Oleh Oleh Kalimantan Tengah

Oleh Oleh Kalimantan Tengah – Oleh oleh dari Kalimantan Tengah umumnya dibuat oleh masyarakat Suku Banjar dan juga Dayak, Penduduk sekitar menggunakan bahan bahan unik dari alam sehingga juga menghasilkan kuliner yang lezat sekaligus kaya akan manfaat. Kalimantan Tengah sendiri merupakan salah satu provinsi paling besar di Pulau Kalimantan yang juga memiliki keindahan alam bahkan area hutan Kalimantan juga menjadi paru paru dunia. Bagi anda yang ingin berkunjung ke sana, jangan lupa juga untuk membeli berbagai oleh oleh khas Kalimantan Tengah seperti yang akan kami ulas berikut ini.

Daftar Nama Oleh Oleh Kalimantan Tengah

  1. Wadi

oleh oleh kalimantan tengah

Kehidupan Suku Banjar dan Suku Dayak di kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah sebagian besar adalah menanam padi dan menjaring ikan di sungai. Ketika musim ikan berkurang, maka penduduk sekitar biasanya membuat persediaan ikan fermentasi bernama wadi. Wadi atau ikan fermentasi melewati proses pembuatan yang cukup panjang sekitar 2 hari sehingga sangat cocok dijadikan oleh oleh Kalimantan Tengah.

Hampir semua jenis ikan sungai bisa diolah menjadi wadi yang bisa bertahan dari hitungan bulan hingga tahun. Untuk mengkonsumsi wadi ini juga bisa ditambahkan dengan gula merah dan jeruk nipis agar rasanya bisa lebih nikmat.

  1. Kue Gagatas

oleh oleh kalimantan tengah

Kue gagatas merupakan kue tradisional dari beras ketan yang bisa anda beli di toko oleh oleh Kalimantan Tengah. Kue yang dijadikan cemilan ini juga bisa banyak anda temukan di pasar tradisional dengan harga terjangkau.

Bentuk kue ini sedikit lonjong seperti telur dan juga ada yang pipih. Bagian luar kue ini dilapisi dengan gula merah seperti gemblong yang dibuat oleh masyarakat Suku Dayak, Banjar dan bahkan suku Jawa.

  1. Raja Kelakai Kalimantan

oleh oleh kalimantan tengah

Kelakai merupakan tanaman khas yang tumbuh di Kalimantan Tengah dengan kandungan nutrisi tinggi yang biasanya dijadikan sebagai makanan dan juga cemilan. keripik Raja Kelakai Kalimantan ini sangat cocok dijadikan oleh oleh dari Kalimantan Tengah dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari 5 ribu hingga 12 ribu.

  1. Kue Cucur

oleh oleh khas kalimantan tengah

Kalimantan Tengah juga terkenal dengan penganan kue cucur yang terbuat dari tepung beras dan gula pasir. Kue cucur Kalimantan sendiri terdiri dari 3 jenis yakni kue cucur putih, kue cucur merah dan juga kue cucur kuning yang masing masing memiliki arti dalam ritual.

Baca Juga:   Oleh Oleh Sulawesi Utara

untuk cucur putih tersebut dari tepung beras dan gula pasir, sedangkan untuk cucur merah terbuat dari tepung beras, gula pasir dan gula merah. Sementara kue cucur kuning terbuat dari tepung beras, gula pasir dan juga kunyit sebagai pewarna alaminya. Kue cucur ini bisa anda jadikan oleh oleh Kalimantan Tengah dengan harga yang sangat terjangkau yakni sekitar seribu Rupiah saja per 1 buah kue cucur.

  1. Amplang Umai

oleh oleh khas kalimantan tengah

Amplang Umai juga menjadi oleh oleh khas Kalimantan Tengah yang harus anda beli. Penganan ini terbuat dari ikan tenggiri kualitas super yang diberi bumbu tradisional dan tanpa bahan pengawet. Anda bisa membeli Amplang Umai ini dalam berbagai kemasan seperti 50 gram, 100 gram, 200 gram, 500 gram dan juga 1000 gram sesuai selera dan kebutuhan.

  • Toko Fauzi 2: Jl. Batam 16A Palangkaraya.
  • Hadran Juliansyah: Jl. Edy Swargono No.30 RT 04, Kelurahan Madurejo.
  • Abah Utsman: Komplek Citra Pesona Mandiri Asri Blok 1 No.16.
  1. Tahu Bakso Ijo

oleh oleh khas kalimantan tengah

Tahu Bakso Ijo merupakan oleh oleh dari Kalimantan Tengah lebih tepatnya Palangkaraya yang sangat direkomendasikan jika anda berkunjung kesana. Tahu Bakso Ijo ini sudah dikemas sehingga praktis untuk dijadikan oleh oleh yang terdiri dari 2 varian yakni sapi dan ayam. untuk 1 kotak berisi 10 potong tahu bisa anda beli dengan harga sekitar 30 ribu dalam kondisi mentah sehingga lebih awet.

  1. Chai Kue

oleh oleh khas kalimantan tengah

Chai kue atau choi pan merupakan penganan Kalimantan yang terpengaruh dari budaya Tiongkok. Kudapan ini memiliki rasa yang gurih diisi dengan lobak dan ebi sehingga cocok dijadikan oleh oleh dari Kalimantan Tengah. Umumnya, penganan ini dijual bersama sambal yang pedas asam sehingga semakin menambah kenikmatan ketika menyantap kue yang satu ini.

  1. Hekeng

oleh oleh dari kalimantan tengah

Hekeng merupakan masakan Kalimantan campuran Tiongkok yang umumnya terbuat dari campuran daging dari mulai daging hingga udang. Penganan non halal ini sangat cocok dijadikan oleh oleh yang rasanya hampir serupa dengan siomay namun diolah dengan cara digoreng kering dan disantap dengan kuah asam manis.

  1. Kue Lakatan

oleh oleh dari kalimantan tengah

Kue lakatan juga menjadi salah satu oleh oleh makanan Kalimantan Tengah yang termasuk jenis kue basah. Anda bisa menemukan kue lakatan ini dengan mudah mulai dari pasar tradisional, toko oleh oleh hingga penjual kue di pinggir jalan dengan harga sangat terjangkau yakni sekitar seribu Rupiah.

Baca Juga:   Oleh Oleh Sulawesi Tengah

Kue lakatan ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan gula merah, gula pasir, telur, santan dan beberapa bahan lainnya yang memiliki dua lapisan yakni putih dan coklat.

  1. Balungan Hayam

oleh oleh kalimantan tengah

Meski bernama balungan hayam, namun kue ini bukan berarti terbuat dari bebalungan atau jengger ayam namun terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan bumbu dan bahan lain. Yang membuat oleh oleh Kalimantan Tengah ini istimewa adalah hinti yakni campuran kelapa parut muda dan gula merah yang kemudian digunakan sebagai isi balungan hayam.

Penggunaan air kapur dalam kue ini berguna untuk membuat adonan menjadi kenyal sekaligus membuat kue basah ini lebih awet sehingga cocok dijadikan oleh oleh. Untuk mendapatkan kue balungan hayam ini bisa anda dapatkan di pusat oleh oleh Kalimantan Tengah.

  1. Kue Lidah Sapi

oleh oleh kalimantan tengah

Kue lidah sapi memiliki penampilan seperti ropi dan terlihat liat seperti lidah sapi. Roti ini terbuat dari campuran telur, tepung, gula merah dan beberapa bahan lain yang sangat wajib masuk dalam daftar oleh oleh khas Kalimantan Tengah.

Kue lidah sapi ini bisa anda dapatkan dengan mudah di Kalimantan Tengah khususnya Desa Pembuang Hulu, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah yang juga bisa ditemukan di wilayah Kalimantan Selatan khususnya selama bulan Ramadhan.

  1. Manisan Terong Asam

oleh oleh kalimantan tengah

Terong asam yang dalam bahasa Dayak disebut dengan asam rimbang ini juga sangat cocok dijadikan oleh oleh Kalimantan Tengah. Manisan ini terbuat dari buah terong asam yang sudah matang berwarna hijau kekuningan dan bagian dagingnya saja yang akan diolah menjadi manisan.

Cara pengolahan manisan asam ini sama dengan manisan pada umumnya. Namun yang membuat manisan terong ini berbeda adalah penggunaan sirup rosella untuk pewarna merah alami pada manisan ini agar terlihat semakin menarik. Manisa ini juga sangat awet dan bisa dibeli dengan harga terjangkau sehingga cocok untuk dijadikan oleh oleh.

  1. Kripik Singkah Uei

oleh oleh kalimantan tengah

Kripik Singkah Uei atau rotan muda juga menjadi camilan khas yang pas untuk dijadikan oleh oleh dari Kalimantan Tengah. Perpaduan rasa dari rotan muda yang renyah membuat camilan ini sangat nikmat untuk dijadikan buah tangan yang tersedia dalam varian rasa pedas manis dan beberapa rasa lainnya. Kripik Singkah Uei ini juga sangat terjangkau yakni hanya sekitar 20 ribu saja per kemasan yang bisa anda dapatkan di toko oleh oleh Kalimantan Tengah.

Baca Juga:   Oleh Oleh Sumatera Barat

Leave a Comment