Pakaian Adat Jawa – Jawa menjadi etnis mayoritas yang ada di Indonesia. Walau sebagian besar menempati Pulau Jawa, akan tetapi keturunan dari Jawa juga tersebar di berbagai wilayah Indonesia yang kemudian juga berpengaruh pada budaya Jawa yang diadopsi dalam kehidupan sehari hari. Seperti daerah lainnya, Jawa menjadi suku yang sangat kaya akan kebudayaan dan adat seperti salah satunya yang bisa terlihat dari pakaian adat. Pakaian adat Jawa sudah sangat banyak digunakan dalam berbagai kegiatan baik yang formal maupun kasual. Pakaian adat jawa juga cukup beragam karena Pulau Jawa sendiri terbagi menjadi 3 provinsi yakni Jawa Timur, Jawa Tengah dan juga Jawa Barat. Berikut ini akan kami jelaskan apa saja pakaian adat Jawa yang bisa menambah informasi anda.
Isi Artikel
Daftar Nama Pakaian Adat Jawa
Kebaya
Kebaya adalah pakaian adat Jawa jenis blus, tunik atau atasan tradisional yang digunakan oleh para wanita. Umumnya, kebaya dibuat dari bahan kain tipis yang dikombinasikan dengan sarung, kain batik atau songket. Akan tetapi, nama kebaya sendiri diambil dari bahasa Arab yakni abaya yang berarti pakaian.
Sumber lain mengatakan jika sebenarnya kebaya dibawa dari Tiongkok dan sudah mengalami akulturasi budaya ketika sampai di tanah Jawa. Pada masa tersebut, kebaya menjadi salah satu simbol aristrokasi perempuan bangsawan yang membedakan mereka dengan rakyat biasa. Rafles menulis jika jenis kebaya bahan sutra, brokat atau beludru dengan bukaan yang kemudian disatukan memakai bros pada bagian dada sudah ada sejak tahun 1817.
Dengan perkembangan zaman, pakaian yang termasuk juga dalam baju adat Jawa Tengah Solo ini sudah mulai kehilangan peminat. Bisa dikatakan kebaya menjadi saksi perkembangan Indonesia sejak zaman kerajaan Nusantara hingga saat ini. Kebaya sudah digunakan oleh para wanita bangsawan, pakaian perempuan kolonial hingga berbagai acara formal. Selain itu perkembangan model kebaya juga terus mengikuti zaman sehingga masih sering digunakan hingga saat ini.
Jawi Jangkep
Gambar diatas adalah gambar pakaian adat Jawa Tengah. Jika kebaya merupakan pakaian resmi wanita, maka jawi jangkep adalah pakaian resmi untuk pria yang berasa dari Keraton Kasunanan Surakarta. Jawi jangkep terdiri dari dua jenis yakni Jawi Jangkep dan Jawi Jangkep Padintenan atau keseharian.
Jawi jangkep mengkhususkan pemakaian atasan hitam yang hanya boleh dikenakan untuk acara formal. Sedangkan untuk jawi jangkep padintenan menggunakan atasan warna selain hitam yang dipakai pada acara non formal. Untuk perlengkapan pakaian adat Jawa selengkapnya adalah:
- Setagen.
- Penutup kepala berupa destar atau blankon.
- Pakaian atasan dengan bagian belakang yang lebih pendek untuk tempat keris.
- Epek, timan serta lerep untuk ikat pinggang.
- Kain bawahan.
- Wangkingan atau keris.
- Canilan atau selop sebagai alas kaki.
Sampai sekarang, pakaian jawi langkep ini juga masih banyak digunakan terutama dalam acara acara adat formal.
Beskap
Beskap juga merupakan salah satu pakaian adat Jawa berupa atasan untuk jawi jangkep. Akan tetapi, dengan semakin berkembangnya zaman, beskap ini juga sering dipakai secara terpisah. Tradisi memakai beskap ini sudah dilakukan sejak zaman Mataram pada akhir abad ke-18. Beskap ini memiliki bentuk kemeja lipat dan berkerah bukan lipat yang umumnya berwarna polos. Kancing pada beskap letaknya ada di sisi kanan serta kiri dan juga pola kancing menyamping. Sama seperti atasan pakaian adat Jawa lainnya, pada bagian belakang beskap juga dibuat terbuka sebagai tempat meletakkan keris.
Beskap sendiri terdiri dari empat jenis yakni beskap bergaya Solo yakni jenis beskap yang diinspirasi dari pakem budaya Keraton Kasunanan, beskap gaya Yogya yang merujuk pada pakem Keratin Kasultanan, beskap landung yang merupakan jenis beskap dengan bagian depan panjang dan juga beskap gaya kulon.
Surjan
Gambar pakaian adat Jawa diatas bernama surjan yakni kemeja atasan yang khusus dipakai oleh kaum pria. Pakaian ini memiliki lengan panjang dengan kerah tegak serta terbuat dari kain bermotif lurik atau bunga. Nama surjan sendiri merupakan singkatan dari gabungan kata suraksa janma yang berarti manusia. Ada juga yang mengatakan jika surjan berasal dari kata siro dan jan yang berarti pelita.
Dari catatan sejarah, surjan sudah ada sejak zaman Mataram islam yang diciptakan pertama kalinya oleh Sunan Kalijaga. Pakaian adat Jawa ini juga sering disebut dengan pakaian taqwa sebab mengandung makna yang religius, seperti:
- 6 kancing pada bagian kerah menjadi lambang rukun iman.
- 2 buah kancing yang ada di bagian dada kiri dan kanan menjadi lambang dua kalimat Syahadat.
- 3 buah kancing yang tidka terlihat di bagian dada dekat dengan perut melambangkan nafsu manusia yang harus dikendalikan.
Penggunaan surjan sendiri dulu hanya dikenakan oleh para bangsawan dan abdi keraton saja. Namun sekarang sudah bisa digunakan oleh masyarakat luas.
Kanigaran
Kanigaran sebenarnya merujuk pada riasan khusus pengantin dari keluarga kerajaan di Kesultanan Ngayogyakarta yang disebut dengan paes ageng kanigaran. Riasan tersebut digunakan juga oleh masyarakat umum pada masa pemerintahan Sultan HB IX. Kanigaran sarat dengan arti filosofis dan juga banyak digunakan calon pengantin khususnya yang berasal dari suku Jawa.
Pakaian adat Jawa ini terbuat dari bahan beludru warna hitam yang dilengkapi juga dengan kain dodot atau kampuh untuk bawahan. Riasan dan juga aksesoris serta cara mengenakannya juga memiliki aturan khusus dan hanya perias terlatih saja yang bisa melakukannya.
Basahan
Sama seperti kanigaran, basahan juga merupakan riasan yang dipakai oleh pengantin. Basahan ini menjadi warisan kebudayaan Mataram yang masih juga dijadikan riasan pilihan di upacara pernikahan. Yang membedakan antara basahan dan kanigaran adalah dari gaya berpakaiannya. Kanigaran memakai pakaian luar berbahan beludru sesudah kemben. Sedangkan untuk basahan tidak memakai luaran tersebut. Riasan dan juga aksesoris yang dipakai hampir sama dengan riasan paes ageng kanigaran.
Batik
Batik merupakan pakaian adat Jawa selanjutnya. Batik sendiri diambil dari kalimat Jawa babat soko sak tithik yang bisa diartikan sebagai mengerjakan sesuatu secara sedikit demi sedikit. Ada juga yang menjelaskan jika batik merupakan gabungan dari kata amba yang berarti luas atau lebar dan juga thik atau titik atau matik yang berarti membuat titik yang jika diartikan menjadi menggambar dan menggabungkan beberapa titik pada kain yang lebar.
Tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO sudah mengakui jika batik menjadi warisan budaya dari Indonesia yang kemudian membuat penggunaan batik semakin populer untuk berbagai kesempatan baik resmi atau tidak resmi. Bahkan, beberapa instansi pemerintahan dan juga swasta serta sekolah menggunakan batik sebagai seragam wajibnya.
Selain motif baku dari keraton, para produsen batik juga semakin kreatif dan berani memberikan corak serta warna pada kain. Masing masing karakteristik motif tersebut juga dipengaruhi dengan kondisi geografis dan budaya setempat. Batik daerah pesisir umumnya lebih dinamis dalam penggunaan corak dan warna dibandingkan dengan daerah yang masih dipengaruhi dengan budaya Keraton.
Dengan perkembangan zaman, kini model pakaian batik juga semakin beragam. Kain batik tidak hanya dijadikan sebagai bawahan ketika mengenakan kebaya, namun perempuan juga sudah menggunakan batik sebagai atasan bahkan untuk gaun.
Baju Pesaan Khas Madura
Pakaian adat Jawa khususnya Jawa Timur selanjutnya adalah baju pesaan khas Madura. Sebetulnya baju pesaan ini adalah baju yang dikenakan dalam keseharian yakni masyarakat Madura dan juga oleh sebagian pesisir utara provinsi Jawa Timur. Meski begitu, karena keunikan dari pakaian ini, akhirnya dijadikan sebagai ikon utama untuk mewakili provinsi Jawa Timur di taraf nasional.