Oleh Oleh Khas Jambi

Kali ini kita akan membahas Oleh-Oleh Khas Jambi. Jambi memiliki banyak area wisata yang tidak kalah indah dibandingkan area lain untuk dikunjungi seperti Candi Muaro, Danau Sipin, Tanggo Rajo, Jambi Paradise dan masih banyak lagi.

Tidak hanya destinasi wisata, namun Jambi juga menyimpan berbagai kuliner khas yang layak untuk dicicipi sekaligus dibeli sebagai oleh oleh ketika anda berkunjung ke daerah tersebut. Dari sekian banyak oleh oleh Jambi, berikut ini kami akan berikan beberapa buah tangan paling direkomendasikan untuk masuk dalam daftar oleh oleh anda.

Daftar Nama Oleh Oleh Jambi

  1. Dodol Kentang

oleh oleh Jambi

Jika Garut terkenal sebagai surganya dodol, Jambi juga memiliki jenis dodol yang sangat unik yakni dodol kentang. Oleh oleh Jambi ini adalah hasil pertanian langsung dari penduduk di kaki Gunung Kerinci, Jambi dimana kentang akan diolah menjadi dodol pada umumnya akan tetapi memiliki tekstur halus sehingga lebih mudah dinikmati baik anak anak hingga orang tua.

  1. Dodol Nanas

oleh oleh Jambi

Selain dodol kentang, anda juga bisa membeli dodol nanas untuk oleh oleh khas Jambi. Jambi memang terkenal sebagai penghasil nanas dan masyarakat setempat mengolah nanas tersebut menjadi dodol yang bisa anda temukan di Muarojambi dan beberapa daerah lainnya. Dodol nanas ini banyak dicari para wisatawan karena rasanya yang legit, enak dan dipastikan membuat anda ketagihan.

  1. Duku Kumpeh

oleh-oleh khas jambi

Selain sebagai penghasil nanas, Jambi khususnya daerah Muarojambi juga menjadi penghasil duku kumpeh yang sangat berlimpah meski juga bisa ditemukan di Palembang. Buah berbentuk mungil ini juga sangat disarankan untuk masuk dalam daftar oleh oleh makanan khas Jambi ketika anda sedang berlibur ke daerah ini karena berbeda dengan buah duku pada umumnya karena tidak memiliki biji dan ukurannya lebih besar jika dibandingkan duku pada umumnya.

  1. Kopi AAA

oleh-oleh khas jambi

Untuk anda penggemar kopi, Kopi AAA juga menjadi oleh oleh Jambi yang tidak boleh dilupakan selain juga membeli kudapan atau camilan khas Jambi. Kopi AAA sendiri dulunya adalah merek dagang dari perusahaan kopi yang kemudian sekarang ini dijadikan oleh oleh khas Jambi karena rasanya yang sangat khas.

  1. Bolu Kojo

oleh-oleh khas jambi

Meski Palembang juga memiliki penganan khas bolu kojo, akan tetapi oleh oleh Jambi ini memiliki beberapa perbedaan walau namanya sama. Bolu kojo Jambi disajikan tanpa adanya lapisan yakni hanya polos berwarna hijau. Untuk rasanya sendiri adalah manis, lembut dan sudah dikemas dengan menarik sehingga cocok dijadikan oleh oleh.

  1. Lempok Durian

oleh oleh makanan khas jambi

Bagi anda atau ada sanak saudara anda yang gemar makan durian, maka lempok durian ini bisa dijadikan oleh oleh Jambi yang memiliki rasa manis dan legit. Lempok atau dodol durian ini terbuat dari buah durian asli yang dicampur dengan gula pasir dan sedikit garam yang sangat tepat dijadikan buah tangan khas Jambi.

  1. Kue Srikaya

oleh oleh makanan khas jambi

Kue srikaya juga menjadi penganan khas Jambi yang cocok dijadikan oleh oleh. Kue ini terbuat dari tape, gula, rempah rempah, santan dan juga sari daun pandan sebagai pewarna yang dicampur menjadi adonan. Kue berwarna hijau dengan aroma pandan dan rempah yang khas ini sangat cocok dijadikan oleh oleh khas Jambi yang bisa anda beli dengan harga terjangkau untuk setiap loyangnya.

  1. Kue Putri Kandis

oleh khas jambi

Kue putri kandis yang memiliki bentuk kotak dan berlapis ini tidak hanya cantik namun juga memiliki rasa yang sangat khas sehingga sangat tepat dijadikan oleh oleh makanan khas Jambi yang biasanya juga sering disajikan dalam perayaan adat Jambi seperti acara antar belanjo.

  1. Pempek Jambi

oleh khas jambi

Tidak hanya Palembang yang sangat terkenal dengan kudapan pempek, namun Jambi juga terkenal dengan pempek yang memiliki perbedaan dengan pempek Palembang sehingga cocok dijadikan oleh oleh Jambi. Meski bentuknya terlihat serupa, akan tetapi cara penyajian dan cuka pempek sangat berbeda.

Baca Juga:   Oleh Oleh Kalimantan Selatan

Anda bisa mendapatkan pempek khas Jambi ini di 3 area terkenal seperti Pempek Asing di Jl. Orang Kayo Hitam No.17-18, Talang Banjar, Pempek Selamat di Jl. Soekarno Hatta No.8, The Hok dan juga Pempek Nikmat di Jl. Madura No.94 RT. 06 / RW. 01, Cempaka Putih, Jelutung.

  1. Gandus

oleh khas jambi

Jambi memang sangat terkenal dengan beragam jenis kue yang masing masing memiliki kekhasan tersendiri seperti salah satunya kue gandus. Gandus memiliki tekstur kenyal namun halus yang terbuat dari campuran sagu, tepung beras dan santan yang kemudian ditambahkan dengan bawang putih, bawang merah dan cabai.

Agar lebih nikmat, oleh khas Jambi ini juga diberikan toping berupa ebi sangrai, irisan cabai, daun seledri dan bawang goreng dan terkadang juga disertai dengan daging sehingga menjadi penganan unik yang harus anda bawa sepulang dari Jambi.

  1. Rambutan Goreng

oleh khas jambi

Jika buah rambutan biasanya dikonsumsi langsung, namun ketika berkunjung ke Jambi, anda akan menemukan penganan yang terbuat dari buah rambutan tersebut. Oleh oleh makanan khas Jambi ini terbuat dari daging buah rambutan yang dikeringkan kemudian ditambah dengan berbagai bumbu dan digoreng.

Rasa penganan ini memiliki rasa yang serupa dengan buah kurma dan sangat awet sebab bisa tahan sampai 6 bulan meski tanpa ditambahkan dengan bahan pengawet sehingga cocok dijadikan oleh oleh untuk keluarga dan sahabat.

  1. Teh Kayu Aro Kerinci

oleh oleh Jambi

Perkebunan Teh Kayu Aro memang menjadi salah satu tujuan wisata di Jambi sebab menjadi perkebunan teh tertua dan tertinggi yang ada di Indonesia. Teh kayu aro kerinci ini memang memiliki kualitas yang sangat baik sehingga cocok dijadikan oleh oleh khas Jambi. Teh kayu aro kerinci ini dibagi menjadi 2 jenis yakni grade 1 yang biasanya diekspor ke negara di Eropa, Amerika, Asia dan Timur Tengah serta grade berikutnya untuk pasar lokal yang bisa anda beli untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh.

  1. Kerutup Ikan

oleh oleh Jambi

Jika anda ingin membawa oleh oleh khas Jambi yang terbuat dari ikan, maka kerutup ikan ini menjadi salah satu penganan wajib yang harus anda beli. Kerutup ikan ini terbuat dari ikan mas, ikan nila dan ikan gurame yang diolah dengan bumbu khusus dan digoreng bersama daun kunyit. Anda bisa menemukan kerutup ikan ini di rumah makan, warung pinggir jalan dan pusat oleh oleh di kota Jambi.

  1. Rendang Cempedak

oleh-oleh khas jambi

Masyarakat di Sumatera seringkali memanfaatkan cempedak sebagai lauk atau sayur. Dari bagian kulit hingga buah sama sama bisa dijadikan makanan yang nikmat. Sedangkan di Jambi, cempedak ini biasa diolah menjadi rendang dengan bumbu yang sangat khas sehingga cocok dijadikan sebagai oleh oleh Jambi karena juga awet untuk dibawa bepergian.

  1. Otak Otak

oleh-oleh khas jambi

Meski otak otak bisa ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia, akan tetapi otak otak khas Jambi memiliki rasa dan cara penyajian yang unik. Ikan hasil tangkapan dari Sungai Batanghari yang membuat rasa dari oleh oleh Jambi ini terasa berbeda. Selain itu, jika umumnya otak otak disantap dengan kecap, sambal kacang atau cuka, maka otak otak jambi ini disantap dengan saus cabai yang tentunya sangat menggugah selera.

Baca Juga:   Oleh Oleh Sulawesi Barat

Leave a Comment