Oleh Oleh Sulawesi Tengah

Oleh Oleh Sulawesi Tengah – Seperti namanya, Sulawesi Tengah merupakan provinsi yang posisinya berada di bagian tengah Pulau Sulawesi dengan ibu kota palu. Ada banyak suku bangsa yang mendiami Sulawesi Tengah seperti Kaili, Lore, Balantak, Kulawi, BUngku, Mamasa dan masih banyak lagi. Tidak hanya dihuni dengan banyak suku bangsa, namun Sulawesi Tengah juga memiliki kesenian dan kebudayaan yang juga beragam. Sedangkan untuk wisata kuliner Sulawesi Tengah terkenal dengan rasa makanan yang pedas asam yang menggugah selera. Selain itu, Sulawesi Tengah tentu memiliki banyak penganan nikmat lain yang sebagian diantaranya bisa dijadikan oleh oleh khas Sulawesi Tengah seperti referensi yang kami berikan berikut ini.

Daftar Nama Oleh Oleh Sulawesi Tengah

  1. Kacang Goyang

Oleh Oleh Sulawesi Tengah

Seperti namanya, oleh oleh Sulawesi Tengah ini memang diolah dengan cara digoyang. Kacang tanah yang sudah disangrai dan kulitnya dilepaskan kemudian akan digoyang di atas bara api dan untuk sekarang sudah menggunakan kompor minyak tanah yang pada bagian atasnya sudah dilapisi dengan seng dan tanah sehingga bara tidak langsung mengenai nyiru. Kacang tanah tersebut nantinya akan dilapisi dengan gula warna warni sehingga bentuknya terlihat tidak rata. Untuk setiap satu kotak kacang goyang ini juga bisa didapatkan dengan harga terjangkau yakni antara 5 ribu hingga 10 ribu di pusat oleh oleh Sulawesi Tengah

  1. Bawang Goreng Khas Palu

Oleh Oleh Sulawesi Tengah

Oleh oleh khas Sulawesi Tengah selanjutnya adalah bawang goreng. Meski bawang goreng bisa ditemukan di mana saja bahkan bisa dibuat sendiri di rumah, namun bawang goreng dari Palu ini terasa lebih gurih sekaligus lebih renyah. Bawang goreng ini juga bisa awet sampai satu tahun sehingga cocok dijadikan oleh oleh.

Baca Juga:   Oleh Oleh Kalimantan Utara

Bawang goreng ini terbuat dari jenis bawang batu yang berkembang baik di Lembah kota Palu, Kabupaten Sigi yang memiliki kualitas nomor satu karena minim kandungan air yang bahkan sudah populer hingga ke luar negeri.

  1. Keripik Buah Naga

Oleh Oleh Sulawesi Tengah

Tidak hanya pisang, pepaya, ubi dan singkong saja yang sangat nikmat dijadikan keripik, namun keripik buah naga juga diolah masyarakat yang sangat cocok dijadikan oleh oleh khas Sulawesi Tengah. Buah naga sendiri memang menjadi salah satu tanaman pokok di Sulawesi Tengah khususnya Palu sehingga dimanfaatkan masyarakat untuk dibuat menjadi kuliner nikmat.

Tidak hanya enak dijadikan cemilan, namun keripik buah naga juga memiliki nutrisi yang tinggi dan kaya akan manfaat. Untuk anda yang ingin membeli keripik buah naga ini bisa menemukannya dengan mudah di toko oleh oleh hanya dengan harga 10 ribu per kemasan ukuran kecil.

  1. Duo Sale

 

Oleh Oleh Sulawesi Tengah

Duo sale merupakan sambal khas Palu yang terbuat dari ikan teri yang sudah dikeringkan dan dimasak dengan berbagai bumbu seperti cabai merah, bawang merah dan juga tomat. Cita rasa sambal yang manis dan tidak terlalu pedas ini sangat cocok dijadikan oleh oleh khas Sulawesi Tengah yang bisa anda beli untuk dibawa pulang.

  1. Sambal Ikan Roa

Oleh Oleh khas Sulawesi Tengah

Sambal ikan roa menjadi makanan populer sekaligus oleh oleh dari Sulawesi Tengah yang tidak boleh lupa anda beli. Ikan roa yang banyak ditemukan di perairan Sulawesi khususnya perairan Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah ini diolah masyarakat dengan cara dihaluskan dan ditambah berbagai macam bumbu.

Untuk membawa sambal ikan roa ini juga sangat mudah karena sambal sudah dikemas dalam botol plastik kecil sehingga awet dan praktis yang bisa anda beli dengan harga 20 ribu hingga 23 ribu yang awet hingga sekitar satu tahun.

  1. Coklat Banua

Oleh Oleh khas Sulawesi Tengah

Perkebunan kakao tinggi di Sulawesi Tengah membuat masyarakat berkreasi dengan mengolah kakao tersebut sebagai kuliner khas seperti salah satunya adalah coklat Banua. Oleh oleh Sulawesi Tengah ini memiliki rasa yang pahit karena hanya menggunakan coklat asli. Namun jika anda tidak menyukai rasa pahit, maka anda bisa membeli varian rasa coklat Banua lainnya seperti coklat praline, coklat instant, coklat candy dan juga minuman coklat yang dijual mulai 10 ribu hingga 25 ribu yang sangat pas dijadikan oleh oleh.

  1. Bagea

Oleh Oleh khas Sulawesi Tengah

Bagea memang menjadi oleh oleh dari Sulawesi Tengah yang sudah sangat terkenal. Akan tetapi khusus di Palu, bagea ini dibuat dari bahan sagu yang dicampur dengan kacang sehingga rasa penganan ini lebih terasa gurih berbeda dengan bagea lainnya.

Baca Juga:   Oleh Oleh Jawa Barat

Anda bisa membeli bagea ini di toko oleh oleh dengan harga antara 18 ribu hingga 40 ribu tergantung dari ukuran dan varian rasa seperti di Bandara Udara Mutiara SIS Al Jufrie.

  1. Ambal

Oleh Oleh khas Sulawesi Tengah

Jika Italia terkenal dengan pizza, maka Sulawesi Tengah juga memiliki penganan khas berbentuk bulat seperti pizza yang bernama ambal. Sambil berlibur ke Toli Toli, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Lalos untuk menikmati kelezatan ambal ini. Ambal yang juga sering disebut dengan jepa ini dimasak dengn menggunakan tungku. Untuk bahan utamanya adalah sagu, kelapa, kemangi dan juga ikan como como.

Penganan ini dimasak dengan cara memanggang sagu dalam piringan bulat dari tanah liat yang disebut dudongean lalu ditaburi dengan kelapa yang sudah dicampur dengan ikan como como rebus dan kemangi segar. Dudongean kedua kemudian akan ditumpuk di atas dudongean pertama yang sudah diisi terlebih dahulu dengan bahan bahan begitu pun seterusnya sampai matang. Rasa gurih, manis dan juga segar dari penganan ini sangat tepat dijadikan oleh oleh khas Sulawesi Tengah yang bisa anda beli dengan harga terjangkau.

  1. Labia Dange

Oleh Oleh dari Sulawesi Tengah

Labia dange atau juga disebut dengan sagu dange merupakan penganan yang juga cocok dijadikan oleh oleh dari Sulawesi Tengah. Seperti namanya, makanan ini terbuat dari sagu dan gula merah atau juga bisa dengan ikan. Hanya dengan mengeluarkan uang sekitar 5 ribu, anda sudah bisa membawa penganan ini untuk oleh oleh keluarga di rumah di dekat Jembatan Kuning arah Taman Ria.

  1. Kerak Sagu

Oleh Oleh dari Sulawesi Tengah

Kerak sagu merupakan penganan yang terlihat serupa dengan kerak telor Betawi. Makanan ini dibuat dari sagu yang sudah dicampur dengan kelapa parut dan kemudian dimasak dengan cara sama seperti kerak telor. Adonan akan dituang dalam cetakan yang sudah diberi sedikit minyak dan ditambahkan dengan telur ayam atau telur bebek yang sudah dikocok. Telur tersebut akan dituang diatas adonan kerak sagu sehingga rasanya akan semakin nikmat dan cocok dijadikan oleh oleh khas Sulawesi Tengah.

  1. Pondi Pondi

Oleh Oleh dari Sulawesi Tengah

Oleh oleh Sulawesi Tengah berikutnya yang juga harus anda beli adalah pondi pondi. Cemilan ini terbuat dari parutan kelapa yang sudah dicampur dengan tepung beras dan gula pasir. Cemilan ini menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Palu yang bisa anda beli dengan harga terjangkau yakni sekitar Rp.2.500 saja per buah.

  1. Kue Broncong

Oleh Oleh dari Sulawesi Tengah

Kue broncong adalah kue khas Palu, Sulawesi Tengah yang umumnya dibuat dengan cetakan kue pukis di atas kayu bakar. Kue ini terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan gula, kelapa muda dan juga ragi yang cocok dijadikan oleh oleh dari Sulawesi Tengah. Untuk mendapatkan kue ini, anda bisa berkunjung ke jalan masuk Pasar Lama sekitar jam 7 hingga 11 siang dan bisa anda beli dengan harga sangat murah yakni Rp.500 saja per buah.

Baca Juga:   Oleh Oleh Kalimantan Tengah

Leave a Comment