Oleh Oleh Papua

Oleh Oleh Papua – Untuk anda yang senang menjelajahi berbagai tempat nan eksotik, Papua harus masuk dalam daftar daerah yang harus anda jelajahi. Daerah yang terletak paling timur Indonesia ini memiliki keindahan alam yang sangat memukau dari daratan, keindahan laut sampai pegunungan seperti salah satu laut di Papua bernama Raja Ampat. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Papua juga memiliki beberapa kuliner khas yang bisa anda bawa pulang sebagai oleh oleh Papua seperti beberapa referensi yang kami berikan kali ini.

Daftar Nama Oleh Oleh Papua

  1. Keripik Keladi

oleh oleh Papua

Keripik keladi adalah makanan khas Papua lebih tepatnya daerah Sotong yang terbuat dari keladi atau talas ditambah berbagai bumbu dan digoreng. Makanan ringan ini memiliki kombinasi pedas dan manis yang sangat pas dijadikan oleh oleh dari Papua.

Anda bisa mendapatkan keripik keladi ini di toko Sayo yang menjadi pusat toko oleh oleh di Jayapura dengan harga 15 ribu untuk kemasan sedang dan 25 ribu untuk kemasan jumbo.

  • Alamat: Jl. Bangau II No.42, Sorong.
  • Jl. Cigombong Vim, Abupera, Jayapura.
  1. Abon gulung

oleh oleh Papua

Oleh oleh dari Papua selanjutnya adalah abon gulung yang merupakan makanan khas Manokwari. Penganan ini sejenis dengan roti gulung berisi abon yang sangat berlimpah. Sedangkan bagian atasnya akan ditaburi dengan wijen, potong daging serta daun bawang yang tentunya sangat menggugah selera.

Anda bisa membeli roti ini dengan harga 125 ribu per kotak isi 10 roti. Sedangkan untuk kemasan kecil bisa anda beli dengan harga 75 ribu. Ada beberapa varian yang bisa anda pilih seperti abon gulung asin, abon gulung pedas, coklat dan abon gulung isi sosis.

  • Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No.100, Manokwari.
  1. Sagu Lempeng

oleh oleh Papua

Sagu lempeng adalah penganan khas Papua yang terbuat dari batang rumbia atau sagu yang sudah dipangkur dan dijadikan tepung seperti tepung gandum. Tepung sagu nantinya akan dimasukkan dalam cetakan dan dibakar diatas api atau batu panas sekitar 30 sampai 60 menit dan ada juga yang ditambahkan dengan kelapa parut atau gula merah.

Baca Juga:   Oleh Oleh Sulawesi Selatan

Sagu lempeng ini cocok dijadikan oleh oleh Papua dan untuk cara makan biasanya akan dicelup dalam teh atau kopi. Untuk harganya sendiri sekitar 50 ribu per bungkus isi 20 potong.

  1. Martabak Sagu

oleh oleh Papua

Penganan terbuat dari sagu lainnya yang juga cocok dijadikan oleh oleh dari Papua adalah martabak sagu, Cemilan khas Kabupaten Fakfak ini terbuat dari sagu yang sudah dihaluskan kemudian digoreng dan ditambahkan dengan gula aren atau gula merah.

  1. Kue Lontar

oleh oleh khas Papua

Jika dilihat, kue ini tampak seperti pie susu. Kue dengan rasa manis gurih ini biasanya disajikan ketika Idul Fitri berbahan dasar tepung terigu, margarin, susu, vanila. Oleh oleh dari Papua ini dibuat dengan cetakan besar. Namun jika anda ingin membeli sebagai oleh oleh juga tersedia dalam ukuran yang lebih kecil.

Pada awalnya, kue ini bernama rontart. Namun karena sulit untuk dilafalkan, maka masyarakat Papua menyebutnya dengan kue lontar yang sudah diwariskan secara turun temurun dari zaman Belanda dan hingga kini sudah terkenal hingga keluar Papua.

  1. Aunuve Habre

oleh oleh khas Papua

Jika mendengar nama aunuve gabre, maka banyak yang berpikir jika makanan ini berasal dari luar negeri namun sebenarnya merupakan makanan asli Papua. Makanan ini terbuat dari ikan cakalang. Daun talas akan direbus hingga layu dan ikan cakalang akan diberi bumbu kemudian dibungkus dengan daun talas dan dikukus sampai matang yang sangat tepat anda bawa pulang sebagai oleh oleh makanan Papua.

  1. Udang Selingkuh

oleh oleh khas Papua

Udang selingkuh adalah hidangan khas Wamena sebuah kota di Papua. Udang ini memiliki capit yang besar seperti kepiting dengan tekstur daging yang berserat dan padat seperti lobster serta daging yang lembut sekaligus manis. Udang selingkuh ini biasanya diolah dengan cara direbus atau digoreng yang sudah sangat terkenal dan menjadi buruan para wisatawan sebagai salah satu oleh oleh makanan khas Papua.

  1. Cacing Laut

oleh oleh khas Papua

Oleh masyarakat Papua, cacing laut diolah menjadi makanan yang mengandung banyak nutrisi dan dikatakan bisa meningkatkan kejantanan dan keperkasaan kaum pria. Oleh oleh Papua ini biasanya diolah dengan cara digoreng, bumbu balado atau dijadikan sate. Jenis cacing yang banyak dikonsumsi yakni insonem ini memiliki bentuk menyerupai cacing tanah dengan ukuran yang lebih panjang sekitar 30 cm dengan tekstur kenyal seperti daging gurita.

  1. Ikan Bakar Manokwari

oleh oleh dari Papua

Bagi yang sudah sering berkunjung ke Papua tentu sudah tidak asing lagi dengan hidangan ikan bakar manokwari. Meski ikan bakar juga banyak dijual di tempat lain, akan tetapi ikan bakar Manokwari ini memiliki bumbu yang khas dan kemudian baru dibakar menggunakan arang yang juga cocok dijadikan oleh oleh khas Papua.

  1. Sate Ulat Sagu

oleh oleh dari Papua

Mungkin, oleh oleh dari Papua ini masih terdengar ekstrem khususnya bagi yang belum pernah mencicipi hidangan ini. Sate ulat sagu ini sebenarnya memiliki rasa yang lezat ditambah berbagai bumbu yang ditambahkan oleh masyarakat Papua. Selain itu, penganan ini juga memiliki gizi yang sangat tinggi khususnya protein.

  1. Kue Bagea

oleh oleh dari Papua

Kudapan selanjutnya yang bisa anda bawa pulang untuk oleh oleh khas Papua adalah kue bagea. Kue ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu dan hadir dalam beberapa pilihan rasa seperti kacang, vanili dan juga kenari.

Baca Juga:   Oleh Oleh Khas Bengkulu

Citarasa yang gurih dan tidak terlalu manis serta renyah ini menjadi salah satu favorit para wisatawan. meski teksturnya sedikit keras, akan tetapi ketika dimakan maka akan terasa renyah dan lembut yang sekarang ini juga sudah dimodifikasi seperti rasa coklat dan keju. Selain itu, kemasan kue bagea ini tidak hanya menggunakan daun kering namun juga dikemas menggunakan karton yang cantik sehingga pas untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh.

  1. Ikan Bakar Colo

oleh oleh dari Papua

Ikan bakar colo merupakan makanan khas dari Suku Kamaro wilayah Timika yang memang menggantungkan hidup mereka dari hasil laut. Ikan colo ini juga terkenal di beberapa daerah lain seperti Manado dan juga Maluku. Sedangkan untuk jenis ikan yang digunakan sangat beragam mulai dari bawal, tongkol dan juga kue yang menjadi makanan kegemaran Suku Kamoro dan sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh makanan Papua.

  • Alamat: Jl. Yos Sudarso, Kampung Baru, Kecamatan Sorong, Papua Barat.
  1. Sarang Semut

oleh oleh dari Papua

Sarang semut juga menjadi oleh oleh Papua yang sangat unik dan sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia bahkan hingga mancanegara. Sarang semut ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti kanker, sel tumor, TBC, rematik dan masih banyak lagi.

Sarang semut merupakan obat obatan Papua yang diambil dari rumah semut dan bisa di beli di beberapa pusat oleh oleh Papua dan bahkan juga sudah dijual di apotik.

 

Leave a Comment