti Durian Panglima ini seperti bolu gulung durian coklat atau keju, roti durian keju, kue elat sapi, roti bolu, donat panglima, brownies ganache dan masih banyak lagi hanya dengan harga sekitar 30 ribu saja untuk setiap kotak.

  1. Gagodoh

oleh oleh dari kalimantan timur

Gagodoh, gaguduh atau cakodok adalah kue khas dari Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan yang terbuat dari tepung terigu, gula dan beberapa bahan lainnya seperti pisang dan cempedak. Adonan yang digoreng ini menjadi penganan khas yang juga sangat cocok dijadikan oleh oleh khas Kalimantan Timur.

  1. Keminting

oleh oleh kalimantan timur

Kue keminting adalah camilan khas dari Kalimantan Timur yang terbuat dari tepung sagu, santan, gula jawa, tepung kanji dan beberapa bahan lainnya. Kue ini memiliki bentuk yang sangat unik menyerupai biji kemiri sehingga kue ini dinamakan keminting yang dalam bahasa Banjar berarti biji kemiri. Camilan renyah, nikmat dan sangat terjangkau ini bisa anda dapatkan di pusat oleh oleh Kalimantan Timur di Jl. P. Antasari No.1, Samarinda.

  1. Untuk Untuk

oleh oleh kalimantan timur

Untuk untuk merupakan makanan khas Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan yang terbuat dari campuran terigu, susu kental manis, kuning telur dan bahan lain yang dibentuk bulat dan diisi dengan kacang hijau atau kelapa. Kue ini bisa anda temukan dengan mudah di pasar tradisional, toko kue dan pusat oleh oleh Kalimantan Timur dengan harga yang sangat terjangkau dan cocok dijadikan sebagai oleh oleh makanan Kalimantan Timur.

  1. Madu Kasirat

oleh oleh kalimantan timur

Madu kasirat merupakan salah satu kue tradisional terkenal dari Kalimantan Timur yang sangat lezat dan hampir serupa dengan dodol namun tidak menggunakan santan dan diganti dengan kelapa parut. Untuk cara membuat oleh oleh khas Kalimantan Timur ini sama seperti ketika membuat dodol. Kue madu kasirat ini biasanya hadir dalam upacara tradisional dan juga acara pernikahan serta Lebaran. Namun kini, madu kasirat juga bisa anda beli untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh.

  1. Pepes Kepiting

oleh oleh kalimantan timur

Pepes kepiting merupakan salah satu makanan khas Kalimantan Timur dengan bahan utama berupa kepiting soka yang sudah dipisahkan dari cangkangnya. Kepiting nantinya akan diberi berbagai bumbu seperti cabai, serai, daun kemangi, kunyit dan sebagainya kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus sampai matang lalu dibakar di atas api. Makanan ini sangat cocok dijadikan oleh oleh Kalimantan Timur yang memiliki citarasa unik dan harga yang juga terjangkau.

  1. Sate Payau

oleh oleh kalimantan timur

Sate payau adalah makanan khas yang sangat terkenal di Kalimantan Timur. Sate payau ini terbuat dari daging rusa dengan tekstur lembut dan empuk jika dibandingkan dengan daging sapi. Sate rusa ini juga cukup awet sehingga bisa dijadikan oleh oleh khas Kalimantan Timur dengan harga yang juga terjangkau.

Baca Juga:   Oleh Oleh Sumatera Selatan

Leave a Comment