Oleh Oleh Nusa Tenggara Barat

Oleh Oleh Nusa Tenggara Barat – Nusa Tenggara Barat atau NTB adalah salah satu provinsi di indonesia yang letaknya ada di bagian barat Indonesia dan sebagian besarnya adalah Lombok. Selain menyimpan sejuta keindahan alam yang sudah terkenal baik di dalam negeri hingga mancanegara, Nusa Tenggara Barat juga memiliki beberapa penganan khas yang harus anda coba dan cocok dijadikan oleh oleh. Untuk rekomendasi terbaik, berikut akan kami berikan beberapa oleh oleh Nusa Tenggara Barat untuk anda.

Daftar Nama Oleh Oleh Nusa Tenggara Barat

  1. Telur Asin Bakar

oleh oleh Nusa Tenggara Barat

Untuk anda yang ingin mencicipi kuliner baru dan unik, maka anda bisa membawa telur asin bakat sebagai oleh oleh Nusa Tenggara Barat. Makanan ini sudah mulai dikenal penduduk sejak tahun 2012 dari hasil percobaan masyarakat Dusun Gubuk Baru, Desa Terara, Kabupaten Lombok Timur.

Anda bisa membeli telur asin bakar ini di pusat oleh oleh Amelia di jalan Ampenan. Tekstur telur asin bakar ini lebih padat dan kuning telurnya memiliki warna lebih cerah jika dibandingkan dengan telur asin biasa. Rasa telur asin ditambah aroma bakaran tentunya membuat siapa saja yang mencicipi akan langsung jatuh hati. Oleh oleh ini juga sudah dikemas dengan rapi dan tahan lama sehingga bisa anda bawa pulang ketika berkunjung ke Nusa Tenggara Barat dengan harga 5 ribu per butir.

  • Alamat: Jl. Saleh Sungkar Ruko Graha Kebon Talo Bintaro, Ampenan, Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat.
  1. Dodol Rumput Laut

oleh oleh Nusa Tenggara Barat

Satu lagi oleh oleh dari Nusa Tenggara Barat yang tidak boleh ketinggalan yakni dodol rumput laut. Jika biasanya dodol tersebut dari santan dan juga buah buahan untuk penambah rasa, penganan Nusa Tenggara Barat ini terbuat dari rumput laut dengan tampilan yang juga bening transparan berbeda dengan dodol pada umumnya.

Baca Juga:   Oleh Oleh Sulawesi Barat

Anda bisa membeli dodol rumput laut ini dengan beragam bentuk dan juga dikemas bervariasi dari mulai bambu, mika, kardus dan juga toples. Untuk harganya sendir juga sangat terjangkau yakni mulai dari 10 ribu hingga 15 ribu kemasan dus dengan berat sekitar 200 gram. Sedangkan produsen paling terkenal yang memproduksi dodol rumput laut ini adalah Phoenix Food. Sedangkan untuk kemasan wadah anyaman bambu aneka rasa bisa anda beli dengan harga mulai 75 ribu hingga 150 ribu.

  • Alamat: Jl. A. A Gede gurah, Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.
  1. Minyak Gosok Sumbawa

oleh oleh Nusa Tenggara Barat

Selain oleh oleh makanan Nusa Tenggara Barat, minyak gosok Sumbawa juga bisa anda beli sebagai oleh oleh yang juga kaya akan manfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Yang membuat oleh oleh ini sangat unik adalah karena hanya dibuat oleh para pria karena jika dibuat oleh wanita maka bisa merusak kualitasnya. Minyak gosok sumbawa ini juga bisa anda beli dengan harga terjangkau yakni 20 ribu per botol.

  1. Susu Kuda Liar

oleh oleh Nusa Tenggara Barat

Bagi anda pencinta susu, maka oleh oleh dari Nusa Tenggara Barat ini wajib anda beli yang hanya ada di Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Susu kuda liar ini tidak hanya nikmat namun juga sehat dan bisa menyembuhkan banyak macam penyakit.

Susu kuda liar ini juga memiliki rasa yang jauh lebih gurih dibandingkan susu sapi karena kandungan fula tinggi dalam susu ini. Salah satu merek terkenal susu kuda liar yang bisa anda beli adalah Susu Kuda 88 yang bisa anda beli dengan harga sekitar 85 ribu per botol.

  • Alamat: Jl. Lintas Sumbawa, Dusun Tolonggeru, Desa Monggo, Kecamatan Madapanggan, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.
  1. Permen Susu Kuda dan Kerbau Liar

oleh oleh khas Nusa Tenggara Barat

Anda bisa menemukan penganan untuk oleh oleh Nusa Tenggara Barat di Desa Penyaring yang ada di Kecamatan Moyo Utara yang terkenal dengan usaha pembuatan permen susu. Permen ini terbuat dari susu kerbau dan kuda segar serta asli sehingga aman dikonsumsi oleh anak anak yang bisa anda beli dengan harga 10 ribu per kemasan atau 90 ribu untuk 1 kilogram.

  • Alamat: Desa Penyaring, Kecamatan moyo Utara, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.
  1. Terasi Lombok

oleh oleh khas Nusa Tenggara Barat

Selain membeli berbagai cemilan dan makanan, oleh oleh khas Nusa Tenggara Barat yang juga harus anda bawa pulang adalah terasi Lombok. Anda bisa mendapatkan terasi asli ini di Pasar Kamis, Desa Sukarara yang sudah dikemas sangat unik yakni memakai keranjang anyaman berukuran kecil.

Baca Juga:   Oleh Oleh Kalimantan Tengah

Ada banyak varian terasi yang bisa anda beli seperti terasi berok seharga 90 ribu, terasi lengkare seharga 90 ribu dan terasi udang jewowaru seharga 50 ribu seberat 1 kilogram.

  • Alamat: Desa Sukarara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
  1. Nutsafir Cookies

oleh oleh khas Nusa Tenggara Barat

Untuk anda yang sedang mencari oleh oleh dari Nusa Tenggara Barat kekinian, maka Nutsafir Cookies sangat cocok untuk anda beli. Ada banyak varian rasa yang bisa anda beli seperti kacang merah, kacang hijau, kacang mete, kedelai, melinjo, kopi dan juga kacang lebui dengan harga mulai dari 17 ribu per kotak.

  • Alamat: Jl. Angsoka No.14, Gomong, Selaparang, kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.
  1. Abon Ikan Marlin

oleh oleh khas Nusa Tenggara Barat

Jika Surabaya memiliki Abon Sapi Padmosusastro, maka Lombok memiliki Abon Ikan Marlin yang sangat gurih dan padat akan gizi yang cocok dijadikan oleh oleh dari Nusa Tenggara Barat. Abon ini banyak diburu para wisatawan tidak hanya karena rasanya yang sangat enak dan gurih namun juga bebas kolesterol yang bisa anda pdatatkan dengan harga sekitar 60 ribu per seperempat kilogram.

  1. Madu Sumbawa

oleh oleh dari Nusa Tenggara Barat

Pulau Sumbawa sebelah Timur Lombok, Nusa Tenggara Barat ini memang terkenal sebagai daerah penghasil madu terbaik di Indonesia. Madu yang sangat tepat dijadikan oleh oleh Nusa Tenggara Barat ini memiliki dua jenis yakni yang berwarna kuning kecoklatan dan juga madu putih yang perkembangbiakkannya di dekat sarang burung walet.

Meski berasal dari Sumbawa, namun madu ini juga banyak dijual di Lombok yang paling banyak dicari para wisatawan khususnya ketika musim liburan. Untuk harganya sendiri cukup bervariasi dari mulai 85 ribu per botol ukuran 450 ml untuk madu putih. Jika ingin dijadikan oleh oleh, maka nantinya madu ini juga akan dibungkus secara khusus sehingga tidak mudah pecah.

  1. Abon Ikan Asin

oleh oleh dari Nusa Tenggara Barat

Selain terkenal dengan abon ikan marlin, oleh oleh khas Nusa Tenggara Barat berikutnya yang juga tidak kalah terkenal adalah abon ikan asin. Meski menggunakan bahan dasar ikan asin, namun rasanya tidaklah terlalu asin bahkan sedikit gurih dan pedas dengan kandungan protein tinggi yang sangat cocok dijadikan oleh oleh.

  1. Manisan Tomat

oleh oleh dari Nusa Tenggara Barat

Untuk anda penggemar cemilan manis, manisan tomat ini cocok dijadikan oleh oleh dari Nusa Tenggara Barat. Tomat yang digunakan adalah tomat pilihan yang direbus bersama gula pasir dan dikeringkan dengan cara dijemur selama beberapa hari. Jika dilihat, manisan tomat ini akan terlihat seperti kurma dengan rasa asam manis yang menyegarkan. Anda bisa membeli manisan tomat ini sebagai oleh oleh dengan harga sekitar 25 ribu per kemasan 200 gram.

  1. Kacang Mete

oleh oleh dari Nusa Tenggara Barat

Oleh oleh khas Nusa Tenggara Barat terakhir yang harus masuk dalam daftar oleh oleh adalah kacang mete. Daerah ini khususnya Lombok memang terkenal sebagai penghasil kacang mete terbesar di Indonesia yang sangat berkualitas dan diolah tradisional dengan tambahan berbagai bumbu tradisional.

Baca Juga:   Oleh Oleh Khas Jambi

Ada banyak pilihan rasa kacang mete yang anda bisa beli seperti original, pedas, karamel, madu sampai gurih. Untuk harganya sendiri juga sangat terjangkau yakni sekitar 25 ribu per kemasan kotak 200 gram.

Leave a Comment