Oleh Oleh Jawa Barat

Oleh Oleh Jawa Barat – Sudah menjadi rahasia umum jika Jawa Barat adalah pusat dari kuliner Indonesia. Daya kreativitas masyarakat Jawa Barat tidak hanya menyajikan berbagai hidangan khas berupa masakan, namun juga aneka cemilan, kue dan juga minuman yang sangat beragam. Dari sekian banyak makanan khas Jawa Barat, untuk kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang oleh oleh Jawa Barat yang nikmat, unik, terjangkau sekaligus awet sehingga bisa anda beli untuk diberikan pada keluarga dan kerabat di tempat tinggal anda.

Daftar Nama Oleh Oleh Jawa Barat

  1. Tahu Kuningan

oleh oleh Jawa Barat

Tahu biasanya memang terbuat dari kedelai yang sudah melewati tahap fermentasi sama seperti tahu kuningan yang memiliki rasa gurih dan padat. Sesuai dengan namanya, oleh oleh Jawa Barat ini memang berasal dari kuningan dan salah satu produsen yang terkenal adalah Tahu Kopeci di jalan Veteran.

  1. Makaroni Panggang

oleh oleh Jawa Barat

Makaroni panggang dari Bogor, Jawa Barat juga menjadi salah satu oleh oleh khas Jawa Barat yang tidak boleh ketinggalan. Porsi yang besar, ukuran makaroni yang panjang dan aneka isian yang banyak menjadi salah satu ciri khas dari makanan ini yang bisa dijadikan cemilan atau makanan besar.

Salah satu penjual makaroni panggang yang paling terkenal bisa anda dapatkan di Jl. Salak No.24, Babakan yang menyediakan makaroni panggang dengan isian berupa daging, aneka rempah dan taburan keju diatasnya yang sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh. Meski terdengar sangat mewah, namun penganan ini bisa anda dapatkan dengan harga yang terjangkau yakni hanya sekitar 18 ribu saja per porsi.

  1. Dodol Garut

oleh oleh Jawa Barat

Kudapan berbentuk balok memanjang dengan tekstur lembut dan rasa yang khas ini juga wajib anda beli ketika berkunjung ke Jawa Barat. Dodol Garut ini terbuat dari parutan kelapa yang dicampur dengan tepung ketan dan gula merah yang sangat cocok untuk lidah orang Indonesia.

Baca Juga:   Oleh Oleh Jawa Tengah

Oleh oleh dari Jawa Barat ini kini tersedia dalam puluhan rasa seperti durian, nangka, nanas, sirsak, strawberry, coklat dan masih banyak lagi. Salah satu pabrik dodol yang bisa anda kunjungi adalah Dodol Picnic yang sudah ada sejak 1947 di Jl. Pasundan No.102 dimana anda bisa melihat pembuatan dodol sekaligus membeli dodol tersebut sebagai oleh oleh.

  1. Chocodot

oleh oleh khas jawa barat

Selain terkenal dengan dodol, Jawa Barat juga memiliki hidangan coklat yang dikombinasikan dengan dodol bernama Chocodot. Chocodot yang diciptakan Kiki Gumelar ini diambil dari kependekan chocolate with dodol Garut yang juga sering disebut dengan coklat dodol.

Bentuk Chocodot ini bulat seperti bakpao namun denan ukuran yang lebih kecil dan rasa yang disediakan juga bervariasi tergantung dari jenis coklat yang digunakan seperti coklat pahit, coklat bertekstur lembut dan juga coklat susu.

Selain nikmat, kemasan dari Chocodot ini juga sangat unik karena memiliki gambar ramalan shio sehingga bisa disesuaikan dengan untuk siapa anda memberikan Chocodot tersebut. Anda bisa menemukan Chocodot di berbagai area seperti pusat oleh oleh daerah Tarogong atau Jl. Banyuwangi.

  • Gedoeng Cokelat Chocodot: Garut, Jawa Barat.
  • Chocodot World: Garut, Jawa Barat.
  1. Roti Unyil

oleh oleh khas jawa barat

Berlanjut ke oleh oleh makanan khas Jawa Barat selanjutnya yakni roti unyil yang ada di Bogor, Jawa Barat. Roti unyil yang ada di Jl. Pajajaran Komp V No.1 ini menyediakan berbagai macam roti unyil seperti smoke beef keju, roti jagung, coklat negro, ayam asap, keju susu dan masih banyak lagi.

Selain nikmat, awet dan juga praktis, roti unyil ini juga dibanderol dengan harga yang terjangkau yakni mulai Rp.1.500 per buah yang siap memanjakan lidah anda.

  • Roti Unyil Venus Pajajaran: Kota Bogor, Jawa Barat.
  1. Surabi

oleh oleh khas jawa barat

Surabi atau serabi juga menjadi penanganan wajib yang harus anda cicipi dan bawa pulang. Yang membedakan surabi Jawa Barat dengan surabi lainnya adalah karena proses memasak tradisional yang masih menggunakan tungku terbuat dari tanah liat.

Baca Juga:   Oleh Oleh Papua

Surabi memiliki tekstur empuh, legit dan gurih yang juga tersedia dalam banyak varian rasa. Salah satu toko surabi yang bisa anda kunjungi adalah Warung Surabi Setia Budi di Jl. Dokter Setiabudhi No.175 untuk mendapatkan surabi aneka rasa seperti original, markisa, selai kacang, strawberry, durian dan masih banyak lagi.

  • Surabi Imut: Jl. Dr. Setiabudhi No.189.
  • Raja Surabi Bandung: Jl. Merdeka No.69 Kaki Lima Square, Bandung.
  • Pondok Surabi: Jl. Terusan Jakarta No.79A.
  • Surabi Sukur: Jl. Bagusrangin No.7/50.
  1. Tahu Susu Lembang

oleh oleh dari jawa barat

Meski tampilan luar tahu susu lembang ini serupa dengan tahu lain, akan tetapi tekstur oleh oleh Jawa Barat ini lebih lembut sekaligus padat sebab sudah ditambahkan susu. Penganan ini sudah mulai terkenal sejak tahun 2008 dan sejak itu sudah masuk dalam daftar oleh oleh yang diminati pengunjung.

Anda bisa mendapatkan makanan khas Jawa Barat ini di Jl. Raya Lembang No.177 yang outletnya memiliki bentuk seperti SPBU. Harga dari tahu susu lembang juga sangat terjangkau yakni 10 ribu untuk setiap 12 buah tahu susu.

  1. Gapit Cirebon

oleh oleh dari jawa barat

Jika anda sedang mengunjungi Cirebon, Jawa Barat, maka pastikan anda tidak lupa untuk membeli penganan khas Cirebon bernama gapit. Penganan ini dinamakan gapit karena dalam proses pembuatan, adonan akan digapit dengan 2 lempengan besi supaya bentuknya bisa pipih.

Anda bisa membeli banyak varian rasa gapit seperti rasa bawang, rasa wijen, keju, original, udang keju dan masih banyak rasa yang lain. Anda hanya perlu membayar sekitar 15 ribu hingga 28 ribu saja untuk mendapatkan 1 bungkus gapit tersebut.

  1. Kerupuk Rambak

oleh oleh dari jawa barat

Oleh oleh Jawa Barat berikutnya adalah kerupuk rambut yang terbuat dari kulit sapi, ikan atau kerbau. Proses pembuatan kerupuk rambak tersebut dimulai dengan memotong motong kulit lalu dijemur dibawah matahari dan direbus bersama air yang sudah dicampur dengan aneka rempah.

Baca Juga:   Oleh Oleh Kalimantan Timur

Kulit yang sudah direbus tadi harus dikeringkan kembali dan biasanya dijual dalam keadaan masih mentah dan juga yang sudah matang dengan harga yang berbeda. Karena bahan dasar kerupuk rambak ini lebih sulit didapat, maka harganya juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan kerupuk lain.

  • Pabrik Kerupuk Kulit H. Jino: Kota Bks, Jawa Barat.
  • Pabrik Kerupuk Kulit Mas’Ud: Cirebon, Jawa Barat.
  1. Keripik Oncom dan Tempe

oleh oleh dari jawa barat

Oleh oleh khas Jawa Barat berikutnya adalah keripik oncom dan juga keripik tempe. Keripik oncom terbuat dari kacang tanah yang sudah difermentasi kemudian dikeringkan dan dipotong potong selera. Pada awalnya, keripik oncom dan keripik tempe ini hanya menjual rasa original, akan tetapi sekarang ini juga tersedia dalam beberapa rasa seperti pedas, keju dan beberapa varian rasa lainnya.

  1. Asinan Bogor

oleh oleh dari jawa barat

Oleh oleh makanan khas Jawa Barat ini sudah sangat terkenal hingga ke seluruh wilayah Indonesia yang terbuat dari sayuran dan buah buahan seperti tauge, kol, nanas, bengkuang, salah dan jambu yang disiram dengan kuah rebusan cabai merah, cuka, ebi dan gula pasir yang sudah wajib masuk dalam daftar oleh oleh anda. Ada begitu banyak tempat yang bisa anda kunjungi untuk mendapatkan asinan asli Bogor yang menyegarkan ini dari mulai toko oleh oleh hingga datang langsung ke tempat yang secara khusus menjual asinan bogor tersebut.

  • Asinan Nyonya Yenny: Jl. Bina Marga No.1.
  • Asinan Asli Bogor: Jl. Ir. Haji Juanda No.90, Gudang, Bogor Tengah.
  • Asinan Sedap Gedung Dalam: Jl. Siliwangi No.27C, Sukasari, Bogor Timur.

Leave a Comment