Oleh Oleh Jawa Tengah

Oleh Oleh Jawa Tengah – Berbicara tentang Jawa Tengah, maka hal yang langsung terlintas adalah obyek wisata mengagumkan dan juga wisata kuliner yang nikmat dan khas seperti salah satunya Semarang yang mendapat julukan Kota Lumpia. Tidak hanya tempat populer wajib dikunjungi seperti Masjid Agung Jawa Tengah, Lawang Sewu dan juga beberapa destinasi wisata lainnya, namun ada begitu banyak kuliner khas Jawa Tengah yang sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh ketika anda berkunjung ke daerah ini. Bagi anda yang masih bingung, berikut kami berikan rangkuman oleh oleh Jawa Tengah terpopuler yang wajib anda beli.

Daftar Nama Oleh Oleh Jawa Tengah

  1. Tahu Bakso Ungaran

oleh oleh jawa tengah

Tahu ungaran merupakan oleh oleh Jawa Tengah lebih tepatnya dari Semarang yang terdiri dari 2 jenis yakni bakso goreng dan bakso rebus yang sama sama enak. Tahu bakso Ungaran ini pertama kali dirintis tahun 1995 oleh Bu Pudji yang kini bisa anda temukan dengan mudah di beberapa toko oleh oleh khususnya di kawasan jalan Pandanaran.

  • Tahu Bakso Raja: Jl. Jendral Sudirman No.12B, Ungaran.
  • Tahu Bakso Ibu Pudji: Jl. Diponegoro No.14, Gapura Batas Kota Mijen.
  1. Roti Ganjel Rel

oleh oleh jawa tengah

Selain terkenal dengan tahu bakso ungaran, oleh oleh khas Jawa Tengah khususnya dari Semarang berikutnya adalah roti ganjel rel yang terbuat dari tepung tapioka, air nira, santan, gula dan juga kayu manis untuk penyedap kue ini.

Roti yang bertabur wijen pada bagian atasnya ini memiliki tekstur keras dan didominasi dengan warna coklat sehingga disebut dengan roti ganjel rel. Penganan ini menjadi sajian wajib acara Dugderan atau pawai menjelang buka puasa yang sangat cocok dijadikan oleh oleh untuk sanak saudara.

  • Selina Bakery: Jl. KH. Wahid Hasyim 132, Bangunharjo, Semarang, Jawa Tengah.
  1. Wingko Babat

oleh oleh khas jawa Tengah

Wingko babat adalah makanan tradisional Jawa Tengah sejenis kue yang terbuat dari campuran kelapa dan berbagai bahan lainnya. Oleh oleh dari Jawa Tengah ini biasanya memiliki bentuk bulat dan lunak seperti tekstur dodol namun memiliki campuran parutan kelapa. Anda bisa menemukan kudapan khas Jawa Tengah tengah ini dalam bentuk bundar besar dan ada juga yang berbentuk kecil kecil dan dibungkus dengan kertas.

Baca Juga:   Oleh Oleh Khas Bengkulu

Untuk pilihan rasa wingko babat juga sangat bervariasi seperti original, coklat, nangka dan durian yang bisa tahan hingga 3 hari dan biasanya dikemas dalam 1 besek isi 20 wingko babat. Untuk harganya sendiri juga terjangkau yakni sekitar 47 ribu untuk setiap besek wingko babat.

  1. Lumpia Semarang

oleh oleh khas jawa Tengah

Seperti namanya, oleh oleh Jawa Tengah ini memang berasal dari Semarang yang memiliki tekstur renyah dan rasa yang gurih. Lumpia Semarang ini diisi dengan rebung ayam yang sangat lezar dan bisa dijadikan oleh oleh untuk dibawa pulang. Untuk menemukan lumpia semarang ini juga tidak sulit seperti yang ada di Gang Lombok daerah Pecinan Semarang.

  • Lunpia Cik Meme: Jl. Gajahmada No.107, Miroto, Semarang, Jawa Tengah.
  • Lumpia Gang Lombok: Jl. Gang Lombok No.11, Purwodinatan, Semarang Tengah.
  1. Intip Solo

oleh oleh dari jawa tengah

Intip Solo adalah oleh oleh khas Jawa Tengah berupa keras nasi yang proses pembuatannya dilakukan dengan cara dijemur lebih dulu sampai kering dan kemudian digoreng dengan minyak panas. Intip solo ini sudah dikemas dengan cantik lengkap dengan tambahan gula merah atau garam yang tidak hanya melengkapi rasa dari jajanan ini namun juga sangat praktis untuk anda bawa pulang. Anda bisa membeli berbagai varian rasa intip solo seperti asin, gurih, gula jawa dan juga manis yang menjadi makanan alami karena bebas dari MSG.

  • Ledre Laweyan: Jl. Setono No.158 RT 2, Laweyan
  1. Bandeng Presto Juwana

oleh oleh dari jawa tengah

Bandeng Presto Juwana merupakan oleh oleh khas Jawa Tengah berupa bandeng yang diolah dari tambak bandeng kota Juwana. Ikan bandeng segar yang diberi bumbu tradisional tanpa bahan pengawet atau pewarna ini sangat cocok dijadikan oleh oleh sebab bisa tahan hingga sampai 2 hari.

Baca Juga:   Oleh Oleh Lampung

Ikan bandeng dengan citarasa gurih dan padat gizi ini bisa anda beli dalam kemasan 1 dos isi 4 ekor bandeng dengan harga bervariasi dari mulai 64 ribu untuk ukuran tanggung jenis basahan hingga 95 ribu untuk ukuran besar.

  1. Jenang Kudus

oleh oleh dari jawa tengah

Jenang kudus adalah oleh oleh dari Jawa Tengah yakni penganan sejenis dodol garut yang berasal dari kudus, Jawa Tengah. Jenang ini biasanya dijual dalam potongan potongan kecil dibungkus aluminium foil serta dikemas kembali dalam dus sehingga sangat praktis untuk dibawa pulang.

Jenang kudus ini terbuat dari campuran tepung ketan, susu, gula dan wijen yang bisa tahan sampai 3 bulan dan bisa anda beli dalam kemasan dus isi 30 jenang kudus. Untuk jenang mubarok kombinasi bisa anda dapatkan dengan harga sekitar 17 ribu dan jenang mubarok kemasan 20 ribu untuk ukuran yang lebih besar.

  • Jenang Kudus Mubarok: Jl. Sunan Muria No.33.
  • Pusat Jenang Kudus Menara: Jl. Sosro Kartono, Kaliputu, Kudus.
  1. Carica

oleh oleh dari jawa tengah

Caricar merupakan oleh oleh Jawa Tengah sejenis pepaya yang tumbuh di dataran Dieng dimana warna setempat biasa menyebutnya dengan gandul Dieng. Bentuk buahnya hampir sama dengan pepaya namun ukurannya lebih kecil dengan rasa sedikit asam dan tekstur yang kenyal.

Carica manisan ini adalah penganan khas Dieng Wonosobo yang memiliki rasa unik serta kaya akan manfaat seperti zat anti kanker, mempermudah BAB, menghambat pembentukan violaksantin empedu, mengatasi nyeri punggung dan juga tinggi kalium serta magnesium. Carica ini biasanya dikemas dalam ukuran 300 gram dengan harga satuan yang sangat terjangkau yakni sekitar 6 ribu saja.

  1. Ampyang

oleh oleh jawa tengah dan harganya

Oleh oleh dari Jawa Tengah berikutnya bernama ampyang merupakan penganan khas Solo dengan rasa manis, gurih sekaligus legit. Ampyang terbuat dari kacang tanah yang digoreng hingga kering kemudian dicampur dengan lelehan gula merah hingga membentuk gumpalan kacang.

Baca Juga:   Oleh Oleh Jawa Timur

Oleh oleh khas Jawa Tengah ini juga sangat terjangkau yakni hanya 4 ribu hingga 5 ribu di Pasar Gedhe atau berbagai toko oleh oleh lainnya.

  • Ampyang Jawa: Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Rumah Industri Makanan Ampyang Ario: Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.
  1. Getuk Goreng

oleh oleh jawa tengah dan harganya

Jika biasanya getuk diolah dengan cara kukus, namun makanan khas Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah ini diolah dengan cara digoreng dengan cita rasa manis gurih yang juga tidak kalah lezat untuk dijadikan oleh oleh dari Jawa Tengah.

Sebenarnya, getuk goreng ini ditemukan secara tidak sengaja oleh Sanpirngad seorang penjual nasi keliling di tahun 1918. Ketika pedagang nasi yang juga menjual getuk ini tidak laku terjual, maka ia menggoreng getuk tersebut yang ternyata lebih disukai masyarakat hingga sekarang menjadi salah satu cemilan khas Jawa Tengah.

  • Getuk goreng Asli Sokaraja: Jl. Jend. Soedirman No.41 – 141, Sokaraja.
  1. Enting Enting Gepuk

oleh oleh jawa tengah dan harganya

Oleh oleh khas Jawa Tengah berikutnya adalah enting enting gepuk yang berasal dari Salatiga, Jawa Tengah. Kudapan ini terbuat dari kacang tanah yang digepuk atau ditumbuk kemudian dicampur dengan gula jawa dan dipadatkan dengan rasa yang manis sekaligus gurih.

  1. Lanthing

oleh oleh jawa tengah dan harganya

Lanthing merupakan camilan khas yang juga cocok dijadikan oleh oleh dari Jawa Tengah. Lanthing adalah makanan ringan atau kerupuk yang terbuat dari bahan dasar singkong dengan bentuk seperti cincin dan ada juga yang berbentuk angka delapan. Citarasa gurih dan renyah ini sangat tepat untuk dijadikan oleh oleh karena awet dan harganya juga terjangkau. Selain itu, anda juga bisa membeli lanthing dalam beberapa pilihan rasa seperti original, keju dan juga pedas.

Leave a Comment