Senjata Tradisional Sulawesi Utara

Senjata Tradisional Sulawesi Utara – Bagi sebagian daerah di Indonesia, senjata adat merupakan simbol identitas diri bagi sebuah daerah, bahkan tak jarang menjadi kebangga andari daerah tersebut. Hampir setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki senjata tradisionalnya masing-masing yang mana menjadi ciri khas, termasuk daerah Sulawesi Utara. Nah kali ini akan dijelaskan mengenai senjata tradisional apakah yang dimiliki Sulawesi utara beserta penjelasannya.

Senjata Tradisional Sulawesi Utara Beserta Penejelasannya

  1. Pedang Bara Sangihe

Senjata Tradisional Sulawesi Utara Pedang Bara Sangihe ini dulunya dikenal sebagai salah satu alat yang sering digunakan salah satu pahlawan dari Sulawesi Utara yaitu Hengkeng U Nang. Sejak kecil, Hengkeng U Nang memang sudah rajin mengasah kemampuannya dalam bergulat serta ketangkasannya saat bermain pedang bara. Bahkan saat berperang, tak jarang pedang bara digunakannya untuk melawan musuh. Bahkan Hengkeng U Nang diangkat sebagai kontraktor Proyek Pembangunan Armada Angkatan Laut di tahun 1612.

Senjata Tradisional Sulawesi Utara

Bentuk pedang barang sangihe sendiri memang khas, yaitu dengan gagang dengan 2 cabang. Tak hanya pada bagian gagangnya saja, namun di ujung pedang bara juga terdapat 2 cabang yang diantara kedua cabang memiliki gerigi. Pedang bara menjadi salah satu kebangga dari masyarakat Sulawesi Utara dan menjadi kekayaan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan.

  1. Peda

Senjata Sulawesi Utara peda ini sejenis parang yang sering digunakan masyarakat untuk melakukan berbagai keperluan, mulai dari bertani hingga menyadap enau. Senjata tradiisonal ini memiliki bentuk yang khas dengan ukuran panjangnya mencapai 50 cm. Pada bagian bilah peda terbuat dari bahan besi sedangkan bagian hulunya menggunakan kayu yang keras. Di bagian ujung peda, anda dapat melihat adanya 2 cabang.

  1. Perisai

Senjata Adat Sulawesi Utara Perisai merupakan senjata tradisional khas Sulawesi Utara yang fungsinya digunakan sebagai tameng, untuk melindungi dan menangkis serangan dari musuh. Senjata perisai ini terbuat dari kayu, dengan ciri-ciri khas dengan adanya motif ukiran. Biasanya ukiran yang digunakan merupakan motif daun-daun maupun binatang.

Baca Juga:   Senjata Tradisional Jawa Tengah

Nah itu tadi 3 Senjata Tradisional Sulawesi Utara. Senjata-senjata tradisional ini kini perlu dilestarikan sehingga masih dapata diturunkan ke generasi selanjutnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment