Oleh Oleh Jawa Timur

Oleh Oleh Jawa Timur – Jawa Timur tidak hanya menjadi daerah yang sering disambangi para wisatawan karena keindahan alam dan kebudayaan serta peninggalan sejarahnya, akan tetapi ada begitu banyak kuliner nikmat yang bisa anda temukan di Jawa Timur ini. Beberapa kuliner nikmat khas Jawa Timur seperti bakso malang, soto lamongan, lontong balap, tahu tek, sambel wader, bebek sanjay dan masih banyak lagi, anda juga bisa membawa berbagai oleh oleh khas Jawa Timur yang tidak kalah enak dan unik seperti yang akan kami ulas secara lengkap berikut ini.

Daftar Nama Oleh Oleh Jawa Timur

  1. Spikoe Resep Kuno

oleh oleh Jawa Barat

Spikoe Resep Kuno adalah lapis legit yang cara pembuatannya memang menggunakan resep kuno. Tekstur kue ini sangatlah lembut terdiri dari dua lapis khas spiku yakni kuning dan coklat. Oleh oleh khas Jawa Timur ini bisa anda dapatkan di Jl. Rungkut Madya 41 dengan empat varian rasa yakni Spikoe Prunes, Spikoe Tanpa Kismis, Spikoe Raisin dan juga Speculaas. Untuk ukuran reguler yakni 10 x 26 cm bisa dibeli seharga 75 ribu. Sedangkan untuk ukuran spesial yakni 24 x 26 cm bisa anda beli dengan harga 270 ribu yang tidak perlu diragukan lagi dari segi rasa dan kelembutannya.

  1. Sambal Bu Rudy

oleh oleh Jawa Barat

Sambal Bu Rudy sudah menjadi oleh oleh dari Jawa Timur khususnya Surabaya yang sangat terkenal. Ada beberapa pilihan sambal yang bisa anda jadikan oleh oleh yakni sambal bajak, sambal bawang, sambal udang dan beberapa varian sambal lain yang masing masing dijual dengan harga terjangkau yakni sekitar 25 ribu saja per botol.

Baca Juga:   Oleh Oleh Maluku

Jika anda tertarik untuk membeli sambal ini, anda bisa datang ke salah satu cabang terbesarnya di Jl, Dharmahusada 140 untuk memborong Sambal Bu Rudy ini sebagai oleh oleh khas Jawa Timur.

  1. Siropen Telasih

oleh oleh jawa barat

Siropen Telasih ini sudah ada sejak tahun 1923 yang dikelola perusahaan Belanda sebelum akhirnya diteruskan oleh masyarakat Indonesia. Untuk membeli Siropen Telasih sebagai oleh oleh Jawa Timur, anda bisa datang langsung ke Jl. Mliwis No.5.

Sirup ini sangat istimewa karena dalam proses pembuatannya tidak ditambahkan dengan pemanis tambahan dan varian rasa juga cukup beragam dari mulai vanili, frambozen, coco pandan, mawar, karamel, leci dan juga peppermint. Untuk harga per botol sirup ini dijual dengan harga antara 23 hingga 25 ribu saja yang sangat cocok dijadikan oleh oleh kerabat anda.

  1. Abon Sapi Padmosusastro

oleh oleh jawa barat

Jawa Timur khususnya Surabaya memang menjadi daerah penghasil abon yang terkenal karena nikmat. Anda bisa membeli abon ini di Jl. Padmosusastro sebagai oleh oleh khas Jawa Timur sekaligus juga ikut melihat proses pembuatan abon tersebut.

Ada dua varian rasa abon yang harus anda beli yakni rasa pedas dan manis dengan harga sekitar 47 ribu per kilogram.

  1. Keripik Usus Ayam Gemes

oleh oleh khas jawa barat

Keripik usus ayam gemes juga menjadi camilan khas yang cocok dijadikan oleh oleh Jawa Timur. Cemilan ini terbuat dari usus ayam segar yang diproses dengan cara tradisional hingga menghasilkan keripik usus ayam gurih, sedap dan juga renyah. Ada banyak pilihan rasa keripik usus ayam gemes ini seperti original, balado, barbeque, pedas dan juga keju.

  1. Bebek Djangkep

oleh oleh khas jawa barat

Satu lagi oleh oleh dari Jawa Timur yang tidak boleh lupa anda beli yakni Bebek Djangkep yang bisa anda temukan dengan mudah di berbagai toko oleh oleh di Jawa Timur. Bebek Djangkep ini dibungkus seperti pepes dengan berbagai rempah yang disebut bumbu kuning dan sudah dikemas dalam kemasan kedap udara sehingga awet dan pas dibawa sebagai oleh oleh.

Baca Juga:   Oleh Oleh Sumatera Selatan

Untuk 1 porsi Bebek Djangkep tanpa ceker dan jeroan bisa anda dapatkan dengan harga sekitar 110 ribu. Bebek ini nantinya tinggal digoreng saja hingga kulitnya berwarna golden brown ketika ingin disantap bersama dengan sambal yang juga sudah disediakan.

  1. Guna Guna Snack

oleh oleh jawa timur dan harganya

Guna Guna Snack ini menjadi oleh oleh khas Jawa Timur selanjutnya yang harus anda bawa pulang. Keripik singkong dan keripik kentang dengan aneka rasa khas anak muda sudah dikemas dalam kaleng mungil yang sangat cantik sehingga praktis sekaligus tentunya nikmat untuk dijadikan oleh oleh.

Selain rasa manis, anda juga harus membeli Guna Guna Snack rasa lainnya seperti kentang pedas, singkong balado, semprit keju dan bahkan keripik buah naga yang semuanya dijamin enak. Untuk harganya sendiri juga bervariasi dari mulai 20 ribu hingga 150 ribu tergantung jenis cemilan dan beratnya.

  1. Suoklat

oleh oleh jawa timur dan harganya

Suoklat merupakan olahan yang terbuat dari coklat hasil kreasi wanita muda bernama Devi Meisita. Jajanan yang sangat tepat dijadikan oleh oleh khas Jawa Timur ini memiliki banyak varian seperti milk chocolate crispy, dark chocolate crispy, white chocolate crispy, dark kurma mete, premium cokelat, chocolate cookies mete, cokelat kopi serta cokelat jahe.

Anda bisa menemukan oleh oleh ini di Jl. Gubeng Kertajaya VIIC, Surabaya untuk membeli coklat cair, batangan, serbuk minuman dan lain sebagainya yang sudah dikemas dalam kemasan daur ulang dan juga ada yang toples dengan berat 375 gram sekitar 70 ribu untuk setiap toplesnya.

  1. Keripik Buah Kane Kane

oleh oleh jawa timur dan harganya

Oleh oleh makanan khas Jawa Timur ini terbuat dari buah segar yang digoreng dengan coconut oil atau minyak kelapa yang mengandung lemak baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, proses menggoreng penganan ini juga sangat uni yakni memakai metode vaccuum frying atau penggorengan vakum dengan suhu yang kecil untuk menghasilkan keripik ekstra renyah sekaligus awet.

Baca Juga:   Oleh Oleh Kalimantan Timur

Ada banyak varian rasa yang bisa anda beli seperti keripik nanas, keripik apel, keripik mangga, keripik salak pondoh, keripik nangka dan juga keripik pepaya bahkan ada juga yang mix. Untuk harganya sendiri mulai dari 17 ribu ukuran 80 gram hingga 52 ribu untuk kemasan 200 gram serta 70 ribu untuk kemasan 300 gram.

  1. Oseng Tuna Asap

oleh oleh jawa timur dan keterangannya

Oseng Tuna Asap adalah makanan siap saji yang sangat praktis untuk dibawa sebagai oleh oleh Jawa Timur. Ikan tuna segar sebagai bahan utamanya akan diasapi kemudian dibuang durinya. Nantinya, daging ikan tuna tersebut akan dimasak memakai bumbu dan dimasukkan dalam wadah praktis sekaligus cantik untuk anda bawa pulang.

Anda bisa membeli Oseng Tuna Asap ini di salah satu produsen yang sudah sangat terkenal yakni Oseng Tuna Asap Jeng Intan atau disingkat menjadi OTAJI. Anda bisa memilih rasa original atau pedas dengan harga sekitar 55 ribu kemasan 500 gram di Perumahan Amertha No.3, Surabaya.

  1. Kerupuk Udang Lobster

oleh oleh jawa timur dan keterangannya

Jika kerupuk lain terbuat dari udang berukuran kecil atau rebon, berbeda dengan oleh oleh dari Jawa Timur bernama Kerupuk Udang Lobster. Seperti namanya. lobster digunakan sebagai bahan utama meski hanya perasa saja sehingga membuat kerupuk yang tentunya bisa terbayang kelezatan dan gurih kerupuk ini selain banyak juga kandungan gizinya.

 

Kerupuk yang terbuat dari campuran tepung tapioka dan perasa udang lobster ini ini bisa anda beli dengan harga sekitar 50 ribu untuk setiap kemasan seberat 500 gram sebagai oleh oleh sanak saudara.

Leave a Comment