Oleh Oleh Sulawesi Barat

Oleh Oleh Sulawesi Barat – Sulawesi Barat merupakan provinsi yang terbentuk pada tanggal 5 Oktober 2015. Tidak hanya memiliki sejarah yang panjang, namun Sulawesi Barat juga terkenal dengan kebudayaan yang kental termasuk juga berbagai kuliner nikmat. Masyarakat Sulawesi Barat sangat terkenal dengan penggunaan gula aren atau gula merah di setiap hidangannya baik itu masakan, kue dan juga minuman. Sebagian besar makanan Sulawesi Barat memiliki rasa manis yang sangat nikmat. Meski begitu, ada juga beberapa kuliner Sulawesi Barat lain yang bercita rasa gurih atau rasa lainnya. Agar lebih jelas, berikut ini akan kami jelaskan beberapa makanan khususnya oleh oleh Sulawesi Barat yang bisa anda beli untuk dibawa pulang ketika berkunjung ke daerah ini.

Daftar Nama Oleh Oleh Sulawesi Barat

  1. Apang

oleh oleh Sulawesi Barat

Apang merupakan oleh oleh dari Sulawesi Barat khususnya daerah Mandar dengan bentuk persegi berwarna coklat yang terbuat dari bahan dasar gula aren serta beberapa bahan lainnya. Kue apang ini terbuat dari tepung beras yang kemudian dikukus dalam cetakan. Dulunya, kue bercita rasa manis ini juga dicampur dengan tuak manis supaya adonan bisa mengembang lebih sempurna. Namun untuk sekarang, penggunaan tuak sudah diganti dengan baking powder sehingga bisa dinikmati lebih banyak orang.

Kue apang ini biasanya akan disajikan dengan taburan kelapa muda sehingga akan terasa lebih nikmat dan sangat cocok disajikan di pagi hari bersama teh atau kopi dan juga bisa dijadikan cemilan pengganjal lapar. Untuk mendapatkan kue apang ini, bisa ditemui dengan mudah di berbagai toko oleh oleh khas Sulawesi Barat dengan harga yang sangat terjangkau.

  1. Roti Pawa

oleh oleh Sulawesi Barat

Jika anda berkunjung ke Sulawesi Barat, maka roti pawa ini harus anda coba. Roti yang menyerupai bakpao ini sangat terkenal dan digemari masyarakat SumBar. Oleh oleh dari Sulawesi Barat ini sangat empuk dilengkapi dengan isian berupa campuran kacang tanah halus dan juga gula merah yang kemudian dikukus.

Baca Juga:   Oleh Oleh Kalimantan Barat

Sekarang ini, roti pawa juga sudah dikreasikan dengan berbagai isian yang lain seperti daging, kacang merah, kacang ijo, strawberry dan masih banyak lagi yang bisa anda beli di pusat oleh oleh Sulawesi Barat.

  1. Paso

oleh oleh Sulawesi Barat

Oleh oleh khas Sulawesi Barat berikutnya adalah paso yang di Mandar memiliki arti paku karena bentuk bagian ujung kue ini yang lancip Paso terbuat dari tepung beras dicampur gula aren cair dan santan yang kemudian dimasukkan dalam daun pisang yang sudah dibentuk seperti contong atau kerucut. Adonan tersebut kemudian dikukus dengan menggunakan penyangga berupa batang pisang agar adonan tidak tumpah.

Adonan juga tidak diisi terlalu penuh di cetakan sebab nantinya ketika sudah matang, santan kental akan dituang kembali di bagian atas yang sudah ditambahkan dengan sedikit garam.

  1. Kue Paranggi

oleh oleh Sulawesi Barat

Selain kue apang, oleh oleh dari Sulawesi Barat berikutnya yang tidak kalah nikmat dan masih terbuat dari gula aren adalah kue paranggi. Kue ini terlihat seperti mangkuk kecil yang merekah bagian atasnya. Kue ini terbuat dari tepung terigu dengan tekstur empuk dan manis.

Kue paranggi ini berbeda dengan kue mangkok lain sebab cetakan dipanaskan dengan bara yang bisa anda beli di pasar tradisional Mandar dan warung di sepanjang tepi jalan Sulawesi Barat yang cukup awet untuk anda bawa pulang.

  1. Kue Kui Kui

oleh oleh khas Sulawesi Barat

Jika dilihat sekilas, oleh oleh Sulawesi Barat ini terlihat seperti kue pukis namun bentuknya lebih panjang. Kue dengan nama unik ini terbuat dari tepung beras, gula merah dan juga parutan kelapa muda. Seperti kue paranggi, cetakan terlebih dulu juga akan dipanaskan dulu sebelumnya dengan memakai bara yang bisa anda beli dengan harga terjangkau.

  1. Kue Tetu

oleh oleh khas Sulawesi Barat

Kue tetu menjadi hidangan khas Sulawesi Barat yang biasanya disajikan untuk berbuka puasa. Seperti biasa, kue ini terbuat dari campuran campuran tepung, gula aren dan gula pasir yang kemudian dicampur dengan santan encer dan dimasukkan ke dalam cetakan yang terbuat dari daun pandan dibentuk persegi panjang.

Baca Juga:   Oleh Oleh Sulawesi Utara

Adonan nantinya akan diisi tidak terlalu penuh pada cetakan kemudian dikukus hingga matang. Sesudah itu, bagian atas kue akan ditambahkan kembali dengan santan kental. Bagi anda yang ingin membeli kue tetu sebagai oleh oleh dari Sulawesi Barat bisa didapatkan dengan murah di toko oleh oleh Sulawesi Barat atau pasar tradisional.

  1. Kue Bikang

oleh oleh khas Sulawesi Barat

Bisa dikatakan, kue bikang menjadi salah satu jenis kue tradisional yang sangat populer dan digemari masyarakat Indonesia termasuk juga Sulawesi Barat. Kue ini bisa dengan mudah anda temukan di pasar tradisional dengan mudah. Berbeda dengan bikang umumnya yang memiliki beberapa warna seperti merah, putih dan hijau, bika Sulawesi Barat memiliki warna putih polos.

Oleh oleh khas Sulawesi Barat memiliki tekstur berpori sehingga ketika disiram dengan gula aren cair, maka akan langsung lumer. Pembuatan kue ini tidak menggunakan kompor namun memakai pallu dan panjepangan sebagai pengganti wajan yang terbuat dari tanah liat sehingga cita rasa kue ini juga akan berbeda dengan bika lainnya.

  1. Jepa

oleh oleh dari Sulawesi Barat

Jepa merupakan makanan pokok masyarakat Mamuju, Sulawesi Barat yang terbuat dari singkong kukus dan ditumbuk halus kemudian dibakar di atas tembikar. Jepa ini biasanya akan disantap bersama ikan masak layang bumbu cabai dan santan yang sangat gurih. Anda masih bisa membawa oleh oleh Sulawesi Barat ini di sebuah warung tradisional dengan Bandara Tampa Padang.

Jepa yang berbentuk pipih bulat ini mengandung karbohidrat tinggi sehingga sangat tepat dijadikan pengganti nasi. Selain itu, ada juga jepa golta mamea yakni jepa yang terbuat dari campuran fula aren dengan ukuran lebih kecil dan bisa anda dapatkan dengan mudah di daerah Somba, kecamatan Sendana, Kabupaten Majene dengan harga sangat terjangkau yakni 3 ribu per buah.

  1. Ikan Terbang Asap

oleh oleh dari Sulawesi Barat

Ikan terbang yang disebut dengan ikan tuing tuing oleh masyarakat setempat memiliki sirip khas berbentuk seperti layar. Ikan terbang asap ini bisa anda jadikan oleh oleh khas Sulawesi Barat di Desa Somba, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Baca Juga:   Oleh Oleh Kalimantan Tengah

Di daerah tersebut ada begitu banyak warung yang menjual ikan terbang bahkan buka 24 jam. Makanan khas Sulawesi Barat ini diolah dengan cara unik yakni hanya dengan pengasapan dan bukan dibakar atau digoreng. Ikan terbang nantinya akan matang akibat panas yang dihasilkan dari pengasapan. Sebelum diasap, ikan terbang lebih dahulu akan direndam garam sehingga akan terasa sangat gurih meski tanpa tambahan bumbu lainnya.

Untuk membawa ikan terbang sebagai oleh oleh, biasanya sudah dikemas dalam muka yang bisa anda beli dengan harga sangat terjangkau yakni 20 ribu per kotak termasuk juga sambalnya yang sangat khas.

  1. Golla Kambu

oleh oleh dari Sulawesi Barat

Jika dilihat, golla kambu ini terlihat seperti wajik khas Jawa, akan tetapi rasa dari golla kambu memiliki rasa manis yang khas. Golla kambu yang cocok dijadikan oleh oleh dari Sulawesi Barat ini terbuat dari beras ketan, kelapa parut, kacang tanah yang sudah disangrai dan juga gula merah yang dibungkus dengan daun pisang.

Tekstur berserat dan rasa yang sangat lezat membuat kue ini sering dijadikan incaran para wisatawan sebagai oleh oleh. Kue ini bisa anda dapatkan di Kabupaten Polewali Mandar dengan harga sangat terjangkau.

Leave a Comment